PENGARUH INOVASI PEMBELAJARAN, MEDIA PEMBELAJARAN DAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DIMASA PANDEMI COVID 19 PADA SD NEGERI NO. 5 LEMBANG CINA KABUPATEN BANTAENG
Kata Kunci:
inovasi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi komunikasi digital, profesionalisme guru.Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis pengaruh Inovasi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Teknologi Komunikasi Digital, berpengaruh secara parsial terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru di Masa Pandemi Covid 19 pada Gugus SD Negeri No. 5 Lembang Cina Kabupaten Bantaeng. (2) untuk menganalisis pengaruh Inovasi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Teknologi Komunikasi Digital, berpengaruh secara simultan terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru di Masa Pandemi Covid 19 Pada Gugus SD Negeri No. 5 Lembang Cina Kabupaten Bantaeng (3) untuk menganalisis variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan Profesionalisme Guru di Masa Pandemi Covid 19 Pada Gugus SD Negeri No. 5 Lembang Cina Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menghasilkan nilai koefesien determinasi menunjukkan nilai R2 sebesar 0,487 ini berarti pengaruh variabel bebas (Independen) yaitu inovasi pembelajaran, media pembelajaran dan teknologi komunikasi digital terhadap profesionalisme guru sebesar 0,487 atau 48,7% variansi profesionalisme guru (Y) dipengaruhi oleh inovasi pembelajaran (X1), media pembelajaran (X2) dan teknologi komunikasi digital (X3) sedangkan sisanya sebesar 51,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini atau diluar dari model ini.
Referensi
Ahmad Jaelani dkk (2020),Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI dimasa Pandemi Covid-19.
Ahmad Sururi (2017). Inovasi Kebijakan dalam Perspektif Administrasi Publik Menuju Terwujudnya Good Public Policy Governance
Ali Nurhadi, (2016). Profesi Keguruan Menuju Pembentukan Guru Profesional. Goresan Pena, Kuningan
Arifin, Zainal dan Setiawan, Adhi. 2012. Strategi Pembelajaran Aktif Berbasis ICT. Yogyakarta : Skripta Media Creative
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Jakarta Persada
Arsyad, M., Firman, A., & Abdi, A. R. (2021). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA UPT SMP NEGERI SE KECAMATAN BUKI DI KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(5), 765-774.
Asbara, N. W., Agunawan, & Hidayat, A. I. (2022). Pelatihan LMS With Edmodo Dalam Proses Belajar Mengajar. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/wdztm
Asbara, N. W. Pemanfaatan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyyah Berbasis Android
Azizah Maulina Erzad (2015). Inovasi Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Praktikum Bahasa Inggris Di Stain Kudus Sasongko, R. N., & Sahono, B. (2016). Desain Inovasi Manajemen Sekolah (1st ed.). Jakarta Pusat: Shany PubliserEko Risdianto, M.Cs (2019), Analisis Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Bengkulu.
Delila Sari Batubara (2018). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI ( Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya).
Ekawati, N., Sarjan, M., & Hidayat, A. I. (2021). Digital E-learning Pada Tpa Madinatul Ilmi Masjid Kerajaan Balanipa Mandar. Journal Peqguruang, 3(1), 130-133.
Firman, A., & Hidayat, M. (2022). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, SARANA PRASARANA, DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU DI KECAMATAN ULUBONGKO, KABUPATEN TOJO UNA-UNA. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 3(4), 635-648.
Ghozali, Imam. ( 2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat. Universitas Diponegoro, Semarang.
Hamid K, Abdul dan Arnesti, Novita. 2015. Penggunaan media Pembelajaran Online-Offline dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Pengaruh Pembelajaran Matematika Diskrit dengan Blended Learning terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris.
Haryati, S. (2020). Kepuasan Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Kompetensi Profesional Guru Dan Fasilitas Belajar (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).Hasrawati, Saban Echdar, dan Asri (2020), Pengaruh Kompetensi Guru, Lingkungan Kerja, Motivasi Terhadap Efektivitas Pengelolaan Sekolah Pada SMA Negeri 2 Tapalang Kabupaten Mamuju.
Herinto Sidik Iriansyah (2020), Membangun Kreativitas Guru dengan Inovasi Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid 19.
Https://kbbi.web.id
Ida Rahmawati (2010), Pengaruh Penggunaan Video Interaktif Dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Minat Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu Ampar.
Jajat sudrajat (2020), Kompetensi guru dimasa pandemic covid 19.
Kurniawati dkk (2020), Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.
Munadi. 2012. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press
Nadya, U. G., Mashur, R., & Ahmad, F. (2020). PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN HASIL USAHA TERHADAP PERKEMBANGAN BISNIS UKM PADA PASAR SEGAR PENGAYOMAN KOTA MAKASSAR. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 9(1).
Nizwardi Jalinus dan Ambiyar (2016), Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : Kencana.
Rayanda. 2012. Kreatif Mengembangkan Media (COTS) Hardware
Ridwan Abdullah sani 2013. Inovasi pembelajaran Rina Rahmi (2020), Inovasi Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19.
Roidah Pakpahan,Yuni Fitriani (2020), Analisa Pemanfaatan teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh Ditengah Pandemi Covid-19.
Siti Maemunawati Muhammad Alif (2020), Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 24 Tahun 2005 Tentang Guru dan dosen
Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) No.20 tahun 2003
Very Hendra Saputra, Donaya Pasha (2020), Komik Berbasis Scientific Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19.
Yunus Russamsi dkk (2020), Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peningkatan Profesionalisme Guru Terhadap Profesionalisme Guru Dimasa PAndemi Covid-19.