PENGARUH VARIAN MENU DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA AYAM RACIKEN TALASALAPANG
Keywords:
Varian Menu, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pengaruh varian menu dan kualitas pelayanan secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Ayam Raciken Talasalapang (2) Mengetahui pengaruh varian menu dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Ayam Raciken Talasalapang (3) Mengetahui variabel yang paling dominan diantara varian menu dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Ayam Raciken Talasalapang.
Sampel penelitian sebanyak 50 responden yang merupakan konsumen Ayam Raciken Talasalapang, penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) varian menu berpengaruh positif secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Ayam Raciken Talasalapang. Sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Ayam Raciken Talasalapang (2) Varian Menu dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Ayam Raciken Talasalapang (3) vaarian menu merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian pada Ayam Raciken Talasalapang.
References
Aryandi, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1), 117–127. http://jurnal.imsi.or.id/index.php/jmmib/article/view/12
Baihaky, S., Yogatama Ahmad Nizar, & Mustikowati, R. I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Madu Fresh. Jurnal Ilmu Sosial, 1(1), 85. https://bajangjournal.com/index.php/JISOS/article/view/1643
Burta, F. S. (2018). Pengaruh Varian Menu dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Catering Ukhuwah di Makassar. 1, 430–439.
DJ Mandasari, J Widodo, S. D. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Batik Magenda. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13, 123–128. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432
Gumelar, T. K., Waluyo, H. D., & Suryoko, S. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Menu, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(No. 1), 164–173.
Heri Sudarsosno. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.
Hilwa, Latief, fitriani, Z, N. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KEDAI KOPI TUNGKU HERBAG MAKASSAR. 3, 594–607.
Ilham, B. U. (2023). Pendampingan UMKM naik kelas. Pendampingan UMKM Naik Kelas, 1, 1 est ed., vol. 1.
Indah Surti, F. N. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Cafe & Resto Steak di Jakarta Selatan. E Proceeding of Management, 2(3), 3808–3815. https://doi.org/10.5281/zenodo.3930684
Maimunah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2), 57–68. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.542
Mustikasari A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Food Court Uny). JUurnal Dinamika Teknik, XIII(1), 24–32.
Mutiara, S., Hamid, R. S., & Suardi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Persepsi Harga dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 411–427. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.300
Outlet, H., Poros, J. L., Makassar, M., & Bab, I. (2022). PENGARUH CITA RASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DAPUR UMMU INSTITUT TEKNOLOGI & BISNIS NOBEL INDONESIA FAKULTAS TEKNOLOGI & BISNIS.
Sihombing, M. M., Arifin, M. H., & Maryono, M. (2022). Pengaruh Varian Menu, Harga, dan Suasana Cafe, Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Miltie Garden Mulawarman Banjarmasin. Smart Business Journal, 1(1), 26. https://doi.org/10.20527/sbj.v1i1.12787
Silvia, K. E., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Cita Rasa Dan Varian Menu Ayam Geprek Abu Ahda Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 80–91.
Terhadap, P., Usaha, K., & Usaha, P. (2022). Affan Rafli NIM C1B018145 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.
Timo, F. (2021). Pengaruh Variasi Menu Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Di Hotel Victory Kefamenanu. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 3(3), 8–16. https://doi.org/10.32938/ie.v3i3.1267
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67. https://doi.org/10.33603/jibm.v5i1.4929