PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI DAN FASILITAS KERJA KANTOR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MELALUI KINERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN KAROSSA KABUPATEN MAMUJU TENGAH

Authors

  • Asniwati Asniwati STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Syafruddin Kitta STIE Nobel Indonesia Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37476/massaro.v1i2.762

Keywords:

Competence, Work Facilities, Service Quality, Employee Performance, Kompetensi, Fasilitas Kerja, Kualitas Pelayanan, Kinerja Pegawai

Abstract

This study aims to analyze and determine the effect of Employee Competence and Office Work Facilities on Service Quality through Employee Performance in Karossa District Office, Central Mamuju Regency, while the research analysis used is Path analysis used to analyze the pattern of relationships between variables with the aim to find out the direct influence or indirectly a set of independent variables (exogenous) to the dependent variable (endogenous). Path analysis is used to determine the effect of employee competence (X1) and office work facilities (X2) on employee performance (Y1) and service quality (Y2), thus the results of this study are Competence has a positive and significant effect on performance received, Work Facilities has a positive and significant to the Performance rejected, Performance has a positive and significant effect on the Quality of Work received, Competence has a positive and significant effect on the Quality of Work rejected, the Work Facility has a positive and significant effect on the Quality of Work received, Competence and Work Facilities have a positive and significant effect on the Quality of Work through the received Performance.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Fasilitas Kerja Kantor Terhadap Kualitas Pelayanan Melalui Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah, adapun analisi penelitian yang digunakan adalah Analisis jalur atau path analysis digunakan untukmenganalisis pola hubungan antar variabel dengan tujuan untuk mengetahuipengaruh langsung maupun tidak langsung seperangkat variabel bebas (eksogen)terhadap variabel terikat (endogen). Analisa jalur digunakan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pegawai (X1) dan fasilitas kerja kantor (X2) terhadapkinerja pegawai (Y1) dan kualitas pelayanan (Y2), dengan demikian hasil penelitian ini adalah Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja diterima,Fasilitas Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja ditolak, Kinerja  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Kerja diterima, Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Kerja ditolak, Fasilitas Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualita Kerja diterima, Kompetensi dan Fasilitas Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Kerja melalui Kinerja diterima.

Downloads

Published

2019-08-10

How to Cite

Asniwati, A., & Kitta, S. (2019). PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI DAN FASILITAS KERJA KANTOR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MELALUI KINERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN KAROSSA KABUPATEN MAMUJU TENGAH. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 1(2), 133–146. https://doi.org/10.37476/massaro.v1i2.762