PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH ALIYAH ATTAQWA JAMPUE KABUPATEN PINRANG

Penulis

  • Andi Hamsina STIE Nobel
  • Maryadi Maryadi Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Syamsul Alam Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

Manajemen Kelas, Kompetensi Guru, Efektivitas Proses Belajar Mengajar

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh Manajemen Kelas dan Kompetensi Guru terhadap Efektivitas Proses Belajar Mengajar baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini dilaksanakan pada Madrasah Aliyah Attaqwa Jampue selama bulan Oktober sampai November 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru pada Madrasah Aliyah Attaqwa Jampue  dan juga  ampel yang digunakan adalah sampel jenuh sebanyak 35 orang. Teknik analisis data menggunakan analisa regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Kelas dan Kompetensi Guru secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Madrasah Aliyah Attaqwa Jampue dan secara simultan Manajemen kelas dan Kompetensi Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Attaqwa Jampue.

Referensi

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jogjakarta. ArRuzz Media.
Barnawi, dkk. 2012, Etika & Profesi Kependidikan. Jogjakarta. ArrRuzz Media.
Depdikbud, 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. Pusbangprogdi.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Hamzah B. Uno. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Heryanto, Dede. 2014. Pengaruh Manajemen Kelas dan Etos Kerja Guru Penjas terhadap Efektivitas Proses Belajar Mengajar Penjas di SMP Negeri Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan Vol. 2, No 5.
Jacobsen, David A. 2014. Methods For Teaching (Metode-Metode Pengajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Komariah, Aan dan Cepi Triatna. 2015. Visionary Leader Ship Menuju Sekolah Efektif. Bandung. Bumi Aksara.
Mudasir, 2011. Manajemen Kelas. Yogyakarta. Penerbit Zanafa Publishing.
Multiyatiningsih, Endang. 2011. Efektivitas Pembelajaran, Jakarta. Ciputat Press.
Mulyasa, E. 2014. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Nurlina, Ina. 2010. Pengaruh Manajemen Kelas dan Etos Kerja terhadap Efektivitas Proses Belajar Mengajar Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Babakan Cikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 12 No. 2.
Sardiman, A. M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung. Nusa Media.
Subadi, Tjipto. 2013. Lesson Study sebagai Inovasi Pendidikan. Kartasura. Kafilah Publishing
Sudjana, Nana & Ibrahim. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Suparlan. 2011. Tanya Jawab Pengembangan Kurukulum dan Materi Pembelajaran. Jakarta. PT. Bumi Aksara
Sutikno, M. Sobry. 2013. Manajemen Pendidikan Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan yang Unggul. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta. Bumi Aksara.
Yunica, Yuyun. 2016. Pengaruh Kompetensi Guru dan Sarana Media Pembelajaran terhadap Efektivitas Pembelajaran (Studi Penggunaan Sarana Media Pembelajaran Berbasis Komputer di SMP Negeri 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Pendidkan Universitas Pasundan Bandung.
Zamroni. 2011. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta. Gavin Kalam Utama.

Diterbitkan

2023-05-16

Cara Mengutip

Hamsina, A., Maryadi, M., & Alam, S. (2023). PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH ALIYAH ATTAQWA JAMPUE KABUPATEN PINRANG. Cash Flow Jurnal Manajemen, 2(2), 175–183. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jcf/article/view/3786

Terbitan

Bagian

Articles