Analisis Ketergantungan Penggunaan Chat GPT di Kalangan Mahasiswa Menyebabkan Penurunan Kualitas Belajar

Penulis

  • aulyahzakilah ifani Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • agunawan Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Muhammad Anis Abdullah Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Nadya Vega Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Rahmadani Rahmadani Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Wahyu Ilahi SS Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Azkar Azkar Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/smartlock.v3i1.4863

Kata Kunci:

academic, AI technology, chat GPT, positive, student

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penggaruh dari teknologi AI salah satunya itu Chat GPT. Pada masa sekarang teknologi AI sangat berkembang pesat terutama di kalangan mahasiswa, adanya Chat GPT membuat banyak mahasiswa ketergantungan untuk mencari informasi, dan membantu mengerjakan tugas akademis. Adapun dampak postif dan negatifnya dari Chat GPT, dampak positifnya itu, meningkatnya berpikir kritis dari mahasiswa, dan kemudahan mencari informasi, dampak negatifny itu, menurunya kualitaas berpikir mahasiswa, malasnya mencari informasi dari jurnal atau buku. Dengan metode kuantitatif, survei dilakukan untuk mengumpulkan data mengenai frekuensi penggunaan, tujuan, dan presepsi mahasiswa tentang dampak Chat GPT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun Chat GPT memudahkan akses informasi dan meningkatkan efisiensi waktu, ketergantungan yang tinggi dapat mengurangi kualitas pembelajaran. Kesimpulan penelitian menyoroti pentingnya penggunaan Chat GPT secara bijak dan seimbang, serta perlunya pengembangan kemampuan belajar mandiri. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan kesadaran akan dampak negatif penggunaan Chat GPT dan mendorong strategi belajar yang lebih aktif dan mendalam.

Referensi

N. W. Asbara et al., “PENERAPAN AI SEBAGAI ALAT BANTU PROSES PEMBELAJARAN DI TINGKAT PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 8, no. 1, pp. 831–841, Feb. 2024, doi: 10.31764/jmm.v8i1.20083.

B. A. Anders, “Is using ChatGPT cheating, plagiarism, both, neither, or forward thinking?,” Patterns, vol. 4, no. 3, p. 100694, Mar. 2023, doi: 10.1016/j.patter.2023.100694.

S. Serdianus and T. Saputra, “PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE CHATGPT DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0,” Masokan: Ilmu Sosial dan Pendidikan, vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2023, doi: 10.34307/misp.v3i1.100.

O. Kusuma, “Aspek Hukum Artificial Intelligence sebagai Arbitrator dalam Penyelesaian Sengketa Melalui Arbitrase,” Jul. 2023.

A. Z. Ifani, A. Agunawan, A. D. Y. Darius, M. Juharman, and A. I. Ferlita, “eDisc: Sistem Layanan Antrian Kantor Camat Palongbangkeng Utara Kabupaten Takalar,” Journal of Security, Computer, Information, Embedded, Network, and Intelligence System, pp. 75–81, Aug. 2024, doi: 10.61220/scientist.v2i2.20243.

L. Sutansyah, “Tantangan dan Prospek Penerapan Metode Kuantitatif dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam,” Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, vol. 1, no. 4, Art. no. 4, Jun. 2024, doi: 10.59996/cendib.v1i4.519.

M. Misnawati, “ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan,” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Apr. 2023, doi: 10.55606/mateandrau.v2i1.221.

Diterbitkan

2024-06-29

Cara Mengutip

ifani, aulyahzakilah, Agunawan, A., Abdullah, M. A., Vega, N., Rahmadani, R., Ilahi SS, W., & Azkar, A. (2024). Analisis Ketergantungan Penggunaan Chat GPT di Kalangan Mahasiswa Menyebabkan Penurunan Kualitas Belajar. SMARTLOCK : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), 6–10. https://doi.org/10.37476/smartlock.v3i1.4863