PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAKEOVER PADA MAHASISWA ITB NOBEL INDONESIA
Kata Kunci:
Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk kosmetik MakeOver pada mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia.
Jenis dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Kampus Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia dengan waktu penelitian selama 2 bulan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia sebanyak 513 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan rumus slovin, sehingga dapat ditentukan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan Program SPSS Versi 25.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial maupun simultan terbukti citra merek dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk kosmetik MakeOver pada Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia. Penelitian ini menghasilkan nilai koefisien determinasi R2 atau R Square adalah sebesar 0,724. Hasil ini berarti bahwa variabel citra merek dan kualitas produk memiliki hubungan dengan Keputusan Pembelian Produk kosmetik MakeOver pada Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia sebesar 71,9%, dan sedangkan sisanya yaitu 28,1% kepuasan mahasiswa ITB Nobel untuk menggunakan kosmetik merek makeover dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Referensi
Chandra, F. T. dan G. (2012). Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.
Desty Wulandari, R., & Alananto Iskandar, D. (2018). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KOSMETIK. 3(1), 11–18.
Diana Mayangsari. (2016). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK SERTA HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH PADA MAHASISWI FAKULTAS.
Dirwan, D., & Zaenal, F. R. Keputusan Pembelian Apple Iphone Melalui Citra Merek Harga dan Gaya Hidup.
ELDA JAYANTI. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK KECANTIKAN MEREK MAKEOVER DIKOTA PEKANBARU.
Firman, A., Ilyas, G. B., Reza, H. K., Lestari, S. D., & Putra, A. H. P. K. The Mediating Role of Customer Trust on the Relationships of Celebrity Endorsement and E-WOM to Instagram Purchase Intention.
Firman, A. The Effect of Country-of-Origin Brand Image and Brand Product on Attitude in Choosing Smartphone Products.
Ghozali, I. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Grace, R., Manafe, K., & Goenadhi, L. (2020). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIP CREAM MEREK MAKEOVER (STUDI KASUS TOKO PRINCESS BANJARMASIN) (Vol. 21).
Hartimbul Ginting, N. F. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Yrama Widya.
Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan.Jakarta: PT. BUKU SERU.
Husein, U. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Khuba Revas Silvia, A., & Hirfiyana Rosita, N. (2019). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE ON PURCHASE DECISIONS (Study on Consumers of Make Over Cosmetics Products at Brawijaya University).
Kotler & Amstrong. (2010). Marketing an Introducing Prentice Hall Twelfth edition. England : Pearson Education, Inc.
Kotler & Amstrong. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall Twelfth edition. England : Pearson Education, Inc.
Kotler & Keller. (2012a). Marketing Management. New Jearsey: Pearson Prentice Hall.
Kotler & Keller. (2012b). Priciples Of Marketing . New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Latief, F. (2021). Relevansi Konsep Marketing Mix dalam Keputusan Pembelian Strata Title Gedung Menara Bosowa di Kota Makassar. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(2), 202-209.
Latief, F., Semmaila, B., & Arfah, A. (2022). The Influence of Brand Image and Product Quality on Musical Instrument Purchase Decisions. Point Of View Research Management, 3(2), 121-133.
Latief, F. L., Firman, A., & Dirwan, D. (2023). Keputusan Pengguna Gopay dari Aspek E-Service Quality, Promosi dan Harga. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 391-400, https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3258660.
Megarita, Gusdyan, dan T. S. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Citra Merek dan Dampaknya Terhadap Perilaku Pembelian Produk Susu Merek Ultra Milk di Jakarta Utara. Jurnal Manajemen Pemasaran. Jakarta : Kwik Kian Gie School Of Business. se.
Mentari Kasih Labiro. (2017). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA,DAN KUALITAS PRODUK PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PURBASARI LIPSTICK MATTE (studi kasus pada mahasiswa universitas sanata dharma yogyakarta).
Mima Citra Dewi, F. H. (2019). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA ERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH (studi kasus pelanggan dioulet wardah mall lippo cikarang).
Mudmainnah Wulan. (2018). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK ORIFLAME TERHADAP MINAT BELI MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.
Mullins, Orville, L. dan B. (2005). Marketing Management : A Strategic, Decision Making Approach, 6 thedition. Penerbit McGraw-Hill. New York City.
Peter, J Paul dan Olson, Jerry C. (2010). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi keempat, Erlangga.
Pratiwi, R. D. (2017). PENGARUH CITRA MERK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO (Vol. 5, Issue 3). www.topbrand-award.com
Schiffman, L.G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.
Sinaga Sefrina. (2018). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKEOVER PADA PENGUNJUNG COUNTER MAKEOVER DI PLAZA MEDAN FAIR.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2014). Dasar - Dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi, & Kasus. Yogyakarta: CAPS.
Tjiptono. (2018). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.