PENGARUH SERVANT LEADERSHIP, BUDAYA ORGANISASI DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Penulis

  • Andi Patonrangi Pasbal discapil
  • Rustan DM Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Didiek Handayani Gusti Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

Servant Leadership, Budaya Organisasi, Iklim Organisasi, Kepuasan Kerja Pegawai.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan servant leadership, budaya organisasi dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Selayar dengan 80 pegawai sebagai sampel penelitian serta SPSS sebagai alat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servant leadership dan iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Selayar, sedangkan budaya organisasi tidak berpengaruh. Servant Leadership, budaya organisasi dan iklim organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Selayar dengan keragaman dari data penelitian yang dapat dijelaskan oleh model penelitian adalah sebasar 52,6 % sedangkan 47,4 % dijelaskan oleh faktor lain yang berada diluar penelitian ini.

Referensi

Badaruddin, B. (2016). Analisis Kepuasan Kerja Karyawan Koperasi Simpan Pinjam Mitra Usaha. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 5(4).
Damara, V. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Pelayan dan Kepribadian Karyawan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di CV. Alam Sejati. Agora, 3(2), 277–283.
Dennis, R. (2004). Development Of The Servant Leadership Assesment Instrumen.
Filatrovi, E. W., Yuniawan, A., & Kristanto, R. S. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepemimpinan Pelayan (Servant Leadership) dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi, 2(1), 167–179.
Greenleaf, R. K. (1998). The Power Of Servant-Leadership. Berrett-Koehler Publishers.
Hussein Fattah. (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai : Elmatera.
Razak, M. (2016). Developing The Office Of Strategic Management As A Tool To Support The Implementation Of Balanced Scorecard In Bosowa Corporation.
Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja.
Silviani. (2020). Komunikasi Organisasi.
Sutrisno. (2019). Budaya Organisasi.
Winardi. (2015). Manajemen Perilaku Organisasi.

Diterbitkan

2023-05-04

Cara Mengutip

Pasbal, A. P., DM, R., & Gusti, D. H. (2023). PENGARUH SERVANT LEADERSHIP, BUDAYA ORGANISASI DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR. The Manusagre Journal, 1(3), 485–492. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/tmj/article/view/3780