PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. AMARINA TOUR & TRAVEL
Kata Kunci:
Kepuasan Pelanggan, Harga , Kepuasan PelangganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah Kualitas Pelayanan dan Harga berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada PT Amarina Tour dan Travel (2) Apakah Kualitas pelayanan dan Harga berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Amarina Tour dan Travel (3) Variabel manakah yang paling dominan kualitas pelayanan dan Harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT Amarina Tour dan Travel.
Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden, yaitu pelanggan pada PT Amarina Tour and Travel di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial baha hipotesis pertama dapat disimpulkan kepuasan pelanggan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (2) dari hasil analaisis yang dilakukan pada hipotesis pertama dapat disimpulkan bahwa Harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) Secara simultan kepuasan pelayanan (X1) dan Harga (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel.
Referensi
Ali Hasan. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS. Yogyakarta.
Anang Firmansyah dan Didin Fatihudin, 2019. Pemasaran Jasa: (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan), Yogyakarta, CV Budi Utama.
Anjar Rahmulyo, 2008. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan Pasien Puskesmas Depok I Di Sleman (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Atmaja, Aditama K. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Tiket Garuda di PT Falah Fantastic Tour Travel Bogor). Skripsi Dipublikasikan, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro: Semarang.
Feriyanto, Andri dan Shyta, Endang Triana. 2015. Pengantar Manajemen (3 in 1). Kebumen: Mediatera.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8).
Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gitosudarmo, Indriyo. 2019.Manajemen Pemasaran Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE. Hardiyati., 2010, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen
Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun The Pagilaran. Skripsi tidak dipublikasikan Universitas Diponegoro Semarang.
Indrary, Dewi Retno, 2010, Analisis pengaruh tingkat kualitas pelayanan jasa Puskesmas terhadap kepusan konsumen studi kasus pada Puskesmas Gunungpati Semarang.
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kotler & Amstrong, 2019. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1.Edisi kedua belas. Jakarta.
Erlangga.
Kotler, Amstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England.
Pearson Education Limited.
Lupiyoadi, & Rambat. (2019). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Parasuraman., 2016., The Behaviorial Consequenses of Service Quality. New Jersey :
Prentince Hall.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sujarweni, V. Wiratna. (2019) Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Swastha, Basu dan Sukotjo, Ibnu. 2015. Pengantar Bisnis Modern edisi 3. Liberty Yogyakarta.
Yogyakarta.375 hal.
Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy. Wayuni, Hana Catur, dkk. 2015. Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu.