PENDAMPINGAN BRANDING UMKM MELALUI PENGEMASAN DAN STRATEGI PROMOSI PRODUK DI KABUPATEN JENEPONTO
Keywords:
Branding, Strategi Promosi, E-commerce, UMKMAbstract
Pemberdayaan UMKM menjadi sangat strategis karena potensinya yang besar dalam menggerakkan kegiatan ekonomi sekaligus menjadi tumpuan sumber pendapatan dalam meningkatkan kesejahteraan sebagian besar masyarakat. Dengan strategi pemasaran online, seseorang menjadi lebih mudah menemukan produk-produk UMKM. Strategi promosi online juga bisa meningkatkan branding produk dan UMKM menjadi lebih terkesan profesional. Masalah yang dihadapi UMKM di Kelurahan Monro-Monro Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto adalah strategi pemasaran melalui online atau e-commerce, serta bagaimana membuat label pada produk serta kemasan yang menarik bagi konsumen. Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk membantu para pelaku UMKM melalui tiga kegiatan yaitu identifikasi masalah, melaksanakan pelatihan dan pendampingan, serta pelaksanaan evaluasi dan monitoring. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu pelaku UMKM di desa Monro-Monro mendapatkan pemahaman mengenai branding serta pemanfaatan strategi promosi menggunakan e-commerce.
References
Anatan, L., Kristen, U., & Bandung, M. (n.d.). Sosialisasi Strategi Bersaing Era Revolusi Industri 4.0 Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Bandung. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 2020). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm
Baroroh Maarif, I., Bahtiar, Y., & Dwi Aprilia, E. (2020). Pendampingan Kewirausahaan Home Industry Ibu-Ibu PKK Desa Mojokambang Kabupaten Jombang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23-27.
Daniel Iman Kristiawan, 2015. Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Kesadaran Konsumen Pada Produk Internasional (Studi pada Pengguna Produk Uniqlo di Indonesia). Jurnal Administrasi Publik Volume 24 No. 1. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/938.
Latief, F., Hidayat, M., Firman, A., Z, N., & Dwinanda, G. (2023). Peningkatan Kapasitas Umkm Dengan Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Yang Kreatif Dan Inovatif Di Kabupaten Luwu. Nobel Community Services Journal, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.37476/ncsj.v3i1.4198
Latief, F., Dwinanda, G., Bater, L., & Nur, F. K. (2022). Penerapan E-Business Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Maros. JICS: Journal Of International Community Service, 1(02 November), 33-38.
Latief, F., Rahman, K. G., & Dirwan, D. (2022). Peningkatan UMKM Bidang Pemasaran Dan Keuangan Menyongsong Indonesia Emas 2045. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5).
Ilham, B. ulum. (2023). Pendampingan Kurasi Produk pada UMKM Gaddeta di Kota Makassar. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(1), 30–34. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i1.370
Kuncoro, Mudrajad, 2008. Tujuh Tantangan UKM di Tengah Krisis Global. Harian
Bisnis Indonesia 21 Oktober 2008. [Online] http://www.mudrajad.com/upload/Tujuh%20Tantangan%20UKM%20di%20Tengah%20Krisis%20Global.pdf Diakses tanggal 30Juli2023.
Nikmah, O.F. 2017. Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 47 – 56. Prabowo, W. A. 2018. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizationa
Schultz, D.E & Barnes, B. E., Strategic Brand Communication Campaigns, (Illionis: NTC Bussiness Books, 1999) hal. 54.