PENGARUH CELEBRITY ENDORSE DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI MINUMAN YOTTA
Kata Kunci:
Celebrity Endorse, Promosi Penjualan, Minat BeliAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebriti endorse dan promosi penjualan secara parsial dan simultan terhadap minat beli minuman Yotta (studi kasus mahasiswa ITB Nobel Indonesia)
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden dan penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala linkert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorse dan promosi penjualan berpengaruh parsial dan simultan terhadap minat beli minuman yotta pada mahasiswa ITB Nobel indonesia.
Referensi
A Shimp, Terence, (2007). “Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu)”. Jilid I, edisi Terjemahan, Jakarta : Erlangga.
Awallia, Diah Lailatul. (2018). Pengaruh Testimoni Dan Selebgram Endorsment Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Melalui Media Sosial Instagram Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo. Skripsi, Fakultas Syariah, Institut Agama Istam Negeri Ponorogo.
Bohang, Fatimah Kartini. (2017). Orang Indonesia Masuk 5 Besar Terbanyak Jualan yang ada di instagram kompasiana.com https://tekno.kompas.com/read/2017/09/28/15280077/orang-indonesi masuk-5-besar-terbanyak-jualan-di-instagram. Diakses pada tanggaal 1 April 2019). Cooper, dkk. 1998.
Dantes, Nyoman, Metode Penelitian, Yogyakarta : Andi 2012.
Ervina. 2018. Efektivitas Celebriti Endorsment Sebagai Media Iklan Pada Sosial Media Instagram. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Fildzah, dan Sari. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sweater Online Shop Alco Di Media Sosial Instagram. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Enterpreneurship Volume 11 Nomor 2.
Firman, A. The Effect of Country-of-Origin Brand Image and Brand Product on Attitude in Choosing Smartphone Products.
FIRMAN, A., PUTRA, A. H. P. K., MUSTAPA, Z., ILYAS, G. B., & KARIM, K. (2020). Re-conceptualization of Business Model for Marketing Nowadays: Theory and Implications. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(7), 279-291.
Firman, A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1549-1562.
Harly, G. S., & Octavia, D. (2014). Pengaruh Endorsement Fashion Blogger Terhadap Minat Beli Merek Lokal Pada Tahun 2013–2014 (Studi Kasus Pada Fashion Blogger Evita Nuh). Jurnal Manajemen Indonesia, 14(2), 140-151. (Diakses 2 Des 2019)
Hafisa, Dinda Yulia. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Halal “Wardah”. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia.
Kartika, T. G. M., Darmansyah, D., & Anwar, S. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Konsumen Dan Pengetahuan Tentang Media Sosial Internet Terhadap Minat Beli Konsumen Online (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu). (Diakses 2 Des 2019)
Kiswalini, Annis. 2010. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Bali.
Kotler & Amstong (2008). Pemasaran yogyakarta: indeks.
Kotler, philip (2005). Manajemen pemasaran jilid 1 dan 2 Jakarta:PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Latief, F. (2021). Utilitarian Shopping Motives and Reference Groups on Online Fashion Product Purchase Decisions. Jurnal Economic Resource, 4(2).
Latief, F. (2021). Relevansi Konsep Marketing Mix dalam Keputusan Pembelian Strata Title Gedung Menara Bosowa di Kota Makassar. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(2), 202-209.
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16-30.
Latief, F., Firman, A., & Dirwan, D. (2023). Keputusan Pengguna Gopay dari Aspek E-Service Quality, Promosi dan Harga. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 391 -. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3060
Lee & johnson, (2007). periklanan dan komunikasi.
Natalia Soesatyo & lenoid (2018). analisa credibility celebrity endorser model:sikap audience terhadap iklan dan merek serta pengaruhnya pada minat beli.
Rofiqo & Eko agus(2012),Pengaruh selebrity endorser dankeberagaman produk terhadap minat beli (studi pada konsumen larutan penyegar cap kaki tigadi mini market joni jaya).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung : Alfabeta, 2018.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, DAN R&D, Bandung : Alfabeta, 2018
Tambah pinter, (2020). Mengenal Uji F dan Uji T dalam penelitian kuantitatif, dalam https://tambahpinter.com/uji-f-uji-t/
Yanuar widi prabowo dkk,(2014). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap minat beli.(survei pada pengunjung 3second store di jalan soekarno)