PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA PADA DINAS SOSIAL KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Penulis

  • Asny Muslimin Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Hj. Jeni Kamase Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Abdul Rahman Abdi Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

Iklim Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Kulitas Pelayanan, Kepuasan Kerja

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi dan gaya kepemimpinan Situasional terhadap kualitas pelayanan pegawai melalui kepuasan kerja di Dinas Sosial.

Penelitian ini termasuk confirmatory research. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian survei, dimana instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Sampel dalam penelitian ini mengambil seluruh populasi pegawai di Dinas Sosial yang berjumlah 80 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T, Uji F, Koefisien Determinasi dan uji sobel untuk variabel mediasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh secara parsial antara iklim organisasi terhadap Kepuasan kerja pegawai Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar (2) terdapat pengaruh secara parsial antara gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar (3) terdapat Pengaruh secara parsial antara iklim organisasi secara parsial terhadap Kualitas pelayanan pegawai pegawai Dinas Sosial  Kabupaten Kepulauan Selayar (4) terdapat Pengaruh secara parsial gaya kepemimpinan terhadap kualitas pelyanan pegawai Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar

(5) terdapat pegaruh secara parsial antara kepuasan terhadap kualitas pelayanan pegawai pada Dinas Sosial Kabupaten Selayar (6) terdapat pengaruh secara simultan antara iklim organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja pada Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar (7) terdapat pengaruh secara simultan antara Ilim organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap Kualitas pelayanan pegawai pada Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar (8) Bedasarkan hasil tes sobel bahwa variabel iklim organisasi berpegaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan pegawai melalui kepuasan kerja pada Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar dan variabel gaya kepemimpinan signifikan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan melalui kepuasan kerja pegawai pada Dinas Sosial Kabupaten Selayar. Imlikasi manajerial yang dapat direkomendasikan peningkatan kualitas pelayanan dapat dicapai dengan iklim organisasi yang kondusif dan gaya kepemimpinan yang selalu memberikan motivasi kepada bawahannya guna mencapai kepuasan kerja

Referensi

John Dilulio (1994) peningkatan kualitas pelayanan dalam Organisasi tthe idea of deregulating the publik service needs to be studied and tested.

Gani, 2009, Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Pegawai. Kantor PBB, Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol.7.No.1,

Hersey, P., Blanchard, K. (2012). Manajemen perilaku organisasi : pendayagunan sumber daya manusia. (Edisi Keempat Penerjemah Agus Dharma). Jakarta : Erlangga.

Luthans, F. (2015). Organizational Behavior. 12th ed. NewYork : Mc. Graw Hill.

Singarimbun, M & Effendi, S. (2011). Metode Penelitian Survey,Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung.

Sunarto. 2004. Perilaku Organisasi. Penerbit AMUS, Yogyakarta

Supriyono. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. Anonim. 2012. Konsep. Dasar. Kecerdasan

Stringer, R. (2012). Leadership and Organizational Climate. Prentice Hall. New Jersey.

Diterbitkan

2023-09-29

Cara Mengutip

Muslimin, A., Kamase, H. J., & Abdi, A. R. (2023). PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA PADA DINAS SOSIAL KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR. Cash Flow Jurnal Manajemen, 2(4), 595–606. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jcf/article/view/4322

Terbitan

Bagian

Articles