PENGARUH LITERASI KEUANGAN, DIGITAL PAYMENT, DAN LIFESTYLE TERHADAP PERILAKU KOMSUTIF MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.37476/massaro.v6i2.4777Keywords:
Financial Literacy, Fintech Digital Payment, Lifestyle, Consumer BehaviorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan, fintech digital payment dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Kota Makassar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai sumber pengumpulan data. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Jurusan Manajemen di Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar, Institut Bisnis dan Keuangan NITRO Makassar dan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia YAPMI Makassar yang berjumlah 96 Mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial 1) Literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Kota Makassar. 2) Fintech digital payment berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Kota Makassar. 3) Gaya hidup berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Kota Makassar. 4) Secara simultan literasi keuangan, fintech digital payment dan gaya hidup berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Kota Makassar
References
Aprinthasari, M. N., & Widiyanto, W. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.15294/baej.v1i1.38925
Asisi, I., & Purwantoro. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 107–118
Astuti, W., Kurnia., 2022. Analisis Pengaruh Kemudahan, Manfaat dan Fitur layanan Fintech Payment terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus pada Mahasiswa Surakarta). Universitas Islam Negeri Raden Mas Said. Surakarta.
Center, K. I. (2021). Perilaku Keuangan Generasi Z dan Y. PT Katadata Indonesia, September, 1–50. https://cdn1.katadata.co.id/media/microsites/zigi/perilakukeuangan/file/KIC- ZIGI_ Survei Perilaku Keuangan 130122.pdf
Fungky, T., Sari, T. P., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Serta Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z pada Masa Pandemi (Studi Kasus Mahasiswa/I Manajemen Bisnis Syariah, Uin Raden Intan Lampung Angkatan 2019). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 82–98.
Gustika, G. S., & Yaspita, H. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa STIE Indragiri Rengat. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 6(1), 261. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i1.252
Haerunnisa, J., & Nuryani, H. (2024). Pengaruh Fintech payment, Inklusi Keuangan, dan Life Style terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online (studi kasus mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas teknologi sumbawa). USC Student Conference, 2(1), 207–215.
Hamdani, M. (2018). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Keuangan Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Terbuka. Versi Cetak), 1(1), 139–145. www.cnnindonesia.com
HC, R. K., & Gusaptono, R. H. (2021). Pengenalan Literasi Keuangan Untuk Mengembangkan UMKM. http://eprints.upnyk.ac.id/26922/%0Ahttp://eprints.upnyk.ac.id/26922/1/BUKU ber-ISBN 2. Literasi Keuangan.pdf
Ihsanudin, A. (2021). Dampak Gaya Hidup Hedonisme dan Kecerdasan Spiritual terhadap Manajemen Keuangan Pribadi. 1152–1155.
Kim, W., Lim, H., & Brymer, R. (2015). The effectiveness of managing social media on hotel performance. International Journal of Hospitality Management, 44, 165–171. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2014.10.014
Kotler, P. and Keller, Kevin L. 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Lestari, D. S., Mutmainah, K., & Romandhon. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Pengendalian Diri,Gaya Hidup, Dan Budaya Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 4, 119–128.
Munawar, A. H., Subrata, A., & Nugraha, C. (2023). Kontribusi financial technology (fintech) payment terhadap perilaku manajemen keuangan pada masa pandemi covid-19 di Kota Banjar. Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Manajemen, 19(3), 798–807.
OECD. (2018). OECD/INFE Toolkit for Measuring Financial Literacy and Financial Inclusion. Oecd, March, 1–47. https://www.oecd.org/financial/education/2018-INFE-FinLit-Measurement-Toolkit.pdf
Oktaviani, M., Oktaria, M., Alexandro, R., Eriawaty, E., & Rahman, R. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 9(2), 136–145. https://doi.org/10.23887/jiis.v9i2.68587
Prihatini, D., & Irianto, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Ecogen, 4(1), 24. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i1.11035
Putra, I. G. L. P., & Sinarwati, N. K. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 717–726. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.71877
Ray, M. J. K., Mashudi, & Herkulana. (2022). Pengaruh Penggunaan Fintech Mobile Payment Danaplikasi Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(9), 1331–1339. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i9.57907
Saksonova, S., & Kuzmina-Merlino, I. (2017). Fintech as financial innovation - The possibilities and problems of implementation. European Research Studies Journal, 20(3), 961–973. https://doi.org/10.35808/ersj/757
Wibowo, A. F., & Riyadi, E. S. H. (2017). PENGARUH GAYA HIDUP, PRESTISE DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi Pada Konsumen Taiwan Tea House Semarang ). 97 113. ISBN: 978-602-361-067-9
Yahya, A. (2021). Determinan Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 37. https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.506
Yudasella, I. F., & Krisnawati, A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Bandung. Jurnal Mitra Manajemen, 3(6), 674–687. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i6.245
Yuniarti, Vina Sri. 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. CV Pustaka Setia: Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.