PENGARUH PERSONAL RELEVANCE, INTERACTIVITY, MESSAGE DAN BRAND FAMILIARITY PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Penulis

  • Ridwan Ridwan Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Agunawan Agunawan
  • Nurul Angraeni

Kata Kunci:

Personal Relevance, Interactivity, Message, Brand Familiarity, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh personal relevance, interactivity, message dan brand familiarity pada media sosial terhadap keputusan pembelian.

Dalam penelitian ini menggunakan data Kuantitatif, yang dianaliasis menggunakan  metode  analisis  regresi  linear  berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.

Hasil penelitian Menunjukkan (a). Personal Relevance berpengaruh Positif dan signifikan terhadap terhadap Keputusan Pembelian, (b) Interactivity berpengaruh negative tapi signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (c) Message berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (c) Brand Familiarity berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian.

Referensi

Aisyah, I. and Hidayat, R. (no date) ‘TINJAUAN AKTIVITAS SOSIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM PADA MPONE STATIONERY DI LAMPUNG TAHUN 202’.

Azmar, A. and Laksamana, P. (2018) ‘Pengaruh social media promotion dan electronic word of mouth terhadap keputusan pemilihan pada perguruan tinggi’, Jurnal Riset Perbankan, Manajemen, dan Akuntansi, 2(2), p. 123. Available at: https://doi.org/10.56174/jrpma.v2i2.34.

Dianah, N. and Welsa, H. (2017) ‘PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA)’, 7(1).

Engriani, M. and Fitriana, R. (2019) ‘PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL LINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI STARBUCKS MALL TAMAN ANGGREK’, 2(3).

Fabiana Meijon Fadul (2019) METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D.

Ghozali, I. (2013) Aplikasi Multivariate dengan Program IMB SPSS 19. Ed. 07.
Semarang: Universitas Diponegoro.

Inayati, L.S. and Wahyuni, D.U. (2017) ‘PENGARUH KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, ASOSIASI MEREK, DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN’, 6.

Mulyani, A., Wirakusuma, R.M. and Jawab, P. (2016) ‘PERENCANAAN PAKET WISATA BERDASARKAN KARAKTERISTIK DAN MOTIVASI WISATAWAN YANG DATANG KE KAMPUNG CIREUNDEU KOTA CIMAHI’, 13(2).

Novira, S. and Trenggana, A.F. (no date) ‘“AN ANALYSIS OF THE FACTORS THAT AFFECT THE PURCHASING DECISIONS OF CONSUMERS TOWARD INNISFREE ARE COSMETIC PRODUCTS”.’

Nurgayatri, A.R. (no date) ‘PENGARUH PROMOSI ONLINE PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BRAND ELMEIRA’, p. 9.

Pradana, D., Hudayah, S. and Rahmawati, R. (2018) ‘Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor’, KINERJA, 14(1), p. 16. Available at: https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445.

Putra, P.P. (2016) ‘EVALUASI BAURAN PROMOSI PADA PERUSAHAAN INVYNIA’, 1.

Putra, S.W. and Yusiana, R. (2018) ‘Analisis Bauran Promosi Menggunakan Metode Swot Pada Auto 2000 Soekarna-hatta Bandung Tahun 2018’, eProceedings of Applied Science, 4(2). Available at: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedsci ence/article/view/6541 (Accessed: 4 December 2022).

Rachmawati, E., Hurriyati, R. and Dewi Dirgantari, P. (2020a) ‘E-Promosi untuk Komunikasi pelanggan di Sektor Minuman: Studi Kopi Kenangan’, Jurnal Manajemen dan Keuangan, 9(2), pp. 238–247. Available at: https://doi.org/10.33059/jmk.v9i2.2360.

Rachmawati, E., Hurriyati, R. and Dewi Dirgantari, P. (2020b) ‘E-Promosi untuk Komunikasi pelanggan di Sektor Minuman: Studi Kopi Kenangan’, Jurnal Manajemen dan Keuangan, 9(2), pp. 238–247. Available at: https://doi.org/10.33059/jmk.v9i2.2360.

Saat, S. (2015) ‘FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN DALAM PENDIDIKAN’, 8(2).

Sufiyanti, E. and Sayutu, A.J. (2017) ‘Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Minimarket’, 3(1).

Supriatna, R.F. and Ariyanti, M. (no date) ‘PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN LET’S GO GELATO BANDUNG’.

Susanto, B. and Astutik, P. (2020) ‘Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung’

Diterbitkan

2023-05-02

Cara Mengutip

Ridwan, R., Agunawan, A., & Angraeni, N. (2023). PENGARUH PERSONAL RELEVANCE, INTERACTIVITY, MESSAGE DAN BRAND FAMILIARITY PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 171–180. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/article/view/3624