PENGARUH INOVASI LAYANAN TEKNOLOGI APLIKASI BRIMO DAN KUALITAS LAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. MAKASSAR
Kata Kunci:
inovasi Layanan, Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi layanan teknologi aplikasi BRImo dan kualitas layanan customer service terhadap kepuasan nasabah pada PT.Bank BRI Makassar. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 50 responden,teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan non linear,uji T,koefisien determinasi R2 dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial inovasi layanan teknologi aplikasi BRImo dan kualitas layanan customer service berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank BRI Makassar. Berdasarkan hasil uji simultan menunjukkan bahwa inovasi layanan teknologi aplikasi BRImo dan kualitas layanan customer service berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank BRI Makassar. Kualitas layanan merupakan variabel yang paling berpengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah pada PT. BRI Makassar.
Referensi
Adiyasha, D.L. (2023) ‘Inovasi Layanan Sistem Informasi Penelitian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Sipkumham)’, Swatantra, 21(1), p. 29. Available at: https://doi.org/10.24853/swatantra.21.1.27-33.
Banjarnahor, D. (2019) Dalam 8 Bulan, BRImo Raih 2,2 Juta Pelanggan, CNBC Indonesia. Available at: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20191017114902-37-107722/dalam-8-bulan-brimo-raih-22-juta-pelanggan.
Dzikra, F.M. (2020) ‘Konsumen Pada Bengkel Mobil Ud . Sari Motor Di’, Eko Dan Bisnis: Riau Economic And Business Review [Preprint].
Fandi, T. (2017) ‘Straregi Meningkatkan Kualitas layanan’, Straregi Menngkatkan Kualitas layanan, 53(9), pp. 18–24.
Feri Fernandes Ginting (2022) ‘PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA REDDOORZ NEAR MIKIE HOLIDAY’, Jurnal Regionomic, 4(1), p. 8.
Ghozali (2011) ‘Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS’.
H. Sutirna (2018) Inovasi dan teknologi pembelajaran.
Hana Ayuning Cahyati, MM Agung Pujianto, M.D.J.M. (2023) ‘Pengaruh Nasabah Experience dan Fitur Layanan pada BRI Mobile Banking (BRImo) terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk KC Rajawali Surabaya’.
Hutagalung. & Hermawan, D. (2018) Hutagalung. & Hermawan, D. 2018. Membangun Inovasi Pemerintah Daerah. Yogyakarta: Deepublish., Deepublish.
Ilyas, M.R. (2022) ‘Pengaruh penggunaan aplikasi pegadaian digital dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening (studi pada pt. pegadaian (persero) kantor wilayah semarang)’, 11, pp. 1–15.
Kusumaningtyas, A.S. (2019) ‘Inovasi Varian Mie Organik pada Kedai Love Mie Semarang’, UNIKA Soegijapranata Semarang, 53(9), p. 10. Available at: http://repository.unika.ac.id/20163/.
Larsen, p. & A.L. (2007) ‘How Award Winning SMEs Manage The Barriers to Innovation’, Jurnal Creativity and Innovation Management, pp. 141–151.
Makmur, R.T. (2015) ‘Inovasi & Kreativitas Manusia Dalam Administrasi Dan Manajemen. Bandung’, Penerbit Refika Aditama [Preprint].
Novalin, L. (2023) ‘PENGARUH KUALITAS LAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS NASABAH PENGGUNA BRImo DI KOTA MEDAN’, (September 1998), p. 14.
Pininta, K. and Pematangsiantar, C. (2021) ‘Maker: Jurnal Manajemen ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PININTA COFFEE PEMATANGSIANTAR’, Jurnal Manajemen, 7(2), pp. 200–207.
Rahman, A. (2018) ‘PENGARUH INOVASI LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI FIF GRUOP PALIMANAN BERDASARKAN KONSEP MUAMALAH’, Bunga Bangsa Cirebon, p. 13.
Ridwan, R. et al. (2015) ‘Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan Terhadap Pelanggan Kepuasan’, pp. 90–100.
Riswandi, B.A. (2005) Aspek Hukum Internet Banking. Raja Grafindo Persada.
Riyanto, A. (2018) ‘Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Pdam Cibadak Sukabumi’, Ecodemica, 2(1), p. 118. Available at: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2911/pdf.
Riyanto, A.D. (2022) Jumlah Pengguna Internet di Indonesia (2018-2022), Andi Link. Available at: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/.
Roger (2010) ‘Inovasi Pelayanan Jasa Dan Produk Pada Bengkel Aacarbonworks Surabaya’, p. 9.
Sugiyono (2010) ‘Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D Bandung’, Alfabeta [Preprint]. Available at: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8411.
Waryati, S.Y. and Solaiman, A. (2022) ‘Pengaruh Lingkungan Makroekonomi Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia’, Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), pp. 299–308. Available at: http://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/1417%0Ahttps://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/download/1417/1684.
Yanuar Budhi Heriyanto, A., Ranti, M. and Rojikun, A. (2021) ‘Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan Customer Service Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pengguna Aplikasi BRImo’, Jurnal Ekonomika, 14(2), pp. 258–277.
Zaki, Z. (2022) ‘Pengaruh Sikap Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking Di Kota Pariaman’, Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), 2(1), pp. 1–9. Available at: https://doi.org/10.47233/jebs.v2i1.184.