PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KEMAMPUAN GURU DAN DISIPLIN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMKN 6 MAKASSAR
Keywords:
Disiplin, Kemampuan Guru,Kepemimpinan, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1). Untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMKN 6 Makassar. (2) Untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kemampuan guru terhadap kinerja guru di SMKN 6 Makassar. (3) Untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kedisipinan guru terhadap kinerja guru di SMKN 6 Makassar. (4) Untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kemampuan guru dan kedisiplinan guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMKN 6 Makassar. (5) Untuk mengkaji dan menganalisis variabel kepemimpinan kepala sekolah, kemampuan guru dan kedisiplinan guru yang paling berpengaruh terhadap kinerja guru siswa di SMKN 6 Makassar. Penelitian ini dilksanakan di SMK Negeri 6 Makassar dengan sampel berjumlah 80 orang. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah (1) Observasi, teknik pengumpulan data dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya yang berkaitan dengan Kepemimpinan, Kemampuan Guru dan Kedisiplinan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kepemimpinan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja guru di SMKN 6 Makassar (2) Kemampuan guru berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja guru di SMKN 6 (3) Kedisiplinan berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja guru di SMKN 6 Makassar (3) Kepemimpinan, Kemampuan Guru dan Kedisiplinan berpengaruh positif serta simultan terhadap kinerja guru SMKN 6 Makassar. (5) Kemampuan guru merupakan variable yang paling dominan terhadap Kinerja guru di SMKN 6 Makassar.
References
Abdul Wahid Syafar. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja, Gaya Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 7 Palu, Jurnal Katalogis, Volume 3 Nomor 12, Desember 2015
Abu Ahmadi, Widodo Supriyono. 2014. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta
Andika Tri Pamungkas. 2017. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Di Mi Dab Sdi Se-Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Jurnal Satya Widya, Vol. 32, No.2. Desember 2016: 127-132
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 5. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Supervisi. Jakarta: Rineka cipta
Cece Wijaya. 2009. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung:Remaja Rosdakarya
Chaplin, J.P. 2012. Kamus Lengkap Psikologi. Cetakan Keenam. Penerjemah Kartiko.K. Jakarta: PT. Raja Grafinka Persada
Choirul Anwar. 2017. Pengaruh Kedisiplinan guru dan Motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung.Tesis. Pascasajana IAIN Tulungagung.
Davis Keith. 2010. Terjemahan Agus Dharma. Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta : Erlangga.
Dewi Rezki H, Hasmin, dan Mustari. 2016. Pengaruh kedisiplinan, kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan, dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di SMA 1 Sungguminasa. Jurnal Mirai Management, Vol.12-13 Maret 2016
Gary K. Hines. 2013. Kepemimpinan. Terjemahan Susanto Budidharmo. Jakarta: PT. Gramedia.
Gary Yukl. 2014. Leadership in Organization. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall,
Hadari Nawawi, Martini Hadari. 2015. Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Hamdani. 2011. Dasar- dasar Kependidikan. CV Pustaka Setia. Bandung.
Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
Harlie. M. 2010. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karier terhadap KinerjaPegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Kabupaten Tabalong di Tanjung Kalimantan Selatan. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol.
Hoetomo, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: PT. Mitra Pelajar, 2015
Kartini Kartono dan Dali Dula. 2018. Kamus Psikologi Pendidikan, Bandung: CV. Pionerjaya
Khatib Pahlawan Kayo. 2015. Kepemimpinan Islam dan Dakwah. Cet. I. Jakarta: Amzah
Nasrul HS, 2012. Profesi & Etika Keguruan, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.
Oemar Hamalik. 2012. Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2017 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2017 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Priansa dan Somad. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: CV. Alfabeta
Rachmawati, S. 2008. Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Perusahaan Terhadap Audit Delay Dan Timeliness. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, Vol.10, No. 1, Mei: 1-10.
Rineka Cipta
Rudaimah. 2017. Pengaruh kedisiplinan dan kompetensi padegogik guru terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa di SD Negeri 2 Margoyoso Kecamatan Sumber Rejo Kabupaten Tanggamus. Tesis. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Lampung
Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sardiman A.M, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers,
Sastrohadiwiyo, Siswanto. 2013. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Saud, Udin Syaefudin. 2019. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Siti Maruya. 2016. Pengaruh kedisiplinan guru mengajar terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa daklam pembelajaran Aqidah Akhlak di MIN 1 Bengkulu. Jurnal al-Bahtsu: Vol. 1, No. 2, Desember 2016
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Cet. 4. Jakarta: Rineka Cipta
Wasiatur Rif’ah. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru Di Mts Sultan Fatah Gaji Kecamatan Guntur Kabupaten Demak, Skripsi Fakultas Ilmutarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Wijaya. 2012. Audit Mutu. Jakarta: Rineka Cipta
Winardi. 2010. Manajemen Supervisi. Bandung: CV. Mandar Maju
Zainal Arifin, 2011. Evaluasi Instruksional: Prinsip-Teknik-Prosedur, Bandung: Remaja Rosdakarya
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Nobel Management Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.