ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA APOTEK K24 AROEPALA MAKASSAR
Kata Kunci:
Strategi Pemasaran, Apotek, Analisis SWOTAbstrak
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pemasaran yang digunakan pada Apotek K24 Aroepala Makassar. Penelitian ini menggunakan strategi bauran pemasaran (product, price, place, promotion). Dalam Penelitian ini selain dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif juga menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat), IFAS, EFAS dan Diagram Cartesius SWOT.
Hasil penelitian ini menunjukkan nilai skor IFAS 2.86 menunjukkan posisi internal yang kuat, nilai skor EFAS 3.04 menunjukan bahwa perusahaan merespon peluang yang ada dengan cara yang luar biasa dan menghindari ancaman-ancaman di pasar industrinya. Pada diagram Cartesius menunjukkan posisi perusahaan dalam keadaan agresif yaitu sangat menguntungkan bagi perusahaan yang berada pada kuadran 1. Untuk matriks SWOT Apotek K24 Aroepala Makassar berada pada kotak SO, dimana perusahaan mampu memanfaatkan peluang yang ada dengan kekuatan yang dimiliki perusahaan, hal ini baik bagi Apotek K24 Aroepala Makassar untuk mengurangi kelemahan dan meminimalisir ancaman agar dapat meningkatkan penjualan.
Referensi
Astuti, M., & Amanda, A. R. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. Deepublish.\
Baines, D. (2014). Pharmaceutical care: The blueprint for modern pharmacy. Prescriber, 25(13–16), 14–16.
Dewi, N. (2014). Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen (studi kasus pada industri susu bubuk kedelai melilea di kota pekanbaru). IJAE (Jurnal Ilmu Ekonomi Pertanian Indonesia), 5(1), 20–32.\
Dysyandi, W., Sumaryono, W., Widyastuti, S., & Lesmana, H. (2019). Bauran Pemasaran Tentang Konsep Apotek Modern Serta Strategi Pemasarannya. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.35814/jrb.v3i1.975
Elyarni, R., & Hermanto, H. (2016). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP. Jurnal Metris, 17(02), 81–88.
Fanggidae, A. H. (2006). Strategi Pemasaran Pariwisata: Segmentation, target market, positioning, dan marketing mix. Manajemen Usahawan Indonesia, 01.
Khamidi, S. (2013). Pengaruh Diversifikasi Produk terhadap Penjualan (Studi Kasus pada Perusahaan Konveksi “Faiza Bordir” Bangil–Pasuruan) [PhD Thesis]. Brawijaya University.
Kotler, P. (2012). Rethinking marketing: Sustainable marketing enterprise in Asia. FT Press.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen 15 Th Edition Pearson Education. Inc.
Munadi, F. A. (2009). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor CV. Turangga Mas Motor.
Novianissa, H. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Oleh Oleh Menggunakan Metode SWOT Dan Quatitative Strategic Planning Matrik (QSPM)(Studi kasus: Bakpia Djogdja). Yogyakarta: Program Studi Teknik Industri Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Panjaitan, R. (2018). MANAJEMEN PEMASARAN. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1–122.
Rijal, S., Mubyl, M., & Mariah, M. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Produk Pada Perusahaan Dedaku Food And Drink Kab. Bulukumba. Nobel Management Review, 3(4), Article 4. Https://Doi.Org/10.37476/Nmar.V3i4.3464
Suardana, I. M., & Pratha