PENGARUH PENGGUNAAN EKONOMI DIGITAL TERHADAP KINERJA PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KULINER DI KOTA MAKASSAR
Kata Kunci:
UMKM Makassar, Digital Marketing, Kualitas Layanan, Brand Image, Keputusan Pembelian, Keputusan Pembelian, Digital Economy, Culinary MSMEs, Performance, Makassar CityAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan ekonomi digital terhadap peningkatan kinerja pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor kuliner kota Makassar.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 90 pemilik UMKM kuliner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana untuk mengetahui sejauh mana penggunaan ekonomi digital memengaruhi kinerja pelaku UMKM kuliner. indikator yang digunakan dalam variabel kinerja pelaku UMKM yaitu pertumbuhan penjualan, pertumbuhan modal, pertumbuhan pasar dan pertumbuhan laba.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ekonomi digital berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja pelaku UMKM kuliner di Kota Makassar. Hal ini mengindikasikan pentingnya penerapan teknologi dalam mendukung perkembangan UMKM, khususnya di sektor kuliner. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan pemahaman dan keterampilan pemilik UMKM dalam memanfaatkan ekonomi digital untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan bisnis mereka.
Referensi
Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.
Ahmad, R.S. (2022). Pengaruh implementasi ekonomi digital dan orientasi kewirausahaan terhadap pendapatan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (umkm) perspektif ekonomi islam (studi pada umkm makanan dan minuman di kecamatan sukarame kota bandar lampung) [Diploma, UIN RADEN INTAN LAMPUNG]. http://repository.radenintan.ac.id/21914/
Arinda, A. Y. (2021). Dampak Media Sosial Pada Kinerja Umkm Di Kota Bandar Lampung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. Https://Doi. Org/10.24843/Eeb, v10.
Atmojo, I. R. W., Chumdari, M. P., Matsuri, M. P., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2023). Assessment Kognitif pada Kelas Digital dalam Pembelajaran Abad 21. CV Pajang Putra Wijaya.
Bado, B., & Mustakim, H. (2023). EKONOMIKA KOPERASI DAN UKM. Yayasan Khalifah Cendekia Mandiri.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate data analysis: Pearson new international edition. Essex: Pearson Education Limited, 1(2).
Juliansyah, N. (2011). Metodologi Penelitian, Edisi Pertama. Jakarta: Prenamedia Group.
Juniansyah, A. (2022). Pemanfaatan Ekonomi Digital Dalam Strategi Pemasaran Dan Pelayanan Pada Usaha Kuliner UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 Serta Strategi Adaptasi Di Era New Normal : Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis DanManajemen,4(2),Article2.https://doi.org/10.52005/bisnisman.v4i2.105
Kardini, N. L., SE, M., Triansyah, F. A., Ramadhaniyati, R., Ali, I. H., Enung Suwarni, S. E., Muhtar Amin, S. P., Gunawan, M. S. A., Gunawan, A., & Mei Santi, S. S. (2023). MENGENAL EKONOMI MAKRO DALAM ERA DIGITALISASI. Cendikia Mulia Mandiri.
Karina, D., Sa’diyah, S. A., Nabilah, H., & Panorama, M. (2022). Pengaruh Perusahaan Startup Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Berajah Journal: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2(1), 156–166.
Khin, S., & Ho, T. C. (2018a). Digital technology, digital capability and organizational performance: A mediating role of digital innovation. International Journal of Innovation Science, 11(2), 177–195.
Khin, S., & Ho, T. C. (2018b). Digital technology, digital capability and organizational performance: A mediating role of digital innovation. International Journal of Innovation Science, 11(2), 177–195.
Luthfiana, L. (2020). Pengaruh modal, inovasi dan tingkat pemahaman manajemen keuangan terhadap kinerja UMKM kabupaten Batang. IAIN Pekalongan.
Mangku, D. G. S., & Yuliartini, N. P. R. (2022). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(3), 1–24.
Mokodompit, M. P., Syarifuddin, S., & Mutia, S. (2019). Identifikasi faktor yang mempengaruhi Kinerja UMKM. Profita: Komunikasi Ilmiah Dan Perpajakan, 12(2), 242–248.
Muchlis, N. (2022). Early Warning Stunting: Dilengkapi Studi KAsus dan Indikator Pengukuran Stunting. Deepublish Publisher.
Mutiara, K. (2023). Tinjauan fiqh siyasah terhadap upaya pemerintah dalam memperkuat usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) di masa pandemi coronavirus Uin raden intan lampung.
Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi umkm terhadap pertumbuhan ekonomi era digitalisasi melalui peran pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184–204.
Pasaribu, M., & Widjaja, A. (2021). Strategi dan Transformasi Digital. Kepustakaan Populer Gramedia.
Pezderka, N., Sinkovics, R. R., & Jean, R.-J. B. (2012a). Do born global SMEs reap more benefits from ICT use than other internationalizing small firms. Handbook of Research on Born Globals, 185–213.
Pezderka, N., Sinkovics, R. R., & Jean, R.-J. B. (2012b). Do born global SMEs reap more benefits from ICT use than other internationalizing small firms. Handbook of Research on Born Globals, 185–213.
rida, A. A. (2023). Analisis Penerapan Ekonomi Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Umkm Kuliner Di Tanjung Karang Pusat Kota Bandar Lampung). UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Ristianti, D. E., Yulianto, R., & Pratiwi, Y. H. (2023). Eksplorasi Dampak Pemanfaatan E-Commerce Pada Pertumbuhan Ekonomi Digital UMKM Di Kota Malang. FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN, 13(1), 87–97.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: Quantitative research approach. Deepublish.
Rukmana, R. H. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Apotek Citra Sehat Di Samarinda. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda.
Suharti, S., Prasetyo, Y., Naufal, M. D., & Aminullah, A. (2022). The Investment Effect on Prosperity in Indonesia with Economic Development as an Intervening Variable. Indonesian Journal of Interdisciplinary Islamic Studies (IJIIS), 1–20.
Sunarta, D. A. (2023). Kaum Milenial di Perkembangan Ekonomi Digital. Economic and Business Management International Journal (EABMIJ), 5(1), 9–16.
Supriyanto, E. (2023). Pengaruh Perkembangan Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.51903/dinamika.v3i2.384
Suryani, N. K., & FoEh, J. E. (2018). Kinerja organisasi. Deepublish.
Suwarni, E., Sedyastuti, K., & Mirza, A. H. (2019). Peluang dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro pada Era Ekonomi Digital. IKRAITH-EKONOMIKA, 2(2), 29–34.
Syikin, N. (2020). Pengaruh perkembangan ekonomi digital terhadap pendapatan pelaku usaha mikro kecil menengah (umkm) kuliner di kecamatan rappocini kota makassar. Universitas bosowa.
Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 19(1), Article 1. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207
Widiana, W., Anggara, F. S. A., Purnamasari, S., Nugraha, J. P., Ardianto, R., Harto, B., Sulistiyo, H., Suartini, S., Syamsuddin, B., & Dasman, S. (2023). Keuangan Bisnis Digital. Global Eksekutif Teknologi.
Yanti, P. M., Meidy, R., & Julica, L. A. (2022). Pengaruh implementasi ekonomi digital terhadap pendapatan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (Studi Kasus UMKM Kuliner di Kota Lubuklinggau). Jurnal Interprof, 8(2), Article 2.