PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SUPERVISI PENGAWAS, DAN PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH TERHADAP KERJA GURU SMP DI KECAMATAN SAMPAGA KABUPATEN MAMUJU
Kata Kunci:
Kepemimpinan, Supervisi, Komite, Kinerja GuruAbstrak
Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap Kinerja guru; 2) mengetahui dan menganalisis pengaruh supervisi pengawas terhadap kinerja guru; 3) mengetahui dan menganalisis pengaruh komite Sekolah terhadap Kinerja guru; 4) mengetahui dan menganalisis kepemimpinan kepala sekolah, supervisi pengawas dan Partisipasi Komite Sekolah berpengaruh secara Simultan terhadap Kinerja guru; dan 5) mengetahui variabel paling dominan berpengaruh terhadap Kinerja guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Penelitian berlokasi di SMP Kecamatan Sampaga Kabupaten mamuju,. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Guru berjumlah 50 orang.
Metode pengambilan data menggunakan angket dan kuesioner. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan rumus korelasi Product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diuji prasyarat meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis yang dipakai adalah teknik analisis regresi berganda pada taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan parsial terhadap Kinerja guru, 2) Supervisi berpengaruh positif dan signifikan parsial terhadap Kinerja guru, 3) Komite berpengaruh positif dan signifikan parsial terhadap kinerja guru, 4) Kepemimpinan, Supervisi, dan komite berpangaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap Kinerja guru 5) Yang memiliki pengaruh positif terbesar terhadap Kinerja guru adalah variabel Supervisi . Secara keseluruhan kepemimpinan, supervisi dan Komite berpengaruh positif terhadap Kinerja guru.
Referensi
Alcaro, Jerome S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Allee. Webster’s New Standar Dictionary. Mc Loughlin Brothers Inc. New York. 214p.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan
Ary, Donald. 2014. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, terj. Arief Furchan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Badan Standar Nasional Pendidikan,http://bsnp-indonesia.org/instrumenpenilaian-btp-sd-kelas-iv/kegrafikaan/ diakses pada tanggal (27 maret 2019)
Cepi, Triatna dan Aan Komariah. 2005. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Bumi Aksara. Jakarta. Hal 72.
Consuelo, Sevilla. 1993. Pengantar Metode Penelitian. UI Press. Jakarta. Hal 85.
Danim. 2007. Kepemimpinan Transformasional. PT. Rineka Cipta.
Deming, W. Edwards. 1982. Guide to Quality Control. Cambirdge: Massachussetts Institute Of Technology. 6p.
Deshpande, Moorman, C. & Zaltman, G. 1997. Factors affecting trust in market research relationships. Journal of Marketing: 57 (January). 81-101p.
E, Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung. Hal 107, 239.
Engkoswara. 2002. Paradigma Manajemen Pendidikan Menyongsong Otonomi Daerah. Yayasan Amal Keluarga. Bandung. Hal 82.
Fakry, Emmy dan Tuti Rosmiati. 2003. Kepemimpinan Pendidikan dalam Tim Dosen Administrasi Pendidikan: Pengantar Pengelolaan Pendidikan di UniversitasPendidikan, Bandung. Prentice Hall of India Orivate Limited. New Delhi. Hal 162.
Fattah, Nanang. 2003. Manjemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah.Pustaka Bani Quraisy. Bandung. Hal 5.
Gibson, James L., John M. Ivancenvich, James H. Donely,
Gunawan, Muhammad Ali. 2015. Statistika Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial. Parama Publishing. Yogyakarta. Hal 40,73,77,86,177.201.
Hasibuan, Malayu SP. 2000. Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah. Gunung Agung. Jakarta. Hal 200,205.
Herrsey, Paul dan Blanchard, K. H. 1977. Management of Organization Behaviour. Englewood Cliffs. New York. dalam Fattah, Nanang. 2000. Landasan Manajemen Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung. Hal 5 - 7.
Jakarta. Hal 96 – 97.
JR. 1986. Organizations : Structure, Processes, Behavior. Business Publications Inc. Dallas. 702 p.
Juliansyah, Noor. 2014. Analisis Data Penelitian Ekonomi dan Manajemen. Grasindo. Jakarta. Hal 76.
Juran, M., J. 2017. Merancang Mutu. Buku 5. PT. Pustaka Binawan Presindo. Jakarta. Hal 13.
Kartono, Kartini. 1990. Pemimpin dan Kepemimpinan. Raja Grafindo. Jakarta. Hal 20.
Lingieneeker, et al. 1981. Management 5th edition. Published by Charles E. Merril Publishing Co., A Bell & Howell Company. Columbus. Ohio 43216. 32 –35P.
Munir, Abdullah. 2008. Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Ar-Ruzz. Yogyakarta. Hal 32.
Nawawi, Hadari dan Hadari, M. M. 2004. Kepemimpinan yang Efektif. Gadjah Mada University. Yogyakarta. Hal 9.
Nawawi, Hadari. 2013. Kepemimpinan dalam Mengefektifkan Organisasi. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. Hal 81.
Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta..
Purwanto, M. Ngalim. 2014. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung. Hal 48,85-86.
Riduwan 2007. Skala PengukuranVariabel – Variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung. Hal 56,65,138,104.
Rosyada, Dede. 2014. Paradigma Pendidikan Demokratis Sebuah Pelibatan Masyarakat dalam Menyelenggarakan Pendidikan. Prenada Media. Jakarta. Hal 234.
Satori, Djam’an. 2016. Pelaksanaan Sekolah dan Pengelolaan Sekolah. Makalah Bandung dalam Acara Diklat Calon Pengawas Sekolah. Lembaga Penelitian UPI. Bandung. Hal 5.
Siagian, S.P., 2012. Kiat meningkatkan Produktivitas Kerja. PT Rineka Cipta. Jakarta. Hal. 63.