STRATEGI PENGELOLAAN BISNIS YANG EFEKTIF BAGI UMKM DI KELURAHAN BAJENG KECAMATAN PATTALASSANG KABUPATEN TAKALAR
Keywords:
UMKM, Bisnis, ManajemenAbstract
Optimisme bagi UMKM untuk bertumbuh menjadi lebih besar, saat ini masih terkendala banyak hal, antara lain: a) Kualitas sumber daya manusia UMKM yang masih rendah serta minimnya pengetahuan dan kompetensi kewirausahaan mengakibatkan rendahnya produktivitas usaha dan tenaga kerja.; b) Banyak UMKM yang belum memiliki badan hukum yang jelas., c) Kurangnya inovasi produk.; d) Distribusi dan pemasaran yang kurang tepat, padahal jika teknik pemasaran yang tepat, peluang usaha UMKM ada berkembang semakin besar. Karena itulah, dilakukan kegiatan kolaborasi antara perguruan tinggi, pemerintah daerah dan pelaku UMKM di Kelurahan Bajeng, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Takalar dalam bentuk pelatihan pengelolaan UMKM yang efektif. Adapun titik fokus kegiatan adalah berkaitan dengan 1) Perbaikan tata kelola bisnis UMKM di kelurahan Bajeng, terutama pada aspek tata kelola keuangan masih perlu ditingkatkan. Para pelaku UMKM masih kesulitan membuat perencanaan dan laporan keuangan yang baik; 2) Peningkatan pemahaman Para pelaku UMKM tentang pentingnya manajemen yang baik masih harus dilakukan secara berkesinambungan
References
Asbara, N. W., Nurrachma, N., Hidayat, M., Nurhaeda, Z., Izzanurdin, N., Viana, A., & Al Ailmunur, R. (2023). Strategi Pengembangan BUMDesa yang Berdaya Saing di Era Digitalisasi Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(2), 121-130.
Zafirah, Defa Tsamara; dan Tandos, Rosita, (2021); Strategi Bisnis Online Para Pelaku UMKM Industri Makanan Selama Masa Pandemi COVID-19 di Jalan Jatayu , Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dakwah, 25 (1), , 174-193
Mandasari, Dewi Jayanti; Widodo ,Joko; Djaja, Sutrisno, (2019); Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso, Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial Volume 13 Nomor 1
Arham, Muhammad Amir; Mattoasi; Monoarfa, Rio; Husain ,Siti Pratiwi; Lukum, Amir; (2020) Strategi Pengelolaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Era Pandemi Corona Virus Disease
(Covid -19), Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat) https://doi.org/10.37905/sibermas.v9i2.7923
Sholicha, Nikmatus; dan Oktafia, Renny; (2021); Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan Umkm Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie,
Nirwana, Devi Chandra; Muhammadiah; dan Hasanuddin, Muhajirah; (2017); Peran Pemerintah Dalam Pembinaan Usaha Kecil Menengah Di Kabupaten Enrekang; Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, Volume 3 Nomor 1
Islami, Nungky Wanodyatama; Supanto, Fajar; Soeroyo, Arisanto; (2021); Peran Pemerintah Daerah Dalam Mengembangkan Umkm Yang Terdampak Covid-19, Karta Raharja 2(1); Hal 45-57, http://ejurnal.malangkab.go.id/index.php/kr
Hidayat, M., Latief, F., & Asbara, N. W. (2021). Revitalisasi BUMDesa Melalui Pengelolaan Potensi Lokal untuk Mewujudkan BUMDesa Yang Sehat dan Mandiri.
Salam, Monica Dwipi; dan Prathama, Ananta; (2022); Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Umkm The Role Of Local Governments In The Development Of Umkm, Jurnal Kebijakan Publik, Vol.13, No.2, , https://jkp.ejournal.unri.ac.id