PENGARUH PEMBINAAN, PELAKSANAAN PENGAWASAN DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PENGELOLA DANA BOS SMP

Penulis

  • Ibrahim Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Ahmad Firman Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Badaruddin Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

Pembinaan, Pelaksanaan Pengawasan, Gaya Kepemimpinan Kepala sekolah, Kinerja

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh Pembinaan, Pelaksanaan Pengawasan dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Pengelola Dana BOS Pada SMP Se-Kabupaten Majene, serta variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap Kinerja Pengelola Dana BOS Pada SMP Se-Kabupaten Majene

Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada SMP Se-Kabupaten Majene. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Januari 2021. Populasi penelitian adalah semua pengelola Dana BOS SMP Se-Kabupaten Majene yang berjumlah 105 orang

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pembinaan, Pelaksanaan Pengawasan dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah secara parsial terhadap kinerja pengelola Dana BOS SMP Se-Kabupaten Majene 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pembinaan, Pelaksanaan Pengawasan dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah secara bersama-sama (simultan) terhadap kinerja pengelola Dana BOS SMP Se-Kabupaten Majene 3) Pelaksanaan Pengawasan berpengaruh paling dominan terhadap Kinerja Pengelola Dana BOS SMP Se-Kabupaten Majene

Referensi

Abdullah, M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan.Yogyakarta : Penerbit Aswaja Pressindo.

Adam, Adlan. 2009. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Gondokusuman Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka

Arifin, Syamsul. 2012. Leadership Ilmu dan Seni kEpemimpinan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Bastian, Indra. 2006. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Dirun, M.A. (2016). Journal.Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di SMA dan MA Se-Kota Palangkaraya.

Fahmi, I. 2016. Perilaku Organisasi dan Teori, Aplikasi dan Kasus. Bandung: Alfabeta

Gilbert, J.K. 2010.The role of visual representations in the learning and teaching of science. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, Volume 11, Issue 1

Handayaningrat, Soewarno. 1985. Pengantar Ilmu Studi Administrasi dan Manajeman. Jakarta: PT.Gudung Agung

Ivancevich.J.M. 2013.Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: PT. Glora Aksara Pratama.

Kadarisman, M., 2014.Manajemen Kompensasi. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada

Mangkunegara, A.A, Anwar Prabu. 2013. Evaluasi Kinerja SDM, Bandung: PT Refika Aditama.

Siagian. 2011. Efektivitas Kerja. Jakarta, Citra Utama.

Thoha Miftah., 2010, Pembinaan Organisasi, proses dianosa dan intervensi, Manajemen Kepemimpinan. Yogyakarta, Gava Media.

T. Hani Handoko. 2015. Manajemen, Edisi 2, BPFE, Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Dana BOS

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta

Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2024-03-04

Cara Mengutip

Ibrahim, Firman, A., & Badaruddin. (2024). PENGARUH PEMBINAAN, PELAKSANAAN PENGAWASAN DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PENGELOLA DANA BOS SMP. Jurnal Pusaran Manajemen (JPM), 2(2), 189–202. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jpm/article/view/4535