PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI PADA SOCIAL MEDIA TIKTOK DENGAN HEDONISME SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Firman Isra Dinnur Program Studi Manajemen, Universitas Kutai Kartanegara
  • Heru Suprapto Program Studi Manajemen, Universitas Kutai Kartanegara
  • Sabran Program Studi Manajemen, Universitas Kutai Kartanegara
  • Nilam Anggar Sari Kutai Kartanegara University
  • Pinto Rukmi Handayani Program Studi Manajemen, Universitas Kutai Kartanegara
  • Kartina Eka Ningsih Program Studi Manajemen, Universitas Kutai Kartanegara
  • Johansyah Program Studi Manajemen, Universitas Kutai Kartanegara

DOI:

https://doi.org/10.37476/massaro.v7i1.5071

Keywords:

Minat Beli, Kredibilitas Influencer, Kepercayaan, Daya Tarik, Hedonisme

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kredibilitas Influencer yang mencakup keahlian, daya tarik dan kepercayaan terhadap minat beli dengan hedonisme sebagai variabel moderasi. Responden dalam studi ini adalah sebanyak 226 sampel yang berstatus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara sebanyak yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Alat analisis data yang digunakan adalah metode SEM dengan bantuan perangkat lunak Smart PLS versi 4. Hasil penelitian mengidentifikasi bahwa aspek kepercayaan dan keahlian Influencer tidak mempengaruhi minat beli. Sementara itu, daya tarik Influencer serta faktor hedonisme memiliki dampak signifikan terhadap minat beli. Namun, hedonisme tidak berfungsi sebagai variabel moderasi dalam hubungan antara kepercayaan, keahlian, dan daya tarik dengan minat beli.

References

Anjelita, K. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Niat Untuk Menggunakan Dan Penggunaan Aktual Teknologi Pembayaran Digital Qris (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara).

Arnold, M. J., & Reynolds, K. E. (2003). Hedonic shopping motivations. Journal of Retailing, 79(2), 77–95. https://doi.org/10.1016/S0022-4359(03)00007-1

Asmara, A., & Elfiandri. (2021). Pengaruh Influencer Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Uin Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi (JRMDK), 3(6), 342–360.

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2020). Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Islami terhadap Minat Beli Produk Punkpink’s Secara Online. Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Minat Beli Produk Punkpink’s Secara Online, 3, 11–30.

Erdogan, B. Z. (1999). Celebrity Endorsement: A Literature Review. Journal of Marketing Management, 15(4), 291–314. https://doi.org/10.1362/026725799784870379

Ha, N. M., & Lam, N. H. (2016). The Effects of Celebrity Endorsement on Customer’s Attitude toward Brand and Purchase Intention. International Journal of Economics and Finance, 9(1), 64. https://doi.org/10.5539/ijef.v9n1p64

Hastiana, A. T., & Astuti, R. D. (2023). Analysis of the influence of influencer marketing credibility on purchase intention in indonesian local brand skincare industry. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(1), 399–409.

Istianandar, F. R., & Oleo, U. H. (2023). Peran Kredibilitas Influencer Lokal Di Instagram Terhadap Persepsi Kualitas Dan Minat Beli Konsumen Milenial. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 9(1), 91–106. https://doi.org/10.34203/jimfe.v9i1.6205

Karouw, D. E. Z., & Worang, F. G. (2019). Millennial Trust Through Endorser Credibility On Local Influencer Endorsement On Instagram. Pandowo… 3818 Jurnal EMBA, 7(3), 3818–3827.

