PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UKM KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Penulis

  • Sofyan Program Pascasarjana Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Anwar Program Pascasarjana Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Didiek Handayani Gusti Program Pascasarjana Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi, Kualitas Pelayanan Publik, Covid-19.

Abstrak

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menguji dan menjelaskan (1) pengaruh lingkungan kerja, motivasi kerja dan komitmen organisasi secara parsial terhadap kualitas pelayanan publik pada masa pandemic Covid-19 di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koeprasi dan UKM Kabupaten Kepulauan Selayar (2) pengaruh lingkungan kerja, motivasi kerja dan komitmen organisasi secara simultan terhadap kualitas pelayanan publik pada masa pandemic Covid-19 di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koeprasi dan UKM Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koeprasi dan UKM Kabupaten Kepulauan Selayar. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Juli 2020. Populasi penelitian adalah semua pegawai pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koeprasi dan UKM Kabupaten Kepulauan Selayar, dengan jumlah pegawai 81 orang.  Berdasarkan penelitian ini pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode sampel jenuh mengingat populasi kurang dari 100 orang.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak signifikan lingkungan kerja secara parsial terhadap kualitas pelayanan publik pada masa pandemic Covid-19 di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koeprasi dan UKM Kabupaten Kepulauan Selayar

Referensi

Allan, N. J., & Meyer, J. P. (1990). Measurement of Antecedents of Affective, Continuance, and Normative Commitment to Organizational. Journal of Occupational Psychology. 63. 1-8.

Andrews, C. (2016). Integrating Public Service Motivation And Self-Determination Theory: A Framework. International Journal of Public Sector Management, 29(3), 238-254

Azwar, S. (2004). Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

_______. (1999). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiyanto, & Oetomo, H. W. (2011). The Effect of Job Motivation, Work Environment and Leadership on Organizational Citizenship Behavior, Job Satisfaction and Public Service Quality in Magetan, East Java, Indonesia. International Journal of Economics and Management Engineering, 5(3), 277-285.

Hadian, D. (2017). The Relationship Organizational Culture and Organizational Commitment on Public Service Quality; Perspective Local Government in Bandung, Indonesia. International Review of Management and Marketing, 7(1), 230-237

Hadi, S. (1990). Metodologi Research I. Yogyakarta: Andi Offset.

______. (1992). Metodologi Research II. Yogyakarta: Andi Offset.

______. (1995). Statistik II. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryatmoko, J. (2011). Etika Publik: Untuk Integritas Pejabat dan Publik dan Politisi. Yogyakarta: Kanisius.

Jin, M. H., McDonald, B., & Park, J. (2016). Does Public Service Motivation Matter in Public Higher Education? Testing the Theories of Person-Organization Fit and Organizational Commitment through a Serial Multiple Mediation Model. The American Review of Public Administration. 48(1). 82-97.

Meyer, J. P., Allen, N. J., & Smith, C. A. (1993). Commitment Organizations and Occupations: Extension and Test of Three-Component Coseptualization. Journal of Applied Psychology. 78. 538-551.

Nasir, M., Murfat, M. Z., Basalamah, J., & Basalamah, A. (2020). An Analysis of Work Discipline, Work Environment and Employment Satisfaction toward Performance. Jurnal Manajemen Bisnis. 11(1). 65.75.

Robbins, S. P. (1998). Perilaku Organisasi: Konsep Kontroversi. Jilid 1. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Prenhallindo.

Siagian, S. P. (1995). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Simanjuntak, P. J. (2003). Produktivitas Kerja: Pengertian dan Ruang Lingkupnya. Jakarta: Prisma

Simanjuntak. (2011). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

Sholahudin, A., Setiawan, A., & Alwi, M. (2019). The Influence of Organizational Culture on Organizational Commitment and its Implications on the Performance of City Public Service. Proceedings of the International Symposium on Social Sciences, Education, and Humanities. Cirebon: Atlantis Press. doi:https://doi.org/10.2991/isseh-18.2019.48

Ugaddan, R. G., & Park, S. M. (2017). Quality of Leadership and Public Service Motivation: A Social Exchange Perspective on Employee Engagement. International Journal of Public Sector Management, 30(3). 270-285.

Diterbitkan

2024-02-20

Cara Mengutip

Sofyan, Anwar, & Gusti, D. H. (2024). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UKM KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR. Jurnal Pusaran Manajemen (JPM), 2(2), 153–161. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jpm/article/view/4170