Simulasi Proses Bisnis Penanganan Keluhan Dalam Implementasi Kecerdasan Buatan : Studi Kasus Aplikasi myIndihome
DOI:
https://doi.org/10.37476/smartlock.v1i2.4405Kata Kunci:
Proses bisnis, Digital touch point, Myindihome.Abstrak
Dalam proses transformasi digital-nya, Telkom berupaya melakukan peningkatan pelayanan kepada pelanggan melalui penguatan infrastruktur broadband dan digital, serta memberikan digital customer experience bagi pelanggan. Untuk mempermudah interaksi dengan pelanggan aplikasi MyIndihome dibuat sebagai salah satu Digital Touch Point (DTP) selain media social dan saluran call center yang sudah ada selama ini. Melalui MyIndihome pelanggan dapat melakukan pembelian produk dan layanan, memperoleh informasi-informasi yang dibutuhkan, serta menyampaikan keluhan. Impelmentasi teknologi kecerdasan buatan dapat memberikan perbaikan dalam proses bisnis dan memberikan pengalaman yang berbeda bagi pelanggan sekaligus dampak yang positif seiring tujuan transformasi digital perusahaan. Dalam penelitian ini akan ditunjukkan hasil evaluasi adopsi teknologi kecerdasan buatan di aplikasi MyIndihome dalam proses bisnis penanganan keluhan pelanggan berbasis teks melalui Asisten
Referensi
Telkom Annual Report 2018W. H. Cantrell, “Tuning analysis for the high-Q class-E power amplifier,” IEEE Trans. Microwave Theory & Tech., vol. 48, no. 12, pp. 2397-2402, December 2000.
[2] B. Tjahjono et al., “Six Sigma: a literature review,” Lean Six Sigma Journal, vol. 1, no. 3, pp. 216–233, Aug. 2010.
[3] M. Weske, Business process management: concepts, languages, architectures, 2nd ed. Heidelberg ; New York: Springer, 2012.
[4] P. Harmon, “Business Process Change: A Business Process Management Guide for Managers and Process Professionals,” p. 525.