Koay, K. Y., Cheung, M. L., Soh, P. C. H., & Teoh, C. W. (2022). Social media influencer marketing: the moderating role of materialism. European Business Review, 34(2), 224–243. https://doi.org/10.1108/EBR-02-2021-0032

Lim, X. J., Mohd Radzol, A. R. bt, Cheah, J.-H. (Jacky), & Wong, M. W. (2017). The Impact of Social Media Influencers on Purchase Intention and the Mediation Effect of Customer Attitude. Asian Journal of Business Research, 7(2). https://doi.org/10.14707/ajbr.170035

Lou, C., & Yuan, S. (2019). Influencer Marketing: How Message Value and Credibility Affect Consumer Trust of Branded Content on Social Media. Journal of Interactive Advertising, 19(1), 58–73. https://doi.org/10.1080/15252019.2018.1533501

Marivan, S., Masnita, Y., Trisakti Jl Letjen Parman, U. S., Jakarta Barat, K., & Khusus Ibukota Jakarta, D. (2022). Kredibilitas Social Media Influencer Marketing terhadap Minat Beli: Hedonisme Sebagai Moderasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 23(2), 130–145. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis

Najib, S. F. D., Daud, I., & Rosa, A. (2019). Pengaruh Trustworthiness, Expertise Dan Attractiveness Celebrity Endorser Di Instagram Terhadap Purchase Intention …. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 14(1), 13–30. https://core.ac.uk/download/pdf/267823696.pdf

Ohanian, R. (1990). Construction and validation of a scale to measure celebrity endorsers’ perceived expertise, trustworthiness, and attractiveness. Journal of Advertising, 19(3), 39–52. https://doi.org/10.1080/00913367.1990.10673191

Panesto, R., Widjaja, B. T., & Wahyoedi, S. (2024). Pengaruh Trustworthiness dan Physical Attractiveness Influencer terhadap Purchase Intention Produk Kuliner di JABODETABEK dengan Mediasi Brand Image The Influence of Influencer’s Trustworthiness dan Physical Attractiveness on Purchase Intention of Culinar. Business Management Journal. https://doi.org/10.30813/bmj.v20i2.55

Rebelo, M. (2017). How influencers’credibility on Instagram is perceived by consumers and its impact on purchase intention, Masters’ Thesis. May, 1–92. https://repositorio.ucp.pt/bitstream/10400.14/23360/1/TESE_FINAL PDFA.pdf

Safri, D. N., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Compatibilty Lifestyle Milenial Dan Peran Endorser Influencer Terhadap Minat Beli Pada Pengguna “Tiktok” Shop. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(2), 10. https://doi.org/10.30587/jre.v5i2.4281

Sakinah, N., & Rachmawati, I. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Purchase Intention pada Smartphone Samsung di Indonesia. Jurnal Sains Manajemen, 6(2), 137–148. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/SM/article/view/2353

Sari, A. N., Riza, F., & Deni Pa, I. F. (2022). Representasi Gaya Hidup Hedonisme Akun Instagram @Rachelvennya Terhadap Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Communication & Social Media, 2(1), 32–42. https://doi.org/10.57251/csm.v2i1.495

Siti, O., Salsabila, S., & Hapsari, T. P. (2023). Analisis Pengaruh Aplikasi Tiktok Sebagai Media Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen. Bisnis Dan Akuntansi, 2(5), 765–776. http://bajangjournal.com/index.php/JEMBA

Sugiharto, S. A., & Ramadhana, M. R. (2018). Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Sikap Pada Merek. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8(2). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i2.1333

Suprapto, H. (2020). Pengantar Riset Ekonomi Dan Bisnis Dilengkapi Penggunaan Aplikasi Microsoft Excel dan IBM SPSS (Vol. 1, Issue August). https://www.academia.edu/43886214/Pengantar_Riset_Ekonomi_Dan_Bisnis_Dilengkapi_Penggunaan_Aplikasi_Microsoft_Excel_dan_IBM_SPSS

Zayyan, S., & Saino. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Promosi Dan Trend Glow Up Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan. Jurnal Manajemen, Vol 13(No 2), 282–291.

Downloads

Published

2025-02-19

How to Cite

Dinnur, F. I., Suprapto, H., Sabran, Anggar Sari, N., Handayani, P. R., Ningsih, K. E., & Johansyah. (2025). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI PADA SOCIAL MEDIA TIKTOK DENGAN HEDONISME SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 7(1), 43–56. https://doi.org/10.37476/massaro.v7i1.5071