Faktor Utama Kesuksesan Minat Berkunjung Pada Objek Wisata Di Kota Makassar

https://doi.org/10.37476/nmar.v5i3.5114

Authors

  • Nur Naninsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop
  • Syamsul Alam Institut Teknologi dan Binis Indonesia

Keywords:

Religiosity, knowledge, Promotion, Interest of visiting.

Abstract

Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan minat berkunjung banyak diteliti di negara maju, namun kajian dengan topik sama di Indonesia masih terbatas. Dalam Upaya untuk mengisi kesenjangan tersebut, tujuan penelitian adalah untuk untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan minat berkunjung pada objek wisata di Makassar. Penelitian digunakan tiga faktor yaitu religiusitas, dan pengetahuan, melalui promosi terhadap minat berkunjung dengan 34 indikator. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini masyarakat yang berkunjung di tempat-tempat objek wisata di kota Makassar. Sampel terdiri dari 100 pengunjung yang diambil secara random (simple Random Sampling). Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah path analysis dengan bantuan program SPSS.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa religiusitas tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap promosi, pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap promosi, religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung di Kota Makassar, pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung di Kota Makassar. Promosi berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung, Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung melalui promosi, dan pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung melalui promosi.

References

Agag, G., & El-Marsy, A. A. (2016). Understanding Consumer Intention To Participate In Online Travel Community And Effects On Consumer Intention To Purchase Travel Online And Wom : An Integration Of Innovation Diffusion Theory And Tam With Trust. 18 Computers In Human Behavior , 97-111.

Ahmad, A. N., Rahman, A. A., & Rahman, S. A. (2015). Assessing Knowledge and Religiosity on Consumer Behavior towards Halal Food and Cosmetic Products. International Journal of Social Science and Humanity, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.7763/ijssh.2015.v5.413

Alawiyah, T., & Mochlasin, M. (2021). Peran Kepercayaan Dalam Memoderasi Pengaruh Sales Promotion, Advertisig Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menbung. Jurnal Hukum Dan Pembangunan Ekonomi, 9(2), 257. https://doi.org/10.20961/hpe.v9i2.54638

Anindi, S. H. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Paket Biro Perjalanan Wisata Syariah (Studi Kasus Pada PT. Milady Wisata Semesta), Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.

Areks, E. (Dinas K. dan P. K. P., Nadjib, M. (Universitas H., & Cangara, S. (Universitas H. (2015). Pengaruh Penggunaan Bauran Promosi Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan pada Objek Wisata Alam di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4(4), 360–373.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arta, A. D., & Fikriyah, K. (2021). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Halal Terhadap Minat Berkunjung pada Objek Wisata di Malang Raya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(2), 179–187. https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n2.p179-187

Budi, A. S., & Sukmalengkawati. (2023). Pengaruh promosi melalui media sosial dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung wisatawan domestik twa gunung papandayan. 21(1), 48–58.

Caesar, D. L. (2020). Efektifitas Media Poster dalam Meningkatkan Pengetahuan Sanitasi Dasar di SDN 01 Wonosoco Undaan Kudus. J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 83. https://doi.org/10.35329/jkesmas.v6i1.655.

Cupian, Rahmadita, A., & Noven, S. A. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Mengunjungi Wisata Halal Sumatra Barat (Studi Kasus Wisatawan Muslim Milenial Indonesia). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1318–1326. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie

Dewi, I. E. B. & H. P. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata, Promosi, dan Harga Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan (Studi Destinasi Wisata Taman Ghanjaran Trawas). JKIM : Jurnal Kajian Ilmu Manajemen. Vol. 2, No. 4. 2022.

District, C., City, K., Province, E. J., Taufiqiyah, N., Anwar, A. Z., Islam, P. E., Islam, U., Ulama, N., & Tourism, M. F. (2024). PENGARUH MUSLIM FRIENDLY TOURISM DAN RELIGIUSITAS. 8(7), 114–130.

