Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Dalam Pemrograman Swift Melalui Seminar Dan Sharing Session Interaktif
Kata Kunci:
Swift Program, Student Competence, Seminar and Sharing SessionAbstrak
Pesatnya perkembangan teknologi informasi menuntut adanya peningkatan kapasistas sumber daya manusia, terutama dalama penguasaan keterampilan pemograman mobile. Swift, sebagai bahasa utama dalam pengembangan aplikasi iOS, menjadi kemampuan yang penting dikuasai oleh mahasiswa di era digital. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkuat pemahaman dan kemampuan mahasiswa terhadap Swift melalui seminar dan sharing session yang bersifat interaktif, melibatkan praktisi dari industry terkait. Metode yang digunakan adalah pendekatan edukatif partisipatif dengan tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, terdapat peningkatan signifikan dalam pemahaman mahasiswa, mayoritas peserta yang sebelumnya berada dalam kategori rendah, berpindah ke kategori baik dan sangat baik. Sebanyak 92% peserta menyatakan kegiatan ini membantu mereka memahami Swift secara aplikatif. Observasi juga menunjukkan peningkatan antusiasme mahasiswa dalam diskusi dan praktik langsung. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan interaktif efektif dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pemograman Swift serta mendukung penguatan capaian pembelajran dan kesiapan karier di bidang teknologi mobile.
Referensi
Apple Inc. (2022). Swift Programming Language (Swift 5.7). Apple Developer. Diakses dari https://developer.apple.com/documentation/swift
Budiman, H., & Sukirman. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif di Era Digital. Yogyakarta: Deepublish.
Gagne, R. M. (2005). The Conditions of Learning and Theory of Instruction. New York: Wadsworth Publishing.
Guide. Retrieved from: https://developer.apple.com/swift/
Hidayat, A. I., & Nurani. (2024). Analisis Sistem Informasi Manajemen Pada Aplikasi Pengelolaan Surat Tugas Menggunakan Pendekatan Tam (Technology Acceptance Model). Nobel Management Review, 5(3), 333–339. https://doi.org/10.37476/nmar.v5i3.5111
Hidayat, A. I., Khaer, A. U., Firman, A., & Latief, F. (2023). Optimalisasi Fasilitas Digital Sebagai Penguatan BUMDes Desa Salemba Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Nobel Community Services Journal, 3(1), 29–33. https://doi.org/10.37476/ncsj.v3i1.4191
Hidayat, D., Nurjanah, E., & Suryana, H. (2021). Project-Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Digital Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(1), 45–53.
Kemendikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Kemendikbudristek. (2020). Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Oktaviani, D., & Hartanto, Y. (2022). “Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Pelatihan Pemrograman Berbasis Swift.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 10(2), 88-95.
Pratama, H. (2021). “Penerapan Metode Blended Learning dalam Pembelajaran Swift Programming.” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 15(1), 40–47.
Wicaksono, R. (2021). Strategi Efektif Belajar Mobile Programming. Bandung: Informatika.