PENGARUH HARGA,KUALITAS PRODUK DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLET WHITENING DIKOTA MAKASSAR

Penulis

  • Sheliani Andarias Kombongkila Prodi Manajemen, ITB Nobel Indonesia
  • Un Dini Imran Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Ali Murdhani Ngandoh Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

Price, Product Quality, Celebrity Endorser and Purchase Decision

Abstrak

Penelitian ini bertujuan  (a) untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas Produk dan celebrity endorser memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap keputusan pembelian produk Scarlet Whitening di kota Makassar (b) untuk mengetahui pengaruh harga,kualitas produk dan celebrity endorser memiliki pengaruh positif secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Scarlet Whitening di kota Makassar (c) untuk mengetahui variabel yang paling dominan diantara harga,kualitas produk dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk Scarlet Whitening dikota Makassar.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 96 responden yang merupakan pengguna produk Scarlet Whitening di kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) variabel harga, kualitas produk dan celebrity endorser berpengaruh positif secara parsial terhadap keputusan pembelian produk Scarlet Whitening dikota Makassar (b) variabel harga,kualitas produk dan celebrity endorser bersama-sama berpengaruh positif secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Scarlet Whitening dikota Makassar (c) variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Scarlet Whitening di kota Makassar adalah celebrity endorser.

Referensi

Dewantara, E., & Budiani, M. S. (2021). Hubungan Celebrity Endorser Terhadap Perilaku Pembelian Produk Kecantikan Merek X. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(4), 283–292. https://doi.org/10.35899/biej.v3i4.323

Fimela.com. (2022). Survei Menunjukkan 90% Perempuan Indonesia Pilih Brand Makeup Lokal. https://m.fimela.com/amp/5059290/survei-menunjukkan-90-perempuan-indonesia-pilih-brand-mak

Humaniora. (2022). Ingin Gunakan Produk Skincare? Cek Izin Edar BPOM Untuk Jamin Keamanan. Media Indonesia. https://m.mediaindonesia.com/humaniora/547435/ingin-gunakan-produk-skincare-cek-izin-edar-bpom-untuk-jamin-keamanan

Jessica Gabriela. (2022). Profil Bisnis Scarlett Whitening, yang Didirikan Artis Felicya Angelista. Bisnis.Com. https://m.bisnis.com/amp/read/20220427/263/1527944/profil-bis

Melati, M., & Septarina, A. A. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett di Kota Unaaha. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(April), 207–216. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.

Montolalu, N. A., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening pada Platform Digital. Productivity, 2(4), 272–275. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/productivity/article/view/34831

Riskita, A. (2022). Perjalanan Bisnis Scarlett Whitening, Gaet Song Joong-Ki Hingga TWICE. Store.Sirclo. https://store.sirclo.com/blog/scarlett-whitening/amp/

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sunardi. (2018). Prosiding Business and Economics Conference In Utilizing of Modern Technology ISSN 2622 - 9404. Business and Economics Conference In Utilizing of Modern Technology, 499–517.

Vien Dimyati. (2022). Industri Kosmetik Tumbuh Pesat,Brand Skincare Lokal Makin Digemari. INews.Id. https://www.inews.id/amp/travel/belanja/industri-kosmetik-tumbuh-pesat-brand-skincare-lokal-makin-digemari

Yuswari Nur. (2018). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT PEMBELIAN. 109–116.

Zilingo. (2022). Kenali Tren Kecantikan yang Diprediksi Jadi Incaran di 2022.

Diterbitkan

2023-08-02

Cara Mengutip

Kombongkila, S. A., Imran, U. D., & Ngandoh, A. M. (2023). PENGARUH HARGA,KUALITAS PRODUK DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLET WHITENING DIKOTA MAKASSAR. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 311–325. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/article/view/4033