MARKETING MIX BENIH IKAN MAS (Cyprinus carpio) DI BALAI BENIH IKAN (BBI) KALOLA KABUPATEN WAJO

Penulis

  • Hardianty Askar Institut Teknologi dan Bisnis Indonesia

Kata Kunci:

Marketing Mix, , Goldfish, Product, Price, Place, Promotion

Abstrak

 This study aims to analyze the marketing mix of goldfish seeds at the BBI Kalola.  The method used is a participatory method by seeing, observing, and being directly involved in the production process to the seed marketing process in each activity carried out.  The data analysis used is descriptive qualitative to analyze aspects of the qualitative marketing mix. The sample in this study amounted to 9 respondents. The results of this study show that the marketing mix used by BBI Kalola uses 4P (product, price, place and promotion). Products are sold with superior quality. The price applied is affordable. The place or location used is still in a strategic area. The promotion uses counseling methods, personal celling, and box cars with BBI Kalola stickers installed.

Referensi

Adliah, N. 2011. “Analisis Pendapatan Usaha Pengolahan Ikan Mas (Cyprinus Carpio) Perspektif Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Usaha Limbung Mas Indah, Kelurahan Kalebajeng, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa).” Universitas Hasanuddin.

Benyamin, Arie Putra. 2019. “Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix Strategy) Di Pasarkita Pamulang.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 2(3): 1–9.

Fuad, M, H Christine, Sugiarto Nurlela, and Y E F Paulus. 2006. Gramedia Pustaka Utama Pengantar Bisnis, Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

GINARSA, I WAYAN, MADE ANTARA, and N I KETUT A D I JAYANTI. 2013. “Bauran Pemasaran Lobster Air Tawar Pada Kelompok Petani Agro Crayfish Di Denpasar.” Journal of Agribusiness and Agritourism: 44943.

Ginting, Nembah F Hartimbul. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Yrama Widya.

Hidayah, Ida, Teguh Ariefiantoro, Dwi Widi Pratito Sri Nugroho, and Edy Suryawardana. 2021. “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu).” Solusi 19(1).

Kadri, Anggreta. 2009. “Analisis Prioritas Strategi Bauran Pemasaran Aneka Ikan Asap Produksi Petikan Cita Halus Citaram Bogor.” Institut Pertanian Bogor.

Mustami, Muh Khalifah. 2013. “TINGKAT PENETASAN RELATIF TELUR IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO LINN) RAS PUNTEN YANG DIBERIKAN KEJUTAN SUHU PANAS UNTUK MEMPRODUKSI IKAN POLIPLOID.” Teknosains: Media Informasi Sains dan Teknologi 7(2): 284–90.

Ningsih, Ika Kurnia Julistia. 2018. “Strategi Pemasaran Produk Olahan Ikan Buntal (Lagocephalus Spadiceus) Agroindustri Jaya Utama Di Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo.” Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/92143/Ika Kurnia Julistia Ningsih-141510601101.pdf?sequence=1.

Pamungkas, Amin, Lolita Thesiana, and Kukuh Adiyana. 2021. “IMPLEMENTASI PERAMALAN DALAM INDUTRIALISASI PERIKANAN.” PROSIDING SNAST: 39–45.

Sylvia, Rika, Rizki Amalia Afriana, and Nor Anisa Amelia. 2019. “Penerapan Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada UD Rahmani Sasirangan Kabupaten Banjar.” Dinamika Ekonomi-Jurnal Ekonomi dan Bisnis 12(1): 51–62.

Diterbitkan

2023-07-27