Peningkatan Potensi Desa Kenje Dengan Pelatihan Branding Produk Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar

https://doi.org/10.37476/ncsj.v4i2.5018

Penulis

Kata Kunci:

BUMDES, Kemasan Praktis, Branding, Pemasaran, Digitalisasi

Abstrak

Keuntungan menjual produk di Internet adalah jaringannya yang tidak terbatas. Menggunakan TI dalam pemasaran juga dapat mengurangi biaya periklanan hingga 71 persen, yang merupakan biaya besar bagi pemasar. BUMDES Kenje Bersinar bernama Industri Rumah Tangga mem produksi Minyak Mandar milik Desa Kenje, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Minyak mandar adalah produk paling terkenal yang dijual di wilayah Campalagian. Namun, kemasan yang menarik dan pengurusan merek yang terdaftar. Sehingga mengurangi nilai produk yang dihasil oleh Masyarakt di Desa Kenje. Setelah permasalahan UMKM diketahui oleh Tim Pengabdian dari Universitas Sulawesi Barat ingin menyalurkan idenya berupa pengabdian masyarakat di desa Kenje untuk mengatasi dan menanganinya permasalahan tersebut, yaitu melalui pengembangan teknologi kemasan yang menarik dengan harapan Produk yang berasal dari Desa Kenje untuk menghadapi persaingan digital. Branding investasi jangka panjang yang sangat penting bagi keberhasilan BUMDes. Dengan branding yang tepat, produk BUMDes dapat meningkatkan pendapatan dan memberikan manfaat lebih luas kepada masyarakat Desa Kenje. Konsumen akan lebih mudah menemukan dan memilih produk BUMDes. Pelanggan akan lebih setia pada merek yang mereka kenal dan percaya. Produk yang dibranding dengan baik dianggap lebih bernilai.

Referensi

Admin. (2018). UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) - Pengertian, Karakteristik dan Jenis. https://www.kajianpustaka.com/2021/12/umkm-usaha-mikro-kecil-menengah.html

Fausiah, F., Romadhoni, B. R., Syahriati, S., & Patiung, N. (2022). PENGENALAN PEMASARAN DIGITAL DALAM PEMASARAN PRODUK PERTANIAN DI DESA KABBA KABUPATEN PANGKEP. Nobel Community Services Journal, 2(2), 49–53. https://doi.org/10.37476/ncsj.v2i2.2962

Hidayat, A. I., Khaer, A. U., Firman, A., & Latief, F. (2023). Optimalisasi Fasilitas Digital Sebagai Penguatan BUMDes Desa Salemba Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Nobel Community Services Journal, 3(1), 29–33. https://doi.org/10.37476/ncsj.v3i1.4191

Kegiatan, M., & Pengolahan, U. (n.d.). KELAS XII Penyusun : 1, 3–5.

Komala, I. S., Laksmi, W., & Pangestuti, D. R. (2017). Cara Produksi Pangan Yang Baik Untuk Industri Rumah Tangga (Cppb-Irt) Perusahaan Tahu Putih “Sl” Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 690–697.

Maloppo, K. U. (2024). Pengembangan brand dan pemasaran online minyak kelapa maloppo 1. 1–4.

Mareta, R., & Sari, F. P. (2019). Pemberdayaan Masyarakat di Kawasan Menoreh Desa Pagerharjo dan Sekitarnya dalam Penggunaan Smartphone Berbasis Android. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, 1(2), 109. https://doi.org/10.22146/jp2m.43476

Rahmi, M., Fatmasari, S. R., & Sitti Arwati. (n.d.). PENGEMBANGAN PRODUK OLAHAN KELAPA SEBAGAI SEKTOR UNGGUL DI DESA BABABULO KABUPATEN MAJENE. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, september 2016, 1–6.

Sanjaya, P. K. A., Hartati, N. P. S., & . (2020). Pemberdayaan pengelola badan usaha milik desa (BUMDes) berdikari melalui implementasi digital marketing system. CARADDE: Jurnal …, December. https://doi.org/10.31960/caradde.v3i2.467

Tambunan Cirprandy Riopaldo. (2023). Kontribusi UMKM dalam Perekonomian Indonesia. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuksikaping/id/data-publikasi/artikel/3134-kontribusi-umkm-dalam-perekonomian-indonesia.html

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Irianti, A., Muzaki, Apriansyah, & Rasjid, N. (2024). Peningkatan Potensi Desa Kenje Dengan Pelatihan Branding Produk Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Nobel Community Services Journal, 4(2), 70–74. https://doi.org/10.37476/ncsj.v4i2.5018