PENGARUH KEPEMIMPINAN, PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU PAUD MELALUI SARANA PEMBELAJARAN PADA DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Authors

  • Salmah Zaly Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
  • Syamsul Alam Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Asniwati Rachmat Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Kepemimpinan, Profesionalisme Guru, Sarana Pembelajaran dan Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan dan profesionalisme guru terhadap sarana pembelajaran pada Dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar, pengaruh kepemimpinan, profesionalisme guru dan Sarana pembelajaran terhadap kinerja guru PAUD pada Dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar, pengaruh kepemimpinan dan Profesionalisme guru terhadap kinerja guru Paud Melalui Sarana pembelajaran pada Dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik analisis  data  yang  digunakan  adalah analisis jalur. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru PAUD Pembina pada dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar, dengan Jumlah guru sebanyak  31 orang guru PAUD. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan tehnik sampel jenuh, sehingga jumlah sampel yang penulis ambil sebanyak 31 orang dimana jumlah populasinya sama dengan jumlah sampel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpnan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sarana pembelajaran pada guru PAUD kabupaten Polewali Mandar. Profesionalisme guru tidak berpengaruh signifikan terhadap sarana pembelajaran terhadap kinerja guru PAUD kabupaten Polewali Mandar. Sarana pembelajaran, kepemimpinan dan profesionalisme guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru PAUD Kabupaten Polewali Mandar. Kepemimpinan dan profesionalisme guru berpengaruh positif dan signifikan  terhadap  kinerja guru PAUD melalui sarana pembelajaran dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar.

References

Ancok. Singarinbun 2013. Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian.
Afriana Marmami (2017), Pengaruh kompetensi profesional guru dengan kinerja guru taman kanak-kanak di Kecamatan Pontianak Tenggara kota Pontianak
Amri, Sofan 2010, Strategi Pembelajaran Sekolah Berstandar Internasional dan Nasional . Prestasi Pustaka. Jakarta.
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arifin, Zaenal. (2009). Evaluasi Pembelajaran . Bandung: PT Remaja
Armia Dwi Trisnawati (2018) Analisis kompetensi kepemimpinan (leadership) kepala sekolah pada PAUD unggulan di kecamatan ungaran barat gulasi.
Bandura. (2012). Self-Efficacy (The Exercise Of Control). New York: W. H. Freeman and Company Chat`
Davies, Daniel M 2014 multistate guide to sales and use tax audits Chichago: Elyana. 2013. Hubungan ... Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka .
Erik H Erikson,( 2011) Childhood and Society edisi ketiga 1985 (edisi pertama ) Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.
Firman, A., & Hidayat, M. (2022). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, SARANA PRASARANA, DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU DI KECAMATAN ULUBONGKO, KABUPATEN TOJO UNA-UNA. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 3(4), 635-648.
Edisi Ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hafid, 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Hainstock, 2014. Montessori untuk Anak Prasekolah.Jakarta: Pustaka Delaprasta
Hasibuan, Malayu S.P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.
Hidayatullah, Furqon.2010: Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa.Surakarta:Yuma Pustaka
Hurlock, 2003. Psikologi Perkembangan, Erlangga, Jakarta.
Janawi. 2013. Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran. Yogyakarta : Penerbit Ombak.
Karwati dan Doni Juni Priansa. 2013. ... “Jurnal Pendidikan Islam Hubungan antara Kompetensi
Kristiawan, M.Pd., PENGERTIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN 1. Pengertian Manajemen GLOSARIUM 154 INDEX 167
Kunandar.2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik... Pustaka Suyanto
Lynn H. Turner. 2012. Pengantar Teor iKomunikasi Analisis dan Aplikasi. Terjemahan dari Introducing Communication Theory:
Mangkunegara. 2017. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT. Refika Aditama. dan Profesionalitas Guru SMK Negeri 1 Jepara.
Munawar 2017, Pengaruh Profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa melalui Sarana Belajar di madrasah Tsanawiyah negeri Subang
Muslimin 2016 Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalitas guru terhadap kinerja guru SMK Negeri 1 Jepara
Nurdin Munzir 2017, Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan sarana belajar terhadap prestasi belajar SMP negri 1 Tambun Bekasi
Robbins (2001) kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi suatu kelompokk untuk mencapai tujuan
Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran , (Bandung: Alfabeta, 2005)
Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta : Prenada Media Group
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta
Saripuddin, Udin dan Winataputra (2015). Kutipan Makalah ilmu pendidikan. Online.
Semiawan, Conny. R. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: PT Ikrar Mandiri
Sondang P. Siagian. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara,Jakarta.
Sukamto, & Shalahuddin. (2013). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta:
Sugiyono.(2015). MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung
Tiara Anggia Dewi (2015) Pengaruh profesionalisme guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru se-Kota Malang
Tobroni. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Wibowo, 2013. Manajemen Kinerja, Edisi keempat, Rajawali Pers, Jakarta
Wijayani, Novan. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran.
Yesi Elvika (2018), Sari Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru PAUD Sekecamatan Muara Bangkahulu. Makassar: Univversitas Muhammadiyah Makassar.

Downloads

Published

2023-02-20

How to Cite

Zaly, S., Alam, S., & Rachmat, A. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN, PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU PAUD MELALUI SARANA PEMBELAJARAN PADA DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR. The Manusagre Journal, 1(2), 273–285. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/tmj/article/view/3551