Peningkatan Minat Kewirausahaan Berbasis Komunitas Pada Masyarakat Desa Sapolohe Kecamatan Bontobahari Bulukumba

Authors

  • Muhammad Hidayat STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Fitriani Latief STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Nur Hidayah STIE Nobel Indonesia Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37476/ncsj.v1i1.2159

Keywords:

Kewirausahaan, Komunitas usaha, Entrepreneurship, Business Community

Abstract

Tujuan Pengabdian pada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan minat kewirausahaan masyarakat Desa Sapolohe  berbasis pada komunitas yang ada pada masyarakat, komunitas yang disasar dalam pelaksanaan Pengabdian ini adalah komunitas pedagang Komunitas Petani dan Komunitas Nelayan yang berada pada Desa Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Metode yang digunakan adalah seminar, diskusi dan workshop, melalui kegiatan yang dilakukan telah mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berwirausaha dengan menggunakan komunitas  yang ada. Dukungan yang diberikan oleh Kepala desa Sapolohe semakin mendukung semangat masyarakat untuk meningkatkan kewirausaannya dengan cara bergotong royong sesuai komunitas yang ada di Desa tersebut

 

The purpose of this Community Service is to increase the entrepreneurial interest of the people of Sapolohe Village, based on the community, the communities targeted in the implementation of this Service are the merchant community, the Farmer Community and the Fisherman Community located in Sapolohe Village, Bontobahari District, Bulukumba Regency. The methods used are seminars, discussions and workshops. Through the activities carried out, it has been able to increase public awareness in entrepreneurship by using the existing community. The support provided by the Sapolohe village head further supports the spirit of the community to increase their entrepreneurship by working together according to the community in the village

References

Abdul Malik & Sungkowo Edy Mulyono (2017) Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal Melalui Pemberdayaan Masyarakat. Journal Of Nonformal Education and Comunnity Empowerment.

Asriandah (2020). Strategi Pengembangan Usaha Konveksi Berbasis Komunitas (Studi kasus Bordir dan Konveksi Medan Denai). Jurnal Bisnis Corporate Vol 5 no 2

Didip Diandra (2019) Program Pengembangan Kewirausahaan Untuk Menciptakan Pelaku Usaha Sosial Yang Kompetitif 10th Industrial Research Workshop and National Seminar

Imam Mutakin & Taufik Ridwan. (2020) Strategi Pengembangan Usaha Berbasis Komunitas (Studi Kasus Konveksi Jack Taylordi Desa Liperna) Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol 1 No 1 Juli 2020

Tiara Ramadhani (2020) Pemeberdayaan Masyarakat Berbasis Komunitas Melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Kelompok Pembina Kritcu BaBe di Desa Batu Belubang. Resiprokal Vol 2 no 2 Desember 2020

Waluyo Handoko (2013). Strategi Penembangan Masyarakat (Community Development) Melalui Program Pengembanagn Koperasi dan UMKM Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan Vol 1 No 2 Januari 2013

Riane Johnly Pio & Johny Montolalu (2017) Studi Tentang Wirausaha Baru Berbasis Partisipasi Masyarakat Di Sulawesi Utara. Program Studi Administrasi Bisnis Fisip Unsrat

Downloads

Published

2021-10-05

How to Cite

Hidayat, M., Latief, F., & Hidayah, N. (2021). Peningkatan Minat Kewirausahaan Berbasis Komunitas Pada Masyarakat Desa Sapolohe Kecamatan Bontobahari Bulukumba. Nobel Community Services Journal, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.37476/ncsj.v1i1.2159