PERAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN,MOTIVASI WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA TENAN INKUBATOR BISNIS DI PRIMAKARA UNIVERSITY
DOI:
https://doi.org/10.37476/massaro.v7i2.5369Keywords:
Kewirausahaan, Motivasi, Minat berwirausaha,Inkubator BisnisAbstract
Pengangguran masih menjadi isu sentral dalam konteks ekonomi makro, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Pendekatan yang bisa diterapkan dalam rangka mengurangi masalah ini di antaranya yaitu dengan meningkatkan jumlah pelaku wirausaha. Dalam hal ini, keberadaan tenan incubator Universitas Primakara memainkan peranan penting dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan, melalui penguatan motivasi internal serta peningkatan kapasitas pengetahuan di bidang tersebut. Pengetahuan kewirausahaan tidak hanya mencakup aspek teknis, namun juga membentuk karakter dan sikap mental yang tangguh dalam menghadapi tantangan dunia usaha. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pengaruh motivasi berwirausaha dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dikalangan tenan inkubator bisnis Universitas Primakara. Studi ini melibatkan seluruh tenan inkubator dengan jumlah sampel sebanyak 77 tenan inkubator. Metode penelitian ini berupