PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR UNIT PENYELENGGARA PELABUHAN KELAS III JENEPONTO

  • BURHANUDDIN THALIB KANTOR UNIT PENYELENGGARA PELABUHAN KELAS III JENEPONTO
  • Muhammad Idris STIE NOBEL INDONESIA MAKASSAR
  • Asri Asri STIE NOBEL INDONESIA MAKASSAR
Keywords: Competence, Motivation, Work Culture, Performance, Kompetensi, Motivasi, Budaya Kerja, Kinerja

Abstract

This study aims to analyze the effect of (1) partially Competence, Work Motivation and Work Culture on Employee Performance at the Office of the Class III Jeneponto Port Administration Unit (2) the simultaneous effect of Competence, Work Motivation and Work Culture on Employee Performance at the Port Administration Unit Office Class III Jeneponto (3) the most dominant variable affects the Employee Performance at the Class III Jeneponto Port Administration Unit Office. The results of the study conclude that (1) partially Competence, work motivation, and work culture have a positive and significant effect on employee performance at the Jeneponto Class III Port Administration Unit Office. This means that competence, work motivation, and work culture can improve employee performance at the Jeneponto Class III Port Administration Unit Office (2) simultaneously Competence, work motivation and work culture have a positive and significant effect on employee performance at the Class III Port Administration Unit Office, Jeneponto (3) partially shows that work culture is a variable that has a dominant effect toward performance at the Jeneponto Class III Port Operational Unit Office. This shows that the better the work culture of the employees will further improve the Employee Performance of the Class III Jeneponto Port Administration Unit Officers.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) secara parsial Kompetensi, Motivasi kerja dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Pada Pegawai Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Jeneponto (2) pengaruh secara simultan Kompetensi, Motivasi kerja dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Jeneponto (3) variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Jeneponto. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) secara parsial Kompetensi, Motivasi kerja, dan Budaya Kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Jeneponto. Ini berarti bahwa Kompetensi, Motivasi kerja, dan Budaya Kerja mampu meningkatkan Kinerja Pegawai pada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Jeneponto (2) secara simultan Kompetensi, Motivasi kerja dan Budaya Kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Jeneponto (3) secara parsial menunjukkan bahwa Budaya kerja merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja Pada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Jeneponto. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik budaya kerja pegawai akan semakin meningkatkan Kinerja Pegawai pada Pegawai Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Jeneponto.

References

Ansari, M. Isa. (2011) Pengaruh Motivasi terhadap peningkatan Prestasi Kerja Pegawai pada Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya Malang. Tidak Dipblikasikan.

Aswar. (2010). Realibilitas dan Validitas (3 ed). Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Cooper, Donald R and C, William Emory, (2012). Metode Penelitian Bisnis. Terjemahan Edisi Kelima. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Desseler, Gery, (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Indonesia. PT. Prenhallindo, Jakarta.

Djatmiko Yayat Hayati, (2011), Perilaku Organisasi, Cetakan Pertama Alfabetta. Bandung

Dwiyanto, Agus, dkk, (2013), Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia, Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Effendy, Sofyan dan Singarimbun, Masri, (2010), Metode Penelitian Survay, Edisi Revisi, LP3ES, Jakarta.

Egan, John, (2010), Relationship Marketing: Exploring Relational Strategies in Marketing, Prentice Hall: Singapore.

Hasibuan, Malayu, SP.( 2013), Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Hersey, Paul, dan Kenneth H Blancard, (2010), Manajemen Perilaku Organisasi: Pemberdayaan Sumber Daya Manusia, Terjemahan, Edisi 4, Erlangga, Jakarta.

Hidayat, M., & Latief, F. (2018). The influence of developing human capital management toward company performance (The evidence from developer companies in south Sulawesi Indonesia). SEIKO: Journal of Management & Business, 2(1), 11-30.

Kartono, Kartini, (2012). Pimpinan dan Kepemimpinan, Gunung Agung, Jakarta.

Manullang M., (2010), Dasar-Dasar Manajemen, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Maslow, A. H. (2010), Motivation and Personality, Harper and Row, New York.

Moenir, H.A.S.(2012). Manjamen Pelayanan Umum, Bumi Aksara, Jakarta.

Prasetya, Irawan,(2010). Pengantar Sumber Daya Manusia, STIA LAN Pres, Jakarta

Robbins, Stephen P. (2010), Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, Aplikasi, edisi Bahasa Indonesia, PT Prenhellindo, Jakarta.

Sahrun. (2011). Pengaruh Budaya kerja dan Perilaku Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Lingkup Universitas Haluoleo Kendari. Tesis Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar.

Salusu, J, (2010). Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit, Petunjuk Tehnik untuk Staf Manajemen, PT Grasindo/ Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta

Siagian, Sondang P, (2010). Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi, CV Haji Masagung. Jakarta.

Sofiantho, Edi. (2010). Pengaruh Motivasi dan Prestasi Kerja Individu terhadap Kepuasan Pegawai pada kantor Daerah Pelayanan Telekomunikasi Makassar. Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar.

Sugiono, (2010). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung

Terry, George R. (2010). Prinsip-Prinsip Manajemen. Bumi Aksara. Jakarta.

Published
2021-07-12