PENGARUH PEMASARAN ONLINE DAN LOKASI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM BINAAN PLUT SULAWESI SELATAN

Penulis

  • Abel Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Yuswari Nur Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Bahrul Ulum Ilham Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

Pemasaran online, Lokasi dan Peningkatan Penjualan.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pemasaran online dan lokasi berpengaruh secara parsial terhadap peningkatan penjualan pada UMKM Binaan PLUT Sulawesi Selatan (2) Untuk mengetahui pemasaran online dan lokasi berpengaruh secara simultan terhadap peningkatan penjualan pada UMKM Binaan PLUT Sulawesi Selatan (3) Untuk mengetahui Variabel manakah yang paling dominan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan pada UMKM Binaan PLUT Sulawesi Selatan

Sampel penelitian ini sebanyak 67 responden yang merupakan para pelaku UMKM Binaan PLUT Sulawesi Selatan, penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert

Hasil penelitian adalah (1) pemasaran online tidak berpengaruh secara parsial terhadap peningkatan penjualan pada UMKM Binaan PLUT Sulawesi Selatan sedangkan Lokasi berpengaruh positif secara parsial terhadap peningkatan penjualan pada UMKM Binaan PLUT Sulawesi Selatan (2) pemasaran online, lokasi berpengaruh secara simultan terhadap peningkatan penjualan pada UMKM Binaan PLUT Sulawesi Selatan (3) variabel lokasi yang paling dominan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan pada UMKM Binaan PLUT Sulawesi Selatan.

Referensi

Arianzah, A. T., Indriani, W., Listyaningsih, E., Mufahamah, E., & Harun, H. (n.d.). PENGARUH PEMASARAN DIGITAL, INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUKTERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA PELAKU UMKM DI KABUPATEN LAMPUNG BARAT).

Artikel_nuraini-chaniago (2022) dokumen-peran-media-sosial-untuk-pemasaran-digital.pdf. (n.d.) .

Ilham, B. U. (2023). Pendampingan Kurasi Produk pada UMKM Gaddeta di Kota Makassar. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(1), 30–34. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i1.370

Latief, F., Muslimin, I., Askar, H., Hidayat, A. I., Firman, A., Dirwan, D., ... & Multhazam, N. A. T. (2024). Pelatihan CPPOB dan Perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) Bagi Pelaku UMKM Rumput Laut di Desa Bonto Jai Kabupaten Bantaeng. Celebes Journal of Community Services, 3(2), 281-288.

Rahmat, Z. N. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN PADA RUMAH MAKAN SUPER CHICKEN DI JAMBANGAN KECAMATAN KEDAWUNG KABUPATEN SRAGEN.

Sari, R. P., & Santoso, D. T. (2019). Pengembangan Model Kesiapan UMKM di Era Revolusi Industri 4.0.

Supandi, A., & Johan, R. S. (2022). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE TERHADAP PENDAPATAN PELAKU UMKM DI KECAMATAN CILANDAK. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(1), 15. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i1.13701

Dwi Putranto (2022). UMKM Terbentur Transformasi Digital Elitis Id https://www.harianbhirawa.co.id/author/helmi/

Novrianda Syarif. (2022). UMKM: Kriteria Usaha. Infiniti.Id.

https://infiniti.id/blog/bisnis/kriteria-umkm-di-indonesia

Kosanke, R. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Bakso, Studi Pada UMKM Penjual Bakso Kelurahan Tlogomas,KecamatanLowokwaru Kota Malang. http://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/388

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Abel, Nur, Y., & Ilham, B. U. (2024). PENGARUH PEMASARAN ONLINE DAN LOKASI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM BINAAN PLUT SULAWESI SELATAN. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 280–289. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/article/view/4805