PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPARIWISATAAN KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR
Kata Kunci:
kemampuan individu, pengawasan, kondisi kerja dan kepuasan kerjaAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survey dalam pengumpulan data penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan Lingkukangan kerja, Motivasi dan Kemampuan kerja terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas kepariwisataan kabupaten kepulauan Selayar.
Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh (PNS dan Non PNS) yang bertugas di Dinas kepariwisataan kabupaten kepulauan Selayar dengan jumlah 105 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan sampel jenuh, seluruh elemen dalam populasi dijadikan sampel (105 orang). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan lingkungan kerja, motivasi dan kemampuan kerja berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap kualitas pelayanan publik. Kemampuan kerja merupakan variable yang paling dominan mempengaruhi kualitas pelayanan public dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,424, Nilai koefisien determinasi (R 2) sebesar 0,732 atau 73,2 % kualitas pelayanan public pada Dinas kepariwisataan kabupaten kepulauan Selayar dipengaruhi oleh lingkungan kerja, motivasi dan kemampuan kerja sisanya dipengaruhi variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Referensi
Busro, M. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-1. Jakarta: Prenadamedia Group.
Dahar, V., Pangkey, M., dan Laloma, A. 2019. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Di Puskesmas Kecamatan Tahuna Barat Kabupaten Kepulauan Sangihe). Jurnal Administrasi Publik. Volume 5, Nomor 78. https//ejournal.unsrat.ac.id. [Diakses 22 April 2020].
Fahmi, I. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Farida, U., dan Hartono, S. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia II. Ponorogo: Umpo Ponorogo Press.
Ghozali, Imam. 2017. Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 24. Cetakan 6. Universitas Diponegoro. Semarang.
Hasibuan, M. 2015, Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Indonesia Investment. 2016. Bisnis Industri Sektor Pariwisata. https/Indonesia-investment.com. [Diakses 22 April 2020].
Irdianti, I., Syamsir, dan Jumiati .2018. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Perindustrian Kota Padang. Journal of Education on Social Science. Volume 2, Nomor 2. https//jess.ppj.unp.ac.id. [Diakses 22 April 2020].
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor Kep/25/M.Pan/2/2004. 2004. Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. https://www.atrbpn.go.id/. [Diakses 23 April 2020].
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63/ KEP/M.PAN/7/2003. 2003. Pelayanan Publik. https://www.atrbpn.go.id/. [Diakses 23 April 2020].
Lovia Life. 2020. Travel dan Wisata Indonesia. https//pim.lovia.life.com. [Diakses 22 April 2020].
Lubis, Y., Hermanto, B., dan Edison, E. 2018. Manajemen dan Riset Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Mangkunegara. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mariah, S., dan Sa’ud, U, S. 2013. Pengaruh Motivasi Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Layanan Administrasi Akademik. Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 17, Nomor 1. https//ejournal.upi.edu. [Diakses 22 April 2020].
Marwansyah. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Dua. Cetakan keempat. Bandung: Alfabeta.
Ngongoloy, C., Rorong, A, J., dan Tampangangoy, D. 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja Internal Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Suatu Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa Tenggara). Jurnal Administrasi Publik. Volume 4, Nomor 56. https//ejournal.unsrat.ac.id.
Noor, Juliansyah. 2017. Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Edisi Pertama. Cetakan Keempat. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Noviasa, A., dan Ridwan, M. 2016. Pengaruh Kemampuan Kerja Aparatur Pemerintah Daerah Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru Tahun 2014). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Volume 3, Nomor 1. https//jom.unri.ac.id. [Diakses 22 April 2020].
Pariwisata Kepulauan Selayar. 2018. Taman Nasional Takabonerate. https//pariwisata.kepulauanselayarkab.go.di. [Diakses 22 April 2020].
Priansa. D., J. 2018. Perencanaan & Pengembangan SDM. Cetakan Ketiga. Bandung: Alfabeta.
Rivai, V, dan Sagala, E. 2015 Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Press.
Rivai, V., Ramly, M., Mutis, T., dan Arafah, W. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Edisi Ketiga. Jakarta. Rajawalipress.
Robbins, S, P., Judge, T, A. (2016). Perilaku Organisasi. Edisi 16. Jakarta : Salemba Empat.
Sedarmayanti. 2017. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Talle, A. 2019. Pengaruh Motivasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Unit Layanan Pengadaan Kabupaten Mamuju Utara. ISSN: 2302-2019. Volume 4, Nomor 4. https//jurnal.untad.ac.id. [Diakses 22 April 2020].
Taufiqurokhman, dan Satistpi, Evi. 2018. Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Tangerang Selatan: UMJ Press.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umar, Husein. 2014. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi-2. Cetakan ke-13. Jakarta : Rajawali Pers.
Yunus, dan Nawawi. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.