Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pembelajaran Akuntansi pada Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Penulis

  • Kurnia Rizky Amaliah Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Fitri Prodi Akuntansi Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Andi Marlinah Prodi Akuntansi Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/malomo.v3i1.5291

Kata Kunci:

Motivasi, Minat Belajar, Mahasiswa Akuntansi

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran akuntansi pada Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia.

Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik simple random sampling yang dimana teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan skala likert dan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran akuntansi. Semakin tinggi motivasi yang dimiliki mahasiswa baik dari faktor internal maupun eksternal, semakin tinggi pula minat mereka untuk aktif dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa peningkatan motivasi baik melalui strategi pembelajaran yang menarik maupun dukungan akademik yang memadai dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran akuntansi.

Referensi

Agia, L. N., Susanti, E., Mardianty, D., Hayati, R., Nurjannah, H., & Hariswanto, H. (2023). Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (studi Universitas Di Pekanbaru). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 373–377.

Aini, N., & Goenawan, Y. A. (2022). Pengaruh Persepsi, Motivasi, Minat Dan Pengetahuan Mahasiswa Tentang Pajak Terhadap Pilihan Berkarir Dibidang Perpajakan: (Studi Empiris Stie Putra Perdana Indonesia Tangerang). Journal Intelektual, 1(2), 118–131.

Ajijah, A. H. N., Khoerunnisa, Y., Hidayanto, D. K., & Rosid. (2021). Peran Motivasi terhadap Produktivitas Karyawan (Literature Review). Jurnal Publisitas, 8(1), 1–10.

Alfazani, M. R., & A, D. K. (2021). Faktor Pengembangan Potensi Diri: Minat/Kegemaran, Lingkungan dan Self Disclosure (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 586–597.

Alif,M. & Asbara, N. W. (2024). Pengaruh Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Shopee pada Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia.

Andoko, C. Y. & Sukhemi. (2022). Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Kompak :Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 15(1), 205–215.

Anggraini, N. (2023). Analisis Survey Lingkungan Belajar di Min 39 Aceh Besar (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry) [PhD Thesis].

Anita, N. (2019). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Project Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII. 2 SMP Negeri 2 Suppa Kabupaten Pinrang [PhD Thesis]. IAIN Parepare.

Arrul, A. H., Yuliani, F., & Gusmaneli. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Membentuk Konsep Berpikir Peserta Didik. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 13–27.

Ayem, S & Setiawan, S. R. P. (2024). Pengaruh Persepsi Karir dan Motivasi terhadap Minat Berkarir di Bidang Perpajakan dengan Pemahaman Tri Pantangan Sebagai Variabel Moderasi: Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta. Akuntansi Dewantara, 8(1), 389–403.

Banowati, E. N., Mudrikatunnisa, Maula, A. R., & Fajrie, N. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Siswa Kelas II di SDN 2 Kedungsarimulyo. Alfihris: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(4), 116–127.

Darel, N. S. (2024). Analisis Project Based Learning Sebagai Strategi Dalam Mengoptimalkan Pemahaman Mahasiswa pada Pembelajaran Daring [PhD Thesis]. Institut PTIQ Jakarta.

Djuanda, M., & Hamdani, R. (2023). Penerapan Aplikasi Laporan Keuangan di Kementerian Indonesia: Rekonsiliasi Single Database Sakti. Kompak: Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 16(1), 52–60.

Efendi, I. (2022). Profil Minat Belajar Matematika Siswa Smas Dharma Bhakti Mandau (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Riau).

Fajarsari, Hesti. (2020). Pengaruh Motivasi dan Persepsi terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) di Kota Semarang. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 30–43.

Febrianty, Divianto, & Muhammad. (2023). Kekuatan Apresiasi Membuka Potensi Sumber Daya Manusia di Organisasi. Universitas Malahayati.

Haryanto, J. S. L., Soetedjo, K. A., D, A. D. W., S, F. V. V., Gevino, F., W, H. T. P., Horison, I., K, R. G., Singgih, T. A., & S, V. A. (2023). Top 10 Skills for Future Accountants in Digital Age (Indonesian Version). Ridwan Sanjaya.

Hermawati, R. D., Wijaya, I. N. S., & Kurniawan, E. B. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Generasi Y dan Z Dalam Memilih Perumahan di Kota Kediri. 10.