Elias, Ezanee M., Siti N. O., N. A. Y. & A. M. S. (2016). A study of Halal Awareness and Knowledge Among Entrepreneur Undergraduates. International Journal of Supply Chain Management, 5(3). 147-152.

Fakhsiannor, F., Fauzan, A., & Netty, N. (2023). Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Petugas Kesehatan Terhadap Pelaksanaan Promosi Kesehatan Di Rs. Bhayangkara Tk. Iii Banjarmasin Tahun 2022. An-Nadaa Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 92. https://doi.org/10.31602/ann.v10i1.11120

Fatimah, S. (2024). Pengaruh Religius , Kualitas Layanan , Citra Destinasi , dan Wisata Halal Terhadap Minat Wisatawan Muslim The Influence of Religion , Service Quality , Destination Image , and Halal Tourism on the Interest of Muslim Tourists. 1(2), 182–200.

Garg, P., & Joshi, R. (2018). Purchase intention of “Halal” brands in India: the mediating effect of attitude. April. https://doi.org/10.1108/JIMA-11-2017-0125.

Garg, P., & Joshi, R. (2018). Purchase intention of “Halal” brands in India: the mediating effect of attitude. Journal of Islamic Marketing, 9(3), 683–694. https://doi.org/10.1108/JIMA-11-2017-0125

Golnaz, R., Zainalabidin, M., Nasir, M., & Chiew, E. (2010). Non-Muslims’ awareness of Halal principles and related food products in Malaysia. International Food Research Journal, 17, 667–674.

Golnaz, R., Zainalabidin, M., Mad Nasir, S., & Eddie Chiew, F. C. (2010). Non-muslims’ awareness of Halal principles and related food products in Malaysia. International Food Research Journal, 17(3), 667–674.

Gracelia, O., Hutabarat, R., Nugroho, A., Si, M., Naryoso, A., Sos, S., Joyo, D., & Gono, N. S. (2015). Wisata Ke Kabupaten Semarang. http://www.fisip.undip.ac.id/

Hassan, S. H. and Harun, H. (2016). Factors influencing fashion consciousness in hijab fashion consumption among hijabistas", Journal of Islamic Marketing Article, Vol. 7, No. 4, pp. 476-494. http://dx.doi.org/10.1108/JIMA-10-2014-0064.

Ihsan, M. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Religiusitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Destinasi Wisata Edupark Alaska Karanganyar, skripsi dipublikasikan, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2023.

Ikhsan, R. R. N., & Sukardi, S. (2020). Pengaruh Religiusitas, Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku terhadap Niat Membeli Produk Kosmetik Halal di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(1), 49–55. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v11i1.1061

Irawan, M. R. N., Sayekti, L. I., & Ekasari, R. (2021). Pengaruh fasilitas wisata, promosi dan harga terhadap minat wisatawan berkunjung pada wisata wego lamongan. Ecopreneur. 12, 4(2), 122-131.

Isqumariah. (2021). No Title. Studi, P., Ekonomi, H., Islam, F. A., & Surakarta, U. M. (2021). KEPERCAYAAN ( TRUST ) TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN HOTEL SYARIAH : KEPUASAN. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Iswidyamarsha, C. & D. (2020). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung Di Dunia Air Tawar Dan Dunia Serangga TMII. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 3(2), 72-80.

Jamal, A. and Sharifuddin, J. (2014). Perceived value and perceived usefulness of halal labeling: The role of religion and culture”, Journal of Business Research, Vol. 68, No. 5, pp. 933-941. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.09.020.

Jayanegara, K. W., & Najib, M. F. (2020). Pengaruh Simbol Religi Periklanan terhadap Minat Beli Konsumen. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar , 11(1), 920-929.

Khazani, I., Ibrahim, W., Hashim, K. S. H., & Gombak, J. (2023). Halal Homestay. International Islamic Univerity Malaysia - INHART Shari’ah, 3(1), 1–10.

Kisno Saputri, R., Indah Kusuma Pitaloka, R., Kusuma Pratiwi, K., & Aning Nur Nadhiffa, P. (2023). Peningkatan Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Mental dengan Menggunakan Media Audiovisual. Abdimas Dewantara, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.30738/ad.v6i1.13882.

