Pelatihan Konfigurasi Modul FTTx Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Fiber Optik di SMK Telkom Bandung
Kata Kunci:
FTTx, Fiber Optik, OTB, Jaringan SekolahAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik di SMK Telkom Bandung dalam memahami dan menerapkan teknologi jaringan berbasis fiber optik, khususnya pada konfigurasi sistem FTTx (Fiber to The X). Modul yang dikembangkan merepresentasikan topologi jaringan optik secara aktual dengan melibatkan perangkat Optical Termination Box (OTB), joint closure, patch panel, media converter, dan access point, yang dihubungkan melalui media transmisi patchcord, duct kabel, dan FO dropcore. Kegiatan dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, instalasi, dan pelatihan teknis kepada siswa. Evaluasi melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan pada seluruh kelompok peserta, dengan rata-rata nilai pre-test berkisar antara 78,9 hingga 84,1, dan meningkat menjadi 85,2 hingga 91,0 pada post-test. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan berbasis praktik yang digunakan dalam pelatihan ini efektif dalam menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik, meningkatkan keterampilan teknis dan kolaboratif, serta relevan untuk diterapkan sebagai model pembelajaran vokasional yang adaptif terhadap kebutuhan industri jaringan dan telekomunikas
Referensi
Agunawan, A., Hidayat, A. I., & Firman, A. (2024). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN METODE KASUS BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(2), 829-842.
Chigona, A., Chigona, W., Kayongo, P., & Kausa, M. (2010). An empirical survey on domestication of ICT in schools in disadvantaged communities in South Africa. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), 6(2), 21–32. Retrieved from https://ijedict.dec.uwi.edu/viewarticle.php?id=894
Furukawa, H., Nakamura, K., & Yoshimoto, T. (2021). Fundamentals of Optical Fiber Communication. Springer.
Hidayat, A. I., Khaer, A. U., Firman, A., & Latief, F. (2023). Optimalisasi Fasilitas Digital Sebagai Penguatan BUMDes Desa Salemba Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Nobel Community Services Journal, 3(1), 29–33. https://doi.org/10.37476/ncsj.v3i1.4191
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An educational psychology success story: Social interdependence theory and cooperative learning. Educational Researcher, 38(5), 365–379. https://doi.org/10.3102/0013189X09339057DOI: 10.3102/0013189X09339057
Kemendikbudristek. (2020). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020–2024. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kolb, D. A. (2015). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development (2nd ed.). Pearson Education.
Kurniawan, R. A. (2021). Evaluasi Sarana Praktik Fiber Optik pada Program Keahlian TKJ di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi dan Teknologi, 3(1), 35–42.
Lee, S., & Shin, H. (2019). A Practical FTTx Training Model for Vocational High Schools. Journal of Optical Communications and Networking, 11(8), 1035–1041.
Prasetyo, Y. A., Wibowo, S., & Hidayat, R. (2021). Implementasi Media Praktik Fiber Optik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(2), 98–106.
Tamim, R., & Grant, M. M. (2013). Effectiveness of technology integration in education: A meta-analysis of professional development and pedagogical practices. Educational Technology Research and Development, 61(3), 395–418. https://doi.org/10.1007/s11423-013-9305-6
Zhang, Y., Wang, X., & Chen, J. (2020). FTTx Architectures and Deployment Strategies: A Survey. IEEE Communications Surveys & Tutorials, 22(4), 2345–2363.
Zhou, X., & Lu, C. (2021). Optical Network Design and Implementation for Educational Purposes. International Journal of Optical Engineering, 59(2), 145–158.