PENGARUH GAYA HIDUP DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE P ADA MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS NOBEL INDONESIA MAKASSAR
Kata Kunci:
Gaya Hidup, Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya hidup dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian produk iphone pada mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar.
Jenis dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Kampus Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar dengan waktu penelitian selama 2 bulan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar sebanyak 513 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan rumus slovin, sehingga dapat ditentukan jumlah sampel sebanyak 84 orang. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan Program SPSS Versi 25.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial maupun simultan terbukti Gaya Hidup dan Ekuitas Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk iPhone pada Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia. Penelitian ini menghasilkan nilai koefisien determinasi R2 atau R Square adalah sebesar 0,183. Hasil ini berarti bahwa variabel Gaya Hidup dan Ekuitas Merek memiliki hubungan dengan Keputusan Pembelian Produk iPhone pada Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar sebesar 18,3%, dan sisanya 81,7% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar model.
Referensi
Aaker, David. (2013). Membangun Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.
Ahmad Firman. (2022, September 12). The Effect of Country-of-Origin Brand Image and Brand Product on Attitude in Choosing Smartphone Products. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3007401
Akhtar, Naeem, Ain, Q. U., & Iqbal, U. (2016). Impact of a Brand Equity on Consumer Purchase Decision in L'Oreal Skincare Products. International Review of Management and Bussiness Research, 808-816.
Ariyan, H. (2012). Pengaruh Brand Awareness dan Kepercayaan Konsumen atas Merek terhadap Keputusan Pembelian Ulang Minuman Aqua di Kota Padang. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, 1-23.
David, A. (2013). Membangun Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.
Durianto, & Darmadi. (2011). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Exstrada, Wahyu. 2020. Gaya Hidup Dengan Keputusan Pembelian Iphone Pada Mahasiswa. Jurnal Imiah Psikologi, Volume 8 No 4. Hal 729-737. e-ISSN: 2477-2674
Fadli, & Qomariah, I. (2008). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Ekuitas Merek Sepeda Motor Merek Honda Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Universitas Sumatera Utara). Jurnal Manajemen , 48-58.
Fathony, H. D., & Basuki, S. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian iPhone. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 189- 194.
Firman, A., Putra, A. H. P. K., Mustapa, Z., Ilyas, G. B., & Karim, K. (2020). Re-conceptualization of business model for marketing nowadays: Theory and implications. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(7), 279-291.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS edisi Keenam. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hngau, S. A. (2012). Pengaruh Brand Loyalty dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian HP Nokia. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman, 1-8.
Kolter, P. dan Amstrong, G. (2011). Principles of Marketing. Jakarta: Erlangga. Liestiana. (2014). Representasi Nilai Produk Apple (Studi Etnografi Pada
Komunitas iPhonesia Malang). Jurnal Ilmiah Universitas Brawijaya, 3 (1), 5-13.
Latief, F. L., Firman, A., & Dirwan, D. (2023). Keputusan Pengguna Gopay dari Aspek E-Service Quality, Promosi dan Harga. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 391-400.
Mitsal, M. I. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mobil Toyota Pada PT. Hadji Kalla Cabang Urip Sumoharjo di Makassar. Makasar: Universitas Hasanuddin.
Munandar, A. (2011). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press).
Natascha, N. (2015). Pengaruh Ekuit 59 ek Terhadap Keputusan Pembelian
pada Produk Minuman Ringa Cola pada Siswa/Siswi Kecamatan Tanjung Rejo Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Nugraha, A. (2014). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan (Studi Pada Mie Sedap). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Pane, O., & Rini, E. S. (2011). Pengaruh Brand Equity Flash Disk Merek Kingston Terhadap Keputusan Pembelian Pad Mahasiswa AMIK MBP Medan. Jurnal Ekonomi Vol 14, 115-126.
Panjaitan, N. M. (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Citra Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek iPhone (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unpri Di Kota Medan). Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Medan : Universitas Sumatera Utara.
Rahendy, A. (2014). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen STIESIA Surabaya, 1-19.
Rahim, Ummu K. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone Pada Mahasiswa Unismuh Makassar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.
Rahmat, A. A. (2015). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone iPhone di Kota Bandar Lampung. Lampung: Universitas Lampung.
Romadhoni, A. (2014). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Shampo Pantene di Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No 7, 1-19.
Severi, E., Ling, K. C., & Nasermoadeli, A. (2014). The Impacts Of Electronic Word of Mouth on Brand Equity in the Context of Social Media. International Journal Of Business and Management Vol 9 No 8, 84-96.
Siregar, K. R. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone iPhone Pada Mahasiswa Fakultas
Hukum Universitas Sumatera Utara. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. S
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suryani, N. I., & Batu, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Kota Bogor. YUME: Journal of Management, 4(2).
Sutarisno, A. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone merek iPhone di Kalangan Universitas Maranatha Bandung. Bandung: Universitas Maranatha Bandung.
Tracy, B. (2013). The psychology of selling: Increase your sales faster and easier than you ever thought possible. Jakarta : Bhuana Ilmu Populer.
Wicaksono, D. (2013). Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Perilaku Konsumen dalam Melakukan Keputusan Pembelian iPhone. Semarang: Universitas Diponegoro.