STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM ROTI MAROS PASIR PUTIH DIKABUPATEN MAROS
Keywords:
Strategy, MSME Development, Development StrategyAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan apa yang bisa dilakukan bagi pelaku usaha roti maros Pasir Putih dalam peningkatan usahanya. Penelitian ini akan membantu pemerintah dalam melakukan kebijakan pengembangan UMKM di suatu daerah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif secara kualitatif, data yang terkumpul akan dianalisis dengan cara mendeskripsikan data tersebut dalam tulisan ilmiah dalam bentuk naratif, kemudian dapat diambil kesimpulan dari analisis yang telah dilakukan.
Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan pada usaha Roti Maros di diperoleh hasil bahwa usaha Roti Maros Pasir Putih memiliki kekuatan yang dapat digunakan dalam menyusun strategi dan memanfaatkan peluang yang ada dengan strategi sebagai berikut digunakan dalam menyusun strategi dan memanfaatkan peluang yang ada semaksimal mungkin, serta dapat meminimalisir dan menutupi kelemahan yang ada semaksimal mungkin,Matriks SWOT roti maros Pasir Putih berada pada kotak SO, keadaan ini sangat menguntungkan bagi perusahaan, dimana perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat menjalankan strategi SO yaitu memanfaatkan kekuatan dalam memaksimalkan peluang.
References
Al Falih, M. S. H., Rizqi Reza Muhammad, & Ananda, N. A. (2019). Pengelolaan Keuangan dan Pengembangan Usaha pada Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus pada UMKM Madu Hutan Lestari Sumbawa). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1). http://jurnal.uts.ac.id
Arifudin, O., Tanjung, R., & Sofyan, Y. (2020). Manajemen Strategik Teori Dan Imlementasi. Manajemen Strategik Teori Dan Imlementasi, 177.
Delmayuni, A., Hubeis, M., & Cahyadi, E. R. (2017). Strategi Peningkatan Daya Saing Umkm Pangan Di Palembang. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 11(1), 97–122. https://doi.org/10.30908/bilp.v11i1.43
HiToko. (2021). Pengertian Matrik SWOT Adalah, Contoh dan Cara Membuatnya. Hitoko.Co.Id. https://www.hitoko.co.id/blog/pengertian-matrik-swot/#Penjelasan_Tentang_Matrik_SWOT
Ikhsani, M. M., & Santoso, S. E. B. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Banyumas. Seminar Nasional LPPM- Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 452–457.
Lianovanda, D. (2022). Apa Itu UMKM? Ini Pengertian, Jenis, Beserta Contoh Usahanya. Skill Academy By.Ruangguru. https://blog.skillacademy.com/umkm-adalah
Novrianda Syarif. (2022). UMKM: Kriteria Usaha. Infiniti.Id. https://infiniti.id/blog/bisnis/kriteria-umkm-di-indonesia
Pattisahusiwa, H. M. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI DINAS KOPERASI KOTA MAKASSAR. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.
Rahmanti, N. S. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH UNTUK MEMPERTAHANKAN KESEJAHTERAAN PELAKU UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelaku UMKM Kripik Pisang di Jl. ZA.Pagar Alam). 6.
Rais, N. U. R. F. (2023). TINGKAT HUNIAN KAMAR PADA TERASKITA HOTEL PROGRAM STUDI MANAJEMEN NOBEL INDONESIA. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/manuver/article/view/3704
Ralahallo, F. N. (2015). Generic Competitive Strategy. 1(1), 51–60. file:///C:/Users/User/Downloads/benchmark2012_1_1_5_ralahallo.pdf
Sari, R. P., & Santoso, D. T. (2019). Pengembangan Model Kesiapan UMKM di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Media Teknik & Sistem Industri, 3(1), 37-42. http://jurnal.unsur.ac.id/index.php/JMTSI