PENGARUH KOMPETENSI, KEPEMIMPINAN, DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA TK SE KECAMATAN BENTENG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Penulis

  • Sitti Maryam Umar STIE NOBEL INDONESIA
  • Ahmad Firman Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Andi Ririn Oktaviani Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

Kompetensi, Kepemimpinan, Motivasi Kerja Kepala Sekolah, dan Kinerja Guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru pada TK.  Se Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, Penelitian ini dilaksanakan pada TK. Se Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar, pada bulan Februari sampai Maret 2021. Teknik pengambilan sampel ialah sensus dengan jumlah responden 86 Orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi secara parsial berpengaruh negatif terhadap kinerja guru. (2) Kepemimpinan Secara parsial signifikan berpengaruh negatif terhadap Kinerja Guru (3) Motivasi secara parsial berpengaruh Positif Terhadap Kinerja Guru. (4) Secara Simultan Kompetensi Kepala Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi berpengaruh Positif terhadap Kinerja Guru pada TK. Se Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Implikasi dari penelitian ini adalah Perlu adanya Pendidikan dan Pelatihan Bagi Kepala Sekolah dan Guru untuk menningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah      dan Guru guna mewujudkan kinerja Guru yang baik dan berkualitas.

Referensi

Bacal, Robert, 2012. Performance Management. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Dessler, Gary, 2012. Manajemen sumber daya manusia. Penerbit Indeks, Jakarta.
Fattah, Nanang. 2011. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Firman, A., Latief, F., & Dirwan, D. (2022). Dampak Pelatihan Mutasi dan Rotasi Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 8(2), 265-278.
Firman, A., & Said, S. (2016). Linking organizational strategy to information technology strategy and value creation: impact on organizational performance. Journal of Business and Management Sciences, 4(3), 60-67.
Firman, A. (2018). Faktor-Faktor yang Memotivasi Wanita Berwirausaha Online di Kota Makassar. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 7(3).
Firmawati, dkk, 2017. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru.
Gibson, James L; John M. Ivancevich; dan James H. Donelly Jr., 2011. Organisasi Perilaku, Struktur, Proses, Jilid I. Jakarta: Binarupa Aksara.
Giantoro, Heru Mei. & Purnomo, H.R. 2019. Pengaruh Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (J EBA),2/(2).
Gomes, Foustino Cardoso, 2012. Man Gajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.
Henry, Simamora, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Yogyakarta. Penerbit Bagian Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, YKPN.
Kartini, Kartono. 2012. Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT. RajawaligrafindoPersada.
Koontz, Harold, C.O. Donnel dan M. Wichrich, 2011, Manajemen, Jilid I Edisi 8 (Terjemahan), Erlangga, Jakarta.
Latief, F. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Strata Satu (S1) Stie Nobel Indonesia Di Makassar. AKMEN Jurnal Ilmiah, 13(3).
Latif Abdul, 2013, Membangun Sumber Daya Manusia yang Mandiri dan Profesional, Jakarta. Penerbit PT. Penakencana Nusadwipa.
Malhotra, Naresh. (2014). Basic Marketing Research. Pearson Education. England
Mangkunegara AP, 2013, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rfika Aditama, Bandung.
Manullang, 2015, Dasar-Dasar Manajemen, Ghalia Indonesia, Jakarta
Masrun, Martono Martaniah, S.M. 2000. Studi Mengenai Kemandirian Pada Penduduk di Tiga Suku (Jawa, Batak dan Bugis). Laporan Penelitian. Yogyakarta: Kantor Menteri Negara dan Lingkungan Hidup Fakultas Psikologi UGM.
Mulyasa. 2012. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. 2012. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Hadari, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nitisemito Alex S., 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta, Ghalia Indonesia.
Oliva, F and Gordon, W. (2013). Developing the Curriculum. Boston: Pearson
Pidarta, Made. 2012. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta
Purwanto.(2012). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta.Pustaka pelajar.
Rachmawati, Titik dan Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: . Penerbit Gava Media.
Raka Joni, T. 2007. Prospek Pendidikan Profesional Guru di bawah Naungan UUNo. 24 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen; Pusat Kurikulum Kementrian Pendidikan Nasional.
Robbins, Stephen P. 2011, Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Edisi, Edisi Bahasa Indonesia, PT. Prenhellindo, Jakarta, Jilid I dan Jilid 2.
Sahertian, P.A., 2014, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Jaya Ilmu.
Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana Prenada media Group.
Sutisna. (2015). Kelebihan dan kekurangan pembelajaran dengan pendekatan problem posing. [online]. Tersedia : http://sutisna.com/artikel/artikelkependidikan/kelebihan-dan-kelemahan-pembelajaran-denganpendekatan-problem-posing/(10 agustus 2015)
Tilaar, H.A.R. 2013, Pengembangan Kreativitas dan Enttrepreneurship dalam Pendidikan Nasional. Jakarta, Kompas.
Tohardi, Ahmad, 2012. Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Maju.
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014, Tentang Pemerintah Daerah.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2014, Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Usman Rianse, Abdi. 2012. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi,Bandung: Alfabeta.
Wahjosumidjo. 2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wirawan. (2012 ). Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.
Yamin, Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada Press.
Yukl, Gary. 2011. Kepemimpinan Dalam Organisasi. Edisi Indonesia. Cetakan Kesebelas. Jakarta: PT Indeks.

Diterbitkan

2023-02-19

Cara Mengutip

Umar, S. M., Firman, A., & Oktaviani, A. R. (2023). PENGARUH KOMPETENSI, KEPEMIMPINAN, DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA TK SE KECAMATAN BENTENG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR. The Manusagre Journal, 1(2), 194–203. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/tmj/article/view/3531