PENGARUH BRAND AWARENESS DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS NOBEL INDONESIA

Penulis

  • Hardita Ariyani Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Andi Widiawati Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Nurkhalik Wahdanial Asbara Prodi STI Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

brand awareness, online customer review, Minat Beli

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Brand Awarenss terhadap minat beli konsumen pada mahasiswa ITB Nobel Indonesia (2) Pengaruh Online Customer Review terhadap minat beli konsumen pada mahasiswa ITB Nobel Indonesia (3) Pengaruh Brand Awareness dan Online Customer Review secara simultan terhadap minat beli konsumen pada mahasiswa ITB Nobel Indonesia.

Sampel penelitian ini sebanyak 67 responden, yaitu  mahasiswa ITB Nobel Indonesia angkatan 2021. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner.

Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, sedangkan online customer review tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, (2) Secara simultan brand awareness dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen dan indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel.

Referensi

Agus, H. (2012). Komunikasi pemasaran. Jakarta: Erlangga, 45, 100–101. http://repository.unisba.ac.id/bitstream/handle/123456789/12109/06bab2_Abdallah_10090312206_skr_2016.pdf?sequence=6&isAllowed=y#:~:text=Menurut Kotler dan Keller (2012,dan merek yang mereka jual.

Andriani, D. (2019). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Marketplace Deni Andriani Program Studi Manajemen.

Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Il mu Administrasi Bisnis, 1–11.

Brestilliani, L. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassador, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9, 19. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/9186-Full_Text.pdf

Cahyani, K. I., & Sutrasmawati, R. E. (2016). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap. Management Analysis Journal, 5(4), 281–288.

Daryanto. (2013). Sari Kuliah: Manajemen Pemasaran. Satu Nusa.

Dr. Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi.

Fawzi, M. G. H., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. In Pascal Books. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973

Hafiar, H., Lukman, S., Ardiyanto, A., Basu, S., Irawan, Mussardo, G., Penelitian, A. K., & Mussardo, G. (2018). 済無No Title No Title. Statistical Field Theor, 53(9), 1689–1699.

Indah, K., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Scoopy Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Pt. Nusantara Sakti Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(5), 113–122.

Krisnawati, D. (2016). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Amdk Merek Aqua (Studi Pada Masyarakat Di Kota Bandung). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(1). https://doi.org/10.35137/jmbk.v4i1.30

Latief, F., & Ayustira, N. (2019). Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Managemnt, 4(2), 122–136. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai

Mardiani, E., & Imanuel, O. J. (2013). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Media Online. Esa Unggul, 4(November), 1–11.

Mohammad Abdul Ghoni , Euis Soliha (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Online Customer Review Dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(4), 1030–1043.

Novianti Arintyas (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Indomaret Pada Mahasiswa Stie Nobel Indonesia Makassar. http://repository.stienobel-indonesia.ac.id/handle/123456789/428

Pradana, T. A. F., & Yuliana, E. (2015). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Minat Beli Konsumen Jasa Reservasi Hotel Secara Online Pada Situs Www . Goindonesia . Com the Influence of Brand Awareness on Customer Purchasing Intention of Online Hotel Reservation At. E-Proceeding of Management :, 2(3), 2611–2619.

Pranata, I. W. D. R., & Pramudana, K. A. S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) Dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo Dengan Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5230.

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Ariyani, H., Widiawati, A., & Asbara, N. W. (2023). PENGARUH BRAND AWARENESS DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS NOBEL INDONESIA . Jurnal Manuver : Akuntansi Dan Manajemen, 1(3), 304–313. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/manuver/article/view/4222