PENDAMPINGAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS TEKNOLOGI (TECHNOPRENURSHIP) SISWA SMAN 1 SIDRAP
Keywords:
Entrepreneurship, Ekonomi Digital, Teknologi, TechnopreneurAbstract
Kemajuan serta perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan banyak kemudahan dalam berbagai lini kehidupan bermasyarakat, khususnya di bidang teknologi digital. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada era ini sudah menjadi bagian di kehidupan kita sehari-hari. Oleh Karena itu, diperlukan adanya analisis kekuatan dari entrepreneurship dalam ekonomi digital guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan cara menumbuhkan minat siswa dalam hal entrepreneurship khususnya di era digitalisasi melalui technopreneurship yang menjadi alternatif solusi untuk membantu pemerintah dalam usaha mencerdaskan anak bangsa dalam memberikan gambaran dalam berwirausaha (entrepreneur) dengan menggunakan inovasi berbasis teknologi digital yang dijadikan sebagai alat berwirausaha, misalnya memperkenalkan beberapa bisnis aplikasi online seperti YouTube, Google Business, maupun Facebook/Instagram tentang bagaimana cara memasarkan produk di media sosial.
References
Agunawan. (2020). Pembelajaran Vokasi di Perguruan Tinggi—Tinjauan Filsafat dan Rekonstruksi Teori (1st ed., Vol. 1). Nobel Press Makassar.
Agunawan, A., Hazanah, N., & Ahmad, F. (2020). Pengembangan Platform “Nobel Gadde2 Na” Sebagai Perwujudan Academic Entrepreneurship Pada Inkubator Bisnis STIE Nobel Indonesia. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.35585/inspir.v10i2.2599
Agunawan, A., & Paula, E. W. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar dengan Penerapan Model Pengajaran Kolaborasi Pada Mahasiswa Semester 2 Prodi Sistem dan Teknologi Informasi Tahun 2022/2023. ITB Nobel Indonesia. https://repository.nobel.ac.id/id/eprint/824/
Agunawan, La Ode Amijaya Kamaluddin, & Mashur, R. (2021). Membangun Bisnis Digital Berbasis Komunitas Dari Secangkir Kopi—Penerapan Customer Relationship Management (1st ed.). Nobel Press Makassar. http://repo.handayani.ac.id/51/1/Bisnis%20Digital-merged.pdf
Ahmad, A., Alshurideh, M. T., Al Kurdi, B. H., & Salloum, S. A. (2021). Factors Impacts Organization Digital Transformation and Organization Decision Making During Covid19 Pandemic. In M. T. Alshurideh, A. E. Hassanien, & R. Masa’deh (Eds.), The Effect of Coronavirus Disease (COVID-19) on Business Intelligence (pp. 95–106). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-67151-8_6
Ardiansyah, M., Latifah, N., & Widayani, A. (2019). Peranan Inkubator Bisnis dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar. VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.38038/vocatech.v1i0.11
Crow, M. M., Whitman, K., & Anderson, D. M. (2020). Rethinking Academic Entrepreneurship: University Governance and the Emergence of the Academic Enterprise. Public Administration Review, 80(3), Article 3. https://doi.org/10.1111/puar.13069
Hidayat, M., & Yunus, U. (2019). The Entrepreneurship Learning In Industrial 4.0 Era (Case Study In Indonesian College). Journal of Entrepreneurship Education, 22.
Kamaluddin, L. A., Agunawan, A., & Razak, M. (2021). Pengembangan Platform Bisnis Digital Terintegrasi Berbasis Komunitas Sebagai Perwujudan Costumer Relationship Management. YUME : Journal of Management, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.854