Kurniawati, R. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Indonesia Berkunjung Ke Wisata Halal Luar Negeri, Skripsi dipublikasikan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2022.

Lestyaningsih, D., & Pramudyo, A. (2023). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung Masyarakat Pada Objek Wisata Laguna Depok Bantul Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 10(2), 167–177. https://doi.org/10.54131/jbma.v10i2.171

Maftukhah, S. dan. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi Dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Melalui Keputusan Pengunjung. ISSN 2252-6552.

Maulana, A. (2020). Preferensi Masyarakat Jakarta Terhadap Wisata Halal dan Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Mulyana, H., & Fajri, K. (2024). PENGARUH PROMOSI DAN MEREK TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DI TERMINAL WISATA GRAFIKA CIKOLE ( THE INFLUENCE OF PROMOTION AND BRAND ON VISITING INTEREST AT TERMINAL WISATA GRAFIKA CIKOLE ). 3, 160–185.

Muthmainnah, S. R., & Rubiyanti, R. N. (2020). Pengaruh faktor pendorong dan penarik minat wisata halal ke luar negeri dengan religiusitas sebagai variabel moderator. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM), 5(3), 274–285. https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/361

Mutmainah, L. (2018). The Role of Religiosity, Halal Awareness, Halal Certification, and Food Ingredients on Purchase Intention of Halal Food. Ihtifaz: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 1(1), 33. https://doi.org/10.12928/ijiefb.v1i1.284

Najwati, N., & Zaenudin. (2023). Peran Promosi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Jattinangor National Park. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 744–760.

Nata, A. A. L. (2022). Kian Mendunia Tren Wisata Halal: Religiusitas Dan Efikasi Diri Berwisata. Journal of Syariah Economic and …, 1(2), 7–12. https://www.journal.sties-alifa.ac.id/index.php/jseht/article/view/55%0Ahttps://www.journal.sties-alifa.ac.id/index.php/jseht/article/download/55/45

Novita. (2015). Tingkat Pengetahuan Tentang TB Paru Mempengaruhi Penggunaan Jurnal Mitra Kencana Keperawatan dan Kebidanan Volume 5 Nomor 2, November 2021, Hal. 32 – 44 P-ISSN : 2599-0055, E-ISSN : 2615-1987 DOI 10.5444042 Masker Di Ruang Paru Rumkital Dr. Ramelan Suraba.

Pratama. (2017). Pengaruh Promosi Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Pada Objek Wisata Curug Orok Di Kabupaten Garut (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).

Rahman, M., Moghavvemi, S., Thirumoorthi, T. and Rahman, M. K. (2020). The impact of tourists’ perceptions on halal tourism destination: A structural model analysis, Tourism Review, Vol. 75 No. 3, pp. 575-594. https://doi.org/10.1108/TR-05-2019-0182.

Rochdianingrum, W. A., Palupi, D., Rahayu, R., & Faisal, M. (2022). Apakah Hanya Tingkat Religuitas Yang Mempengaruhi Minat Wisata Religi Sunan Giri. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 1(1), 117–135. https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i1.5269

Rosa, P. D., & Pradini, G. (2023). Persepsi wisatawan terhadap fasilitas wisata religi Masjid Istiqlal di Jakarta. Media Bina Ilmiah, 17(6), 1161–1176.

Rusby, Z., Boy S. B., M. Y. (2018). Analisis Pengetahuan Masyarakat Kota Pekanbaru tentang Wisata Syariah. Jurnal Al-Hikmah, 15 (2), 84-102.

Sari, N. I., F. Wajdi, A. S. N. (2018). Peningkatan Spiritualitas Melalui Wisata Religi Di Makam Keramat Kwitang Jakarta. Studi Al-Qur’an 14 (1):44-58.

