PENGARUH PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, DAN PELAKSANAANTERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA SD/MI DI KECAMATAN CAMPALAGIAN POLEWALI MANDAR

Penulis

  • Nurdin Idris sulawesi barat
  • Muhammad Hidayat Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Andi Ririn Oktaviani Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Andi Ririn Oktaviani Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Efektivitas Pembelajaran

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan terhadap efektivitas pembelajaran pada SD/MI di Kecamatan Campalagian Polewali Mandar

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan dalam penelitian ini menggunakan responden berjumlah 40 orang dengan menggunakan teknik random sampling/sampel acak. penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada guru yang bekerja di sekolah. teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru dan perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan juga mempunyai pengaruh secara simultan terhadap efektivitas pembelajaran pada SD/MI di Kecamatan Campalagian Polewali Mandar.

Referensi

Allejar, M. (2017). Pengaruh Implementasi Kebijakan Standar Proses Pendidikan terhadap Manajemen Kurikulum untuk Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran .Khazanah Akademia, 39-48.
Astuti, N. W. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Disiplin Siswa dan Sarana Media Pembelajaran Terhadap Efektivitas Pembelajaran di SMK Farmasi Saraswati Denpasar. Widyadari, 237-244.
Aditama. Sulfemi, W. B. (2018). Manajemen Kurikulum . Bogor: Visi Nusantara Maju.
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.
Gunawan, M. A. (2015). Statistik Penelitian Bidang Penelitian, Psikologi, danSosial Dilengkapi dengan Contoh Secara Manual dan SPSS. Yogyakarta: ParamaPublishing.
Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan Pendidikan; Konsep, Prinsip, danAplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Bandung : Kaukaba.Lppks.kemdikbud.go.id/id/kabar/peran-kepala-sekolah-dalam-meningkatkan mutu-pendidikan diakses tanggal 1 April 2020
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al- Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 99-112.
Priansa, D. J., & Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi & KepemimpinanKepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Rachman, F. (2015) Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Peneitian Kuantitatif: 62 Penelitian di Bidang Manajemen,teknik,pendidikan, daneksperimen
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidika Usia Dini, 15-32
Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Schleicher, A. (2019). PISA 2018 Insigght and Interpretations. OECD.
Seknun, M. Y. (2014). Telaah Kritis Terhadap Perencanaan dalam Proses Pembelajaran. Lentera Pendidikan , 80-91Silalahi, U. (2011). Asas-AsasManajemen. Bandung: PT. Refika
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2023-05-16

Cara Mengutip

Idris, N., Hidayat, M., Oktaviani, A. R., & Oktaviani, A. R. (2023). PENGARUH PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, DAN PELAKSANAANTERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA SD/MI DI KECAMATAN CAMPALAGIAN POLEWALI MANDAR. Cash Flow Jurnal Manajemen, 2(2), 200–208. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jcf/article/view/3827

Terbitan

Bagian

Articles