PENGARUH CITA RASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DAPUR UMMU HISYAM (OUTLET 04 JL. POROS MAROS – MAKASSAR)

Penulis

  • Fatmawati Amir Wati Manajemen, Fakultas Teknologi dan Bisnis, Institut Teknologi Dan Bisnis Nobel Indonesia, Makassar, 90221, Indonesia
  • Yuswari Nur Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Mariah Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Pengaruh cita rasa dan kualitas pelayanan secara parsialterhadap kepuasan konsumen pada Dapur Ummu Hisyam Maros. (2) Pengaruh cita rasa dan kualitaspelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Dapur Ummu Hisyam Maros. (3) Variabel yang paling dominan diantara cita rasa dan kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen pada Dapur Ummu Hisyam Maros.

Sampel penelitian ini sebanyak 66 responden yang merupakan konsumen Dapur Ummu Hisyam Maros, penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulandata menggunakan kuesioner dan skala likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Cita Rasa tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Dapur Ummu Hisyam Maros. Sedangkan variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Dapur Ummu Hisyam Maros. (2) Cita Rasa dan Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen di Dapur Ummu Hisyam Maros. (3) Kualitas pelayanan merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan.

Referensi

A, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Development, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.53978/jd.v5i1.45

Ansyari, Kusasi, & Iranita. (2019). Pengaruh Lokasi, Cita Rasa, Harga, Perceived Value Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Tanjung Sebauk. Jurnal Program Studi Manajemen, 1–18. http://repository.umrah.ac.id/3287/1/Ansyari Idris-150461201020-FE.pdf

Atmanegara, S. Y., Cahyono, D., Qomariah, N., & Sanosra, A. (2019). JSMBI (Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia ) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Ijen View Bondowoso. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 78–89. www.budpar.go.id

Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi,Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1–14.

DJ Mandasari, J Widodo, S. D. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Batik Magenda. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13, 123–128. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432

DPAN Dwi. (2019). Bab ii kajian pustaka 2.1. Pengaruh Cita Rasa, Store Atmosphere Dan Celebrities Endorsemen Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Di Restoran Rockstar Audos, Jakarta Timur). 1–18.

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian : Literature Review General Sampling Techniques in Research Methodology : Literature Review. 1(2), 85–114.

Hanim, N. L., Sunaryo, H., & Athia, I. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, cita rasa terhadap kepuasan konsumen Mie Gacoan. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(10), 61–66.

Hariyanto, A. T., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2022). Pengaruh Cita Rasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan(Studi Kasus Pada Warung Makan Bank One 2 Di Jalan Mastrip Jember). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 16(1), 33–39. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.22938

Hayani, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Kedai Kaizar Lahat. Jurnal Gentiaras Manajemen Dan Akuntasi, 13(2), 85–94.

Ibrahim Malik dan Thawil Marijam. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 4(1), 175–182.

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV . Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering, 5(1), 19–28.

Indah Surti, F. N. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Cafe & Resto Steak di Jakarta Selatan. E Proceeding of Management, 2(3), 3808–3815. https://doi.org/10.5281/zenodo.3930684

Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. 6(1), 72–78. https://doi.org/10.32528/jmbi.v6i1.3536

Maimunah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2), 57–68. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.542

Meiliana C dan Yani M. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Batu Mandi Di Sampit. Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 80–92.

Mustikasari A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Food Court Uny). JUurnal Dinamika Teknik, XIII(1), 24–32.

Musyarofah, B., & Setiawan, T. H. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Dengan Metode Immportance Performance Analysis (Ipa) (Studi Kasus Di Rumah Makan Pecak Bandeng Bunda Fiqrah). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 85–95.

Mutiara, S., Suardi, A., & Kunci, K. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan , Persepsi Harga dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen. 4(1), 411–427.

NA Putri, H Safri, Z. (2022). Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, Etika Pelayanan Dan Lokasi Usaha Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UMKM Warung Kopi Gelas Batu Kota Pinang. Jurnal Manajemen Akuntansi, 2(2), 132–143.

Prasasti, G. A., & Maisara, P. (2022). Pengaruh Fasilitas, Harga Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan Di Solo Raya. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(2), 276–288. https://doi.org/10.37606/publik.v9i2.327

Prihandoyo, C. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jne Cabang Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi, 10(1), 116–129. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i1.59

Ratnanto S dan Purnomo H. (2020). Substansial Kepuasan Konsumen Rumah Makan “ Soto Dok Lamongan ” Nganjuk. September, 542–550.

Saniah, S., & Ariadi, B. Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Kedai “ Pesen k opi ” di Kota Malang. 3(1), 40–49.

Santika, A. N., Pauzy, D. M., & ... (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citarasa terhadap Kepuasan Konsumen: Survei pada Konsumen M’DI Coffee In Cafe Tasikmalaya. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah …, 1(11), 3876–3880.

Santosa, A. T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan E-Wom Terhadap Proses Keputusan Pembelian. 18, 143–158.

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114–126.

Sholihah, I. A. (2020). Pengaruh Suasana Cafe dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Merdeka Cafe Nganjuk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(1), 750–756.

Sianturi, G. A. E., Muliani, L., & Rukmini Sari, H. P. (2021). Pengaruh Cita Rasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Ragusa Es Krim Italia. Destinesia : Jurnal Hospitaliti, 3(1), 35–49. https://doi.org/10.31334/jd.v3i1.1803

Silvia, K. E., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Cita Rasa Dan Varian Menu Ayam Geprek Abu Ahda Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 80–91.

Siregar, A. H., Ritonga, Z., Hasibuan, D., & Labuhanbatu, U. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Cita Rasa Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Mbak Siti. Journal Economy And Currency Study, 3(1), 22–33.

Syamsuri, H., & Yulianto, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Study Pada Cv Daeng Kuliner Makassar. Macakka Journal, 01(01), 285–294.

Wahyuni, E., Yang, A. F., Mempengaruhi, A. F. Y., & Wahyuni, E. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Roti Aroma Medan. 171–182.

WF Meli. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Cita Rasa Terhadap Impulse Buying Produk Thai Tea Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Dr. Meithiana Indrasari. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Heri Sudarsosno. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Wati, F. A., Nur, Y., & Mariah. (2023). PENGARUH CITA RASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DAPUR UMMU HISYAM (OUTLET 04 JL. POROS MAROS – MAKASSAR). Jurnal Manuver : Akuntansi Dan Manajemen, 1(3), 292–303. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/manuver/article/view/4209