Siahaan, Y. A., Tiur, A., Sinaga, I., & Butarbutar, I. P. (2024). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Di Pantai Arofan Desa Tigaras Kabupaten Simalungun. KAMPUS AKADEMIK PUBLISING.JINU - VOLUME 1, NO. 6, November 2024, DOI : https://doi.org/10.61722/jinu.v1i6.2768. 1(6).

Siti Aminah, D. H. L. (2022). Kaleidoskop 2022: Tren Kunjungan Wisatawan di Makassar Meningkat Dua Kali. Dinas Pariwisata Kota Makassar.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:CV. Alfabeta.

Sulistyo Budi Utomo, Reza Nurul Ichsan, Tribowo Rachmat Fauzan, Luckhy Natalia Anastasye Lotte, & Muh. Zakaria. (2024). Religiusitas sebagai Moderasi dan Faktor yang Mempengaruhi Niat Wisatawan Mengunjungi Wisata Halal di Indonesia. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(7), 3893–3905. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i7.4172

Susilo, D., & Haniifah, K. (2023). Pengaruh Pengetahuan Dan Promosi Terhadap Minat Masyarakat Untuk Cicil Emas Di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Pada Ibu-Ibu Di Tulungagung). Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 9(2), 109–121. https://doi.org/10.31869/me.v9i2.4212

Sutarso. (2022). The Role of Islamic Religiosity on the Relationship Between Risk, Trust, and Intention to Use Digital Payments During the COVID-19 Pandemic. International Journal of Islamic Economics and Finance (IJIEF), 5(2), 177–200. https://doi.org/10.18196/ijief.v5i2.

Suwena, Hidayat, S. & Dewi, N. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan TerhadapMinat Berkunjung Wisatawan Domestik Ke Museum Surabaya. Jurnal IPTA (IndustriPerjalanan Wisata). p-ISSN, 2338, 8633.

Usada, U. (2023). Analisis Peran Religiusitas Dalam Memoderasi Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Generasi Milenial Dan Generasi Z di Toko Syariah. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1), 602–612.

Usman, H., Sobari, N. and Sari, L. E. (2019). Sharia motivation in Muslim tourism definition, is it matter?”, Journal of Islamic Marketing, Vol. 10, No. 3, pp. 709-723. https://doi.org/10.1108/JIMA-01-2018- 0015.

Wahyuni, S. (2024). Efek Mediasi Literasi Halal dalam Hubungan Religiusitas dan Minat Konsumsi terhadap Pariwisata Halal. El-Fata: Journal of Sharia Economics and Islamic Education, 3(1), 67–81. https://doi.org/10.61169/el-fata.v3i1.113

Wibowo, Holin Indra Ari, N. L. & N. A. B. (2019). Pengaruh Fasilitas Wisata dan Promosi Terhadap Kepuasan Kunjungan Wisatawan Pada Obyek Wisata Waterpark Lumajang. Jobman : Jurnal of Organization and Bussines Management. Vol. 2, No. 1, September 2019.

Wu, C. W. (2016). Destination loyalty modeling of the global tourism, Journal of Business Research, Vol. 69, No. 6, pp. 2213-2219. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2015.12.032.

Yeni Rahmawati, A. W. (2023). Perubahan pengetahuan dan sikap remaja setelah di beri promosi kesehatan mental, Journal of Telenursing (JOTING) 6 (1) 156-163.

Zakiyatunnaja, Z., & Pratama, A. A. N. (2022). Dapatkah religiusitas memoderasi promosi, karakteristik syariah marketing dan kepercayaan terhadap minat masyarakat menabung di bank syariah? Journal of Management and Digital Business, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.53088/jmdb.v2i1.141

Zuhirsyan, M. Dan Nurlinda, N. (2018). Pengaruh Religiusitas Dan Persepsi Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Bank Syariah Al-Amwal. Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10, 48-62.

Published

2024-09-30

How to Cite

Naninsih, N., & Alam, S. (2024). Faktor Utama Kesuksesan Minat Berkunjung Pada Objek Wisata Di Kota Makassar. Nobel Management Review, 5(3), 340–355. https://doi.org/10.37476/nmar.v5i3.5114