PENGARUH ATMOSFER TOKO DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA EMPAT-EMPAT COFFEE DI KOTA MAKASSAR

Penulis

  • Muh Wahyu Ramadhan Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Nurhaeda Zaeni Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Andi Ircham Hidayat Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

Atmosfer Toko, Social Media Marketing dan Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Atmosfer Toko dan Sosial Media Marketing terhadap keputusan pembelian pada Empat-Empat Coffee di Kota Makassar secara parsial. (2) Pengaruh atmosfer toko dan social media marketing terhadap keputusan pembelian pada Empat-Empat Coffee di Kota Makassar secara simultan. (3) Variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian pada Empat- Empat Coffee di Kota Makassar.

Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan metode analisis regresi linear berganda, sehingga data penelitian diperoleh dari kuesioner yang dibagikan secara online kepada konsumen Empat-Empat Coffe di Kota Makassar dengan sampel sebanyak 90 responden.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Variabel Atmosfer toko tidak berpengaruh secara parsial sedangkan sosial media marketing berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (2) Variabel Atmosfer toko dan sosial media marketing berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian (3) Variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian pada Empat-Empat Coffee adalah sosial media marketing.

Referensi

adriyanti. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Sulselbar Cabang Jeneponto. 49.
Ajis, Setiawan. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. 9(2), 13.
Anggraeni, A. R., & Soliha, E. . (2020). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96.
Chaerunnisa, F. (2019). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fchijab Di Kota Makassar.
Dirwan, D., & Themba, O. S. (2022). Keputusan Pembelian Dari Aspek Desain Website, Kepercayaan, Keamanan Dan Kemudahan. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), Art. 2.
Gunelius, S. (2010). 30-Minute Social Media Marketing: Step-By-Step Techniques To Spread The Word About Your Business (1st Edition). Mcgraw Hill.
Hidayat, R., & Sujud, A. (2019a). Pengaruh Atmosfer Toko, Lokasi Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Planet Ban Margonda Raya, Depok. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 15(1).
Hidayat, R., & Sujud, A. (2019b). Pengaruh Atmosfer Toko, Lokasi Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Planet Ban Margonda Raya, Depok. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 15(1).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran (Ed. 12, Cet. 2). Jakarta: Pt. Indeks Kelompok Gramedia.
Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), Art. 3.
Lengkawati, A. S., & Saputra, T. Q. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Elzatta Hijab Garut). 18(1), 6.
Lestari, D. (2018). Pengaruh Atmosfer Toko Dan Diversifikasi Produk Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada Giant Supermarket Pekanbaru. 5(1), 11.
Levy, M. (2001). Retailing Management. 4th Edition. The Mcgraw-Hill Companies, Inc.
Mileva, L. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Yang Membeli Starbucks Menggunakan Line) [Phd Thesis]. Universitas Brawijaya.
Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya. 9(1), 7.
Nasehudin, T. S., & Gozali, N. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Pustaka Setia.
Putra, I. P. (2021). Program Studi Manajemen Institut Teknologi Dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar. 43.
Ramadhanty, P., & Malau, R. M. U. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Content Instagram @Kedaikopikulo Terhadap Sikap Konsumen. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3, 15.
Ratela, G. D., & Taroreh, R. (2016). Analisis Strategi Diferensiasi, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Kopi Coffee Island. 12.
Rumajar, M. D., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warkop Kemang Manado. Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 266.
Sari, I., Idris, M., & Saripuddin, S. (2021). Pengaruh Akun Bisnis Media Sosial Instagram, Word Of Mouth Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kue Ulang Tahun Homemade Di Kota Makassar. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 10(3), Art. 3.
Solis, B., & Kutcher, A. (2011). Engage!: The Complete Guide For Brands And Businesses To Build, Cultivate, And Measure Success In The New Web. Wiley.
Sulistiyo, T. D., & Fitriana, R. (2020). Pengaruh Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image The Bunker Café, Tangerang. JURNAL EKBIS, 21(2), 189.
Suwardin, S. (2021). Program Studi Manajemen Institut Teknologi Dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar. 104.

Diterbitkan

2023-05-02

Cara Mengutip

Ramadhan, M. W., Zaeni, N., & Hidayat, A. I. (2023). PENGARUH ATMOSFER TOKO DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA EMPAT-EMPAT COFFEE DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 225–234. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/article/view/3651