PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SMA NEGERI 1 MAMUJU PROPINSI SULAWESI BARAT

https://doi.org/10.37476/ncsj.v3i1.4243

Penulis

  • Asri Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Mariah Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Azlan Azhari Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Yuswari Nur Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Abd Khalik Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Maryanti Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Irma Trisnawati Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

kurikulum, Pendidikan, Pemerintah

Abstrak

Pemulihan pembelajaran tahun 2022 s.d. 2024, Kemendikburistek mengeluarkan kebijakan bahwa sekolah yang belum siap untuk menggunakan kurikulum merdeka masih dapat menggunakan Kurikulum 2013 sebagai dasar pengelolaan pembelajaran, begitu juga Kurikulum Darurat yang merupakan modifikasi dari kurikulum 2013 masih dapat digunakan oleh satuan Pendidikan tersebut. Pelaksanaan kegiatan ini mendapat apresiasi dan respon yang baik dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat dan Kepala Sekolah, Guru dan Siswa yang ada di SMA Negeri 1 Mamuju. Hasil dari kegiatan pengabdian ialah ikut berkontribusi dalam membantu pemerintah, memberikan pemahaman bagi para guru dan siswa, fleksibilitas bagi guru dan publikasi jurnal.

Referensi

Agunggunanto, E. Y., Arianti, F., Kushartono, E. W., & Darwanto, D. (2016). PENGEMBANGAN DESA MANDIRI MELALUI PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes). Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.34001/jdeb.v13i1.395

Asbara, N. W., Nurrachma, N., Hidayat, M., Z, N., Izzanurdin, N., Viana, A., & Ailmunur, R. A. (2023). Strategi Pengembangan BUMDesa yang Berdaya Saing di Era Digitalisasi Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.35970/madani.v5i2.1890

Asmara, C., & Ermansyah. (2014). Urgensi UU No 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah dalam Rangka Mewujudkan Otonomi Desa: (Studi Kasus di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar). Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 13(21), Article 21. https://doi.org/10.35967/jipn.v13i1.3216

Pujiana, T., Arianti, D., & Mutolib, A. (2019). PERSEPSI STAKEHOLDER TERHADAP PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI SUNGAI LANGKA, KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN. Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.25157/ma.v5i2.1905

Ridwansyah, M., Hastuti, D., Heriberta, H., Syaparuddin, S., & Emilia, E. (2021). Penguatan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dengan Memaksimalkan Pemanfaatan Berbagai Fasilitas Digital. Studium: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.53867/jpm.v1i2.30

Saputra, K. A. K., Anggiriawan, P. B., Trisnadewi, A. A. A. E., Kawisana, P. G. W. P., & Ekajayanti, L. G. P. S. (2019). Pengelolaan Pendapatan Asli Desa Sebagai Landasan Pembangunan Ekonomi Pedesaan. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i1.16688

Satrya, D. G., Kaihatu, T. S., & Pranata, L. (2019). Upaya Pembinaan Masyrakat dalam Rangka Pengembangan Desa Ekowisata di Dusun Mendiro, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/2024

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Asri, Mariah, Azhari, A., Nur, Y., Khalik, A., Maryanti, & Trisnawati, I. (2023). PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SMA NEGERI 1 MAMUJU PROPINSI SULAWESI BARAT. Nobel Community Services Journal, 3(1), 34–39. https://doi.org/10.37476/ncsj.v3i1.4243