PENGARUH PELAYANAN PRIMA DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI COFFEE PLACE MAKASSAR

Penulis

  • Nur Zulfiana Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Fitriani Latief Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Nurhaeda Zaeni Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

Pelayanan Prima, Harga dan Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui apakah pelayanan prima dan harga berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan (b) mengetahui apakah pelayanan prima dan harga berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan dan (c) untuk mengetahui variable manakah paling dominan terhadap kepuasan pelanggan.
Sampel penelitian sebanyak 92 responden, yaitu pelanggan Coffee Place Makassar. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert.
Hasil penelitian ini adalah (a) Pelayanan Prima dan Harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan di Coffee Place, (b) Pelayanan Prima dan Harga secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan di Coffee Place dan (c) Pelayanan Prima merupakan variabel yang paling dominan dari kedua Variabel Bebas (Independent) karena memiliki nilai tertinggi diantaranya.

Referensi

Atep Adya Barata, 2003, Dasar-dasar Pelayanan Prima, Bandung: Alfabeta
Daryanto & Setyobudi, 2015, Konsumen dan Pelayanan Prima, Yogyakarta: Gava Media
Dilla Isti Noor Ana, Tanty Sondary, 2018, “Pengaruh Pelayanan Prima dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus Para Restoran MC DONALD’S Cimahi”. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana.
Fadilah Hasanah, 2016, “Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pelanggan di Jade Bamboo Resto Yogyakarta”. Jurnal Ilmiah. Prodi PKK FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Firman, A., Putra, A. H. P. K., Mustapa, Z., Ilyas, G. B., & Karim, K. (2020). Re-conceptualization of business model for marketing nowadays: Theory and implications. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(7), 279-291.
Hilwa, H., Latief, F., & Nurhaeda, Z. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KEDAI KOPI TUNGKU HERBAG MAKASSAR. Nobel Management Review, 3(4), 594-607.
Husein Umar, 2014, Statistika Penelitian, Rajawali Press
Husein Umar, 2005, Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Imam Ghozali, 2013, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Semarang
Judiari, Josina, 2010, Dasar-dasar Pelayana Prima, Jakarta: Elex Media Komputindo
Jumriani, 2018, “Pengaruh Pelayanan Prima dan Harga Terhadap Penjualan Pada Rumah Makan yama Bakar Wong Solo Alauddin Kota Makassar Periode 2015-2016”. Jurnal Ilmu Manajemen. Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Kasmir, 2006, Etika Customer Service, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kasmir, 2014, Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Pers
Kotler, Philip and Gary Armstrong, 2012, Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip, 2005, Manajemen Pemasaran, Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
Latief, F. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Catering Rumahan di Makassar Melalui Promosi di Instagram, Harga dan Ragam Menu. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1095-1105.
Nina Rahmayanti, 2013, Manajemen Pelayana Prima, Yogyakarta: Graha Ilmu
Rahayu, S. R., Latief, F., & Asbara, N. W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Layanan Indihome Di Makassar. Nobel Management Review, 2(3), 370-380.
Selvi Wasdi Rahayu, 2020, “Pengaruh Pelayanan Prima dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Fanybella Resto dan Café di MTC Giant Panam”. Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy, 2005, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset
Tjiptono, Fandy, 2016, Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, Fandy, dkk, 2008, Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi
Ujang Sumarwan, 2003, Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Cetakan Pertama. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Diterbitkan

2023-02-11

Cara Mengutip

Zulfiana, N., Latief, F., & Zaeni, N. (2023). PENGARUH PELAYANAN PRIMA DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI COFFEE PLACE MAKASSAR. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 114–124. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/article/view/3512