PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMKS KEHUTANAN MAMASA

Penulis

  • Sri Elviranengsih Arruan Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Mukhtar Tahir Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Reynilda Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

organizational culture, work environtment, job satisfaction, teacher performance

Abstrak

This study aims to determine and analyze the influence of Organizational Culture, Work Environment and Job Satisfaction on Teacher Performance at SMKS Kehutanan Mamasa. This research approach is a quantitative approach. The research was conducted at the Mamasa Forestry SMKS and was carried out from May to June 2023. The research population was all employees in the Mamasa Forestry SMKS work area with a sample of 30 teachers. The analysis technique used was multiple linear analysis. The results showed that there was a partial positive and significant influence between Organizational Culture and Job Satisfaction on Teacher Performance, while the work environment had no partial effect on Teacher Performance. While simultaneously there is a positive and significant influence between Organizational Culture, Work Environment and Job Satisfaction on Teacher Performance. Job satisfaction is the most dominant variable affecting teacher performance.

Referensi

Afandi, P., (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia; Teori, Konsep dan Indikator, edisi 1. ed. Zanafa. Pekanbaru.

Agus, Ahyari. (2015). Manajemen Produksi dan Perencanaan Sistem Produksi. Yogyakarta. BPFE Yogyakarta.

Ahmad, Susanto. (2017).Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta. Prenada Median Grup.

Badeni. (2017). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Bandung. Alfabeta.

Barnawi., dan Mohammad, Arifin. (2014). Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. Jogjakarta. AR-RUZZ MEDIA.

Cokroaminoto. (2007). Membangun Kinerja Melalui Motivasi Kerja Guru. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dadang, K. (2013). Manajemen Organisasi. Pustaka Setia. Bandung.

Edy, Sutrisno. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetak ke sebelas. Prananda Media Group. Jakarta.

Effendy, Onong, Uchjana. (2015). Ilmu, Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung. PT. Citra Aditia Bakti.

Fahmi, Irham. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Bandung. CV. Alfabeta.

Firman, A. (2023). Knowledge Management Implementation and Human Resource Development on Employee Performance. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 221-234.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, T. Hani. (2017). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. BPFE UGM.

Imam, Gunawan, S. M. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta. Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu, S.P. (2012). Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ke Tigabelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Manullang, Resi, Adelina. (2017). Pengaruh Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 4 Tanjung Jambung Timur Kota Jambi. Jambi: Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Volume 17 Nomor 3 Tahun 2017.

Meyta, Indraswari. (2011). Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Dalam Mempengaruhi Kinerja Guru pada Kantor Unit PT. Telkom Regional IV Semarang.

Nitisemito, Alex. (2015), Manajemen Sumber Daya Manusia. Pustaka setia. Bandung.

Nuraini, T. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yayasan Aini Syam. Pekanbaru.

Nurdiansyah, Aril. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Pedagogik terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya. Bandung: Skripsi PGSD FKIP UNPAS. Tidak diterbitkan.

Priansa, Donni, Juni. (2018). Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung. Alfabeta.

Rachmawati, Titik., dan Daryanto. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta. Gava Media.

Sedarmayanti. (2014). Sumber Daya Manusia dan Kinerja. Jakarta. Mandar Maju.

Sobirin. (2012). Budaya Organisasi (Pengertian, makna dan aplikasinya dalam kehidupan organisasi). Yogyakarta. UPP,STIM YKPN.

Sopiah., & Sangadji, E. M. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. (D.Prabantini, Ed.) (Ed.1). Yogyakarta. CV Andi Offset.

Srinalia. (2015). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Kinerja Guru Dan Korelasinya Terhadap Pembinaan Siswa: Studi Kasus di SMAN 1 Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 193-207.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alphabet.

Sumanto. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia – Memasuki Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta. Andi.

Sunyoto, Danang. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Center for Academic Publishing Service.

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, H. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2 (2), hlm 198.

Torang, Dr. Syamsir. (2016). Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya, & Perubahan Organisasi). Bandung. Alfabeta.

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja, Edisi Kelima. PT. Rajagrafindo Persada Jakarta-14240.

Widoyoko, Eko, Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Zahriyah, Umi, Wita., dkk. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 2 No. 1, Februari 2015.

Diterbitkan

2023-09-23

Cara Mengutip

Sri Elviranengsih Arruan, Mukhtar Tahir, & Reynilda. (2023). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMKS KEHUTANAN MAMASA. Sparkling Journal Of Management, 1(4), 442–454. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/sjm/article/view/4095