PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI GUGUS SDN 25 PANAIKANG KEC. BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG

Penulis

  • Elly Elly SDN 25 PANAIKANG KEC. BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG
  • Muhammad Hidayat Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Sudirman Dandu Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

supervisi, budaya kerja, disiplin, kinerja.

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan pada Gugus SDN 25 Panaikang Kecamatan. Bissappu Kabupaten Bantaeng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah, budaya kerja, dan disiplin kerja guru terhadap kinerja guru di Gugus SD 25 Panaikang Kec. Bissappu Kab. Bantaeng. Data penelitian di.peroleh melalui survey pada semua guru yang berada di Gugus SDN 25 Panaikang Kecamatan. Bissappu Kabupaten Bantaeng, yaitu berjumlah 70 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang dibagikan kepada seluruh responden penelitian. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan perangkat lunak SPSS 26.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) Supervisi Kepala Sekolah tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada Gugus SDN 25 Panaikang Kabupaten Bantaeng. (2) Budaya kerja tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada Gugus SDN 25 Panaikang Kabupaten Bantaeng. (3) Disiplin kerja guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada Gugus SDN 25 Panaikang Kabupaten Bantaeng. (4) Supervisi Kepala Sekolah, Budaya Kerja dan Disiplin Kerja Guru secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru pada Gugus SDN 25 Panaikang Kabupaten Bantaeng. Penulis mengharapkan sebaiknya  seorang supervisi lebih meningkatkan kemampuannya dalam pembinaan dan pengawasan guru; budaya kerja perlu lebih di perhatikan dalam penerapannya di sekolah; dan disiplin kerja guru lebih ditingkatkan.

Referensi

Aina Mulyana. 2019. Iindikator Dan Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru. Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)
Bambang Rudito, et al. 2016. Aparatur Sipil Negara Pendukung Reformasi Birokrasi.Jakarta : Prenadamedia Group
Benjamin Bukit, et al. 2017. Pengembangan Sumber Daya manusia. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Deni Ariska. 2018. Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Keselamatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Arumbai Kasembadan Banyumas. Purwokerto : Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Desi Saputra Rafiie (2018). “Pengaruh Kompetensi, Gaya Kepemimpinan, Budaya Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupten Aceh Barat”
Edy Cahyana. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah 5 Purwokerto Kabupaten Wonogiri.Ponorogo : Institut Agama Islam Negeri (IAIN).
Ghozali (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hardani, et al. 2020. Metode Penelitian kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.
Hari Sulaksono. 2015. Budaya Organisasi dan Kinerja. Yogyakarta: Group Penerbitan CV Budi Utama.
Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di SD Negeri 2 Fajar Indah Kabupaten Bangka Selatan. LENTERNAL : Learning and Teaching Journal ISSN : 2721-9054 (Online) Vol. 1, No. 2, 2020, Hal. 23-30
Marno Nugroho et al. 2020. Pengaruh Pelatihan, Motivasi, Kompetensi Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.
Marbawi Adamy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Aceh: Unimal Press.
Masram, et al. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Mahirah B. DAN Fatnah (2018). “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Di SMP Negeri 1 Amali Kecamatan Amali Kabupaten Bone”. JURNAL IDAARAH, VOL. 2, NO. 1, JUNI 2018
Muchlisin Riadi, 2019. Supervisi Pendidikan. https://www.kajianpustaka.com
Muchlisin Riadi, 2019. Pengertian, Fungsi, Aspek dan Jenis Budaya Kerja. https://www.kajianpustaka.com
Rangga Wijaya, 2018. Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada SMK SMTI Bandar Lampung). Lampung : Universitas Lampung.
Rizki Ananda et al. 2019. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi dan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi.Jurnal Manajemen dan Sains.
Roy Irawan dan Handayani (2018). “Pengaruh Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Relasi Abadi Jakarta”. Widya Cipta Vol II, No. 1, Maret 2018
Sahid Raharjo. (2019). Cara Melakukan Analisis Regresi Multiples (Berganda) Dengan SPSS. Artikel SPSS Indonesia, Olah Data Statistik Dengan SPSS.
Saban Echdar. 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sentot Imam Wahjono. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat
Sri Sundari, et al. 2019. Manajemen Kinerja. Bogor: Universitas Pertahanan
Stevy Moniharapon. 2018. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Kopertis Wilayah XII di Kota Ambon..Jurnal Manis.Volume 2 Nomor 2.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Supriono Edi (2014). “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri Se-Kecamatan Sewon”.
Yuliana Yuliana (2020), Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru.

Diterbitkan

2023-05-04

Cara Mengutip

Elly, E., Hidayat, M., & Dandu, S. (2023). PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI GUGUS SDN 25 PANAIKANG KEC. BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG. The Manusagre Journal, 1(3), 373–381. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/tmj/article/view/3768