Iswahyudi, M. S., Irianto, H., Salong, A., Nurhasanah, Leuwol, N., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan dan Inovasi Pendidikan: Arah Pendidikan di Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Jejeniwa, T. O., Mhlongo, N. Z., & Jejeniwa, T. O. (2024). The Role of Ethical Practices in Accounting: A Review of Corporate Governance and Compliance Trends. Finance & Accounting Research Journal, 6(4), 707–720.

Juniardi, M. A., Daniel, & Rizka, M. (2024). Meta Analisis Pengaruh Iklim Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 466-476.

Khairani, Via, Khairinal, K., & Sari, N. (2024). Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Jurusan Ips MAN 1 Kota Jambi (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).

Kinasih, R. S. (2023). Motivasi dan Manajemen Waktu Mahasiswa Dalam Bekerja Paruh Waktu (Studi Kasus Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia yang Bekerja Paruh Waktu) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Indonesia). [PhD Thesis].

Laili, A. N. (2020). Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron Tahun Pelajaran 2019/2020 [PhD Thesis]. IAIN Kediri.

Magdalena, I., Fauziah, S., Sari, P. W., & Berliana, N. (2020). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Nusantara, 2(2), 283–295.

Magfirah, I., Aziz, I., & Rachma, N. (2023). Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah (Studi Kasus Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Bantaeng (BPKD)). Jurnal Manuver: Akuntansi dan Manajemen, 1(1), 65–75.

Marlinah, A. (2009). Meningkatkan Produktivitas Usaha Melalui Motivasi. AKMEN Jurnal Ilmiah, 6(2).

Meliana & Jaeni. (2022). Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Kompak: Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 15(1), 205–215.

Mona, S., & Prasida, Y. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 15(2).

Murdoko, B. D., & Trisnaningsih, S. (2024). Menjaga Integritas Profesi: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Praktek Etika pada Akuntan Publik. Journal of Economic, Bussines and Accounting (Costing)), 7(5), 2141–2150.

Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2020). Augmented Reality dan Pembelajaran di Era Digital. Penerbit Adab.

Nasution, N. W. (2022). Hubungan Minat Belajar dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa D-III Kebidanan Universitas Aufa Royhan Kota Padangsidmpuan Tahun 2022.

Noor, R. M. (2022). Pengaruh Motivasi, Ekspektasi Pendapatan, dan Persepsi Mahasiswa terhadap Minat Berwirausaha dengan Pemahaman Akuntansi Sebagai Variabel Moderating (Doctoral Dissertation, Upn Veteran Jawa Timur).

Nur, S. W. (2020). Akuntansi Dasar: Teori dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Cendekia Publisher.

Pransiska, S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMAN 1 Rejang Lebong [PhD Thesis]. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan Dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13(1), 65-71.

Putra, K. N., Hidayati, & Oktaria, M. (2024). Theory of Planned Behavior: Implikasi Teori Dalam Menjelaskan Minat Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan. Edunomics Journal, 5(2), 215–225.

Putra, M. F. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja dengan Motivasi Sebagai Mediasi (Studi Pada Karyawan Dinas Perdagangan Kota Metro Selama Pandemi) [PhD Thesis]. Universitas Lampung.

Rababah, A. (2016). Factors Influencing the Students’ Choice of Accounting as a Major: The Case of X University in United Arab Emirates. International Business Research, 9(10), 25–32.

Rachma, N. (2023). Pengaruh Penentuan Harga Jual Terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada Koperasi Agroniaga. Imprest: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(2), 54–59.

Rafiqa, L. R., & Setiawan, M. A. (2020). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Padang Berkarier di Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2(3), 2929–2941.

Reynilda, Firman, A., Asri, & Rahman, K. G. (2024). Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sinjai. Jurnal Malomo: Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 77–86.

Rinanda, S. (2021). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Mahasiswa Akuntansi dan Non Akuntansi Dalam Berwirausaha (Study Empiris terhadap Mahasiswa Pebisnis di Universitas Lampung).

Rosa, S. F., Sriwahyuni, M., & Junaidi, A. (2023). Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Perpajakan dan Tata Kelola Perusahaan, 1(2), 89–99.

Sabela, R. A., Anggraeni, P. S., & Muhid, A. (2021). Layanan Home Visit dalam Mengatasi Permasalahan Motivasi Belajar pada Siswa: Literature Review: Home Visit Services in Overcoming Learning Motivation Problems in Students: Literature Review. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 17–23.

Sahri. (2021). Pengaruh Gender, Pengalaman Kerja dan Status Sosial Ekonomi terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi pada Mahasiswa Akuntansi di Makassar) [PhD Thesis]. STIE Nobel Indonesia.

Salmida, C. (2021). Hubungan antara Lingkungan Sekolah dengan Minat Belajar Siswa (Doctoral Dissertation, Uin Ar-Raniry) [PhD Thesis].

Santoso, J. (2023). Mengatasi Tantangan Keterlibatan Mahasiswa: Strategi Efektif untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Menarik. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 469–478.

Sapitri, N. K. A. R., Putra, C. G. B., & Yuliantari, N. P. Y. (2023). Pengaruh Penghargaan Finansial, Pengetahuan Persyaratan Akuntan Publik dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik. Hita Akuntansi dan Keuangan, 4(4), 51–63.

Sari, R. C. (2021). Akuntansi Keperilakuan: Teori dan Implikasi. Penerbit Andi.

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Pengaruh Persepsi dan Motivasi Mahasiswa Akuntansi terhadap Minat Mengikuti “Kampus Merdeka” dengan Pemahaman Akuntansi Sebagai Variabel Intervening.

Sitompul, M., & Banjarnahor, H. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Mahasiswa Prodi Akuntansi di Kota Batam.

Suasapha, A. H. (2020). Skala Likert untuk Penelitian Pariwisata; Beberapa Catatan untuk Menyusunnya dengan Baik. Jurnal Kepariwisataan, 19(1), 29–40.

Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi Dalam Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.

Tandiono, R., Ratnawati, A. T., Gusneli, G., Ilham, I., Martina, R., Waty, E., Putuhena, H., AR, M., & Devi, E. K. (2023). Teori Akuntansi: Konsep, Aplikasi, dan Implikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Umar, I. (2014). Factors Influencing Students’ Career Choice in Accounting: The Case of Yobe State University. Research Journal of Finance and Accounting, 5(17), 59–62.

Uno, H. B. (2023). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Wahyuni, L., Salingkat, S., A, R. H., Tamagola, Palayukan, H., Haidar, I., & Sitopu, J. W. (2024). Analisis Keberhasilan Implementasi Model Flipped Classroom dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Perguruan Tinggi. Journal on Education, 6(4), 18954–18964.

Wardani, D. K., & Irawan, Y. (2023). Latar Belakang Sosial Ekonomi dan Motivasi terhadap Minat Siswa Dalam Memilih Prodi Akuntansi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5637–5642.

Widayanto, B., Senjawati, N. D., Rini, W. D. E., Utami, H. H., & Kafiya, M. (2022). Metode Pendampingan Penelitian. LPPM UPN Veteran Yogyakarta.

Winarto, W. W. A. (2023). Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi Akuntansi Syariah. Educandum, 9(2), 291–303.

Yelia, Sarifudin, A., Ida, N., Isneini, Suryana, N., Adoe, T. Y. N., Kurniawan, A. T., Jamaludin, Z., Nuriyati, T., Emawati, Muspawi, M., Sihombing, A. A., Wati, S., ’Azizah, N., Martiningsih, D., Chabibah, N., Samingan, Jelahut, M. S., Mindarta, E. K., … Setiawi, A. P. (2024). Peran Vital Guru Dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Berkebutuhan Khusus Dalam Proses Pembelajaran.

Yulistikomah, E., Sanggarwati, D. A., & Sitepu, R. B. (2022). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Karyawan PT. Sumalindo Alam Lestari-I Site Batu Putih di Kalimantan Timur [PhD Thesis]. STIE Mahardika Surabaya.

Yunita, N. (2020). Pengaruh Gender dan Kemampuan Akademis terhadap Literasi Keuangan Dalam Perilaku Pengelolaan Keuangan pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 1–12.

Zakiyah, K. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning Dalam Meningkatkan Minat Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Mi Pembangunan Uin Jakarta [B.S. thesis]. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Diterbitkan

2025-02-28

Cara Mengutip

Amaliah, K. R., Fitri, & Marlinah, A. (2025). Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pembelajaran Akuntansi pada Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 111–122. https://doi.org/10.37476/malomo.v3i1.5291