PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS NOBEL INDONESIA

Penulis

  • Muh Alif Nobel Indonesia Institute
  • Mariah Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Nurkhalik Wahdanial Asbara Prodi STI Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Purchase Decisions

Abstrak

Pengaruh Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Shopee pada Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia, dibimbing oleh Mariah dan Nurkhalik Wahdanial Asbara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh kualitas informasi dan kualitas layanan secara parsial terhadap keputusan pembelian pengguna E-commerce Shopee. (2) Pengaruh kualitas informasi dan kualitas layanan secara simultan terhadap keputusan pembelian pengguna E-commerce Shopee. (3) Variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian pengguna E-commerce Shopee pada Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia. Sampel penelitian sebanyak 92 responden yang merupakan mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia yang melakukan pembelian pada E-commerce Shopee, penelitian menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial variabel kualitas informasi dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna E-Commerce Shopee. (2) Secara simultan variabel kualitas informasi dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna E-Commerce Shopee. (3) Variabel kualitas layanan yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pengguna E-Commerce Shopee pada Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia.

The Influence of Information Quality and Service Quality on the Purchase Decision of Shopee E-Commerce Users among Students of the Nobel Indonesia Institute of Technology and Business, supervised by Mariah and Nurkhalik Wahdanial Asbara. This study aims to analyze (1) The partial influence of information quality and service quality on the purchase decision of Shopee E-commerce users. (2) The simultaneous influence of information quality and service quality on the purchase decision of Shopee E-commerce users. (3) The most influential variable on the purchase decision of Shopee E-commerce users among students of the Nobel Indonesia Technology and Business Institute. The research sample consisted of 92 respondents who are students of the Nobel Indonesia Technology and Business Institute who made purchases on Shopee E-commerce, the research uses a multiple linear regression analysis method with data collection using a Likert scale questionnaire. The results show that (1) Partially, information quality and service quality variables have a positive and significant effect on the purchase decision of Shopee E-Commerce users. (2) Simultaneously, information quality and service quality variables have a positive and significant effect on the purchase decision of Shopee E-Commerce users. (3) The service quality variable has the most dominant influence on the purchase decision of Shopee E-Commerce users among students of the Nobel Indonesia Technology and Business Institute.

Referensi

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro.

Ghozali, & Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herman, L. E., Udayana, I. B. N., & Farida, N. (2021). Young generation and environmental friendly awareness: Does it the impact of green advertising? Business: Theory and Practice, 22(1), 159–166. https://doi.org/10.3846/btp.2021.12417

Ismawati, A. (2020). PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE PADA SHOPEE. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), Volume 01, 51–62.

Mambu, T. R., Tampi, J. R. E., & Makuan, D. D. S. (2021). Kepercayaan Konsumen, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi E-Commerce Shopee di Kota Tondano. 2(1), 79–84.

Nurakhmawati, R., Purnamawati, A., & Fahmi, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 191–204. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1881

Pratama Afrianto, A., & Irwansyah, I. (2021). Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 10–29. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.181

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Alif, M., Mariah, & Asbara, N. W. (2024). PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS NOBEL INDONESIA. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 87–98. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/article/view/4531