PENGARUH LITERASI KEUANGAN, DIGITAL PAYMENT, DAN LIFESTYLE TERHADAP PERILAKU KOMSUTIF MAHASISWA

Authors

  • Mursalim Master of Management Study Program, ITB Nobel Indonesia Makassar
  • Andi Ririn Oktaviani Master of Management and Entrepreneurship Study Program, ITB Nobel Indonesia Makassar
  • Abdullah Master of Public Financial Management Study Program, ITB Nobel Indonesia Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37476/massaro.v6i2.4777

Keywords:

Financial Literacy, Fintech Digital Payment, Lifestyle, Consumer Behavior

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan, fintech digital payment dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Kota Makassar.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai sumber pengumpulan data. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Jurusan Manajemen di Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar, Institut Bisnis dan Keuangan NITRO Makassar dan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia YAPMI Makassar yang berjumlah 96 Mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial 1) Literasi keuangan  berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Kota Makassar. 2) Fintech digital payment berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Kota Makassar. 3) Gaya hidup berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Kota Makassar. 4) Secara simultan literasi keuangan, fintech digital payment dan gaya hidup berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Kota Makassar

References

Aprinthasari, M. N., & Widiyanto, W. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.15294/baej.v1i1.38925

Asisi, I., & Purwantoro. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 107–118

Astuti, W., Kurnia., 2022. Analisis Pengaruh Kemudahan, Manfaat dan Fitur layanan Fintech Payment terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus pada Mahasiswa Surakarta). Universitas Islam Negeri Raden Mas Said. Surakarta.

Center, K. I. (2021). Perilaku Keuangan Generasi Z dan Y. PT Katadata Indonesia, September, 1–50. https://cdn1.katadata.co.id/media/microsites/zigi/perilakukeuangan/file/KIC- ZIGI_ Survei Perilaku Keuangan 130122.pdf

Fungky, T., Sari, T. P., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Serta Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z pada Masa Pandemi (Studi Kasus Mahasiswa/I Manajemen Bisnis Syariah, Uin Raden Intan Lampung Angkatan 2019). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 82–98.

Gustika, G. S., & Yaspita, H. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa STIE Indragiri Rengat. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 6(1), 261. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i1.252

Haerunnisa, J., & Nuryani, H. (2024). Pengaruh Fintech payment, Inklusi Keuangan, dan Life Style terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online (studi kasus mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas teknologi sumbawa). USC Student Conference, 2(1), 207–215.

Hamdani, M. (2018). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Keuangan Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Terbuka. Versi Cetak), 1(1), 139–145. www.cnnindonesia.com

HC, R. K., & Gusaptono, R. H. (2021). Pengenalan Literasi Keuangan Untuk Mengembangkan UMKM. http://eprints.upnyk.ac.id/26922/%0Ahttp://eprints.upnyk.ac.id/26922/1/BUKU ber-ISBN 2. Literasi Keuangan.pdf

Ihsanudin, A. (2021). Dampak Gaya Hidup Hedonisme dan Kecerdasan Spiritual terhadap Manajemen Keuangan Pribadi. 1152–1155.

Kim, W., Lim, H., & Brymer, R. (2015). The effectiveness of managing social media on hotel performance. International Journal of Hospitality Management, 44, 165–171. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2014.10.014

Kotler, P. and Keller, Kevin L. 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Lestari, D. S., Mutmainah, K., & Romandhon. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Pengendalian Diri,Gaya Hidup, Dan Budaya Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 4, 119–128.

Munawar, A. H., Subrata, A., & Nugraha, C. (2023). Kontribusi financial technology (fintech) payment terhadap perilaku manajemen keuangan pada masa pandemi covid-19 di Kota Banjar. Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Manajemen, 19(3), 798–807.

OECD. (2018). OECD/INFE Toolkit for Measuring Financial Literacy and Financial Inclusion. Oecd, March, 1–47. https://www.oecd.org/financial/education/2018-INFE-FinLit-Measurement-Toolkit.pdf

Oktaviani, M., Oktaria, M., Alexandro, R., Eriawaty, E., & Rahman, R. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 9(2), 136–145. https://doi.org/10.23887/jiis.v9i2.68587

Prihatini, D., & Irianto, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Ecogen, 4(1), 24. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i1.11035

Putra, I. G. L. P., & Sinarwati, N. K. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 717–726. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.71877

Ray, M. J. K., Mashudi, & Herkulana. (2022). Pengaruh Penggunaan Fintech Mobile Payment Danaplikasi Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(9), 1331–1339. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i9.57907

Saksonova, S., & Kuzmina-Merlino, I. (2017). Fintech as financial innovation - The possibilities and problems of implementation. European Research Studies Journal, 20(3), 961–973. https://doi.org/10.35808/ersj/757

Wibowo, A. F., & Riyadi, E. S. H. (2017). PENGARUH GAYA HIDUP, PRESTISE DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi Pada Konsumen Taiwan Tea House Semarang ). 97 113. ISBN: 978-602-361-067-9

Yahya, A. (2021). Determinan Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 37. https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.506

Yudasella, I. F., & Krisnawati, A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Bandung. Jurnal Mitra Manajemen, 3(6), 674–687. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i6.245

Yuniarti, Vina Sri. 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. CV Pustaka Setia: Bandung

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Mursalim, Oktaviani, A. R., & Abdullah. (2024). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, DIGITAL PAYMENT, DAN LIFESTYLE TERHADAP PERILAKU KOMSUTIF MAHASISWA. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 6(2), 76–90. https://doi.org/10.37476/massaro.v6i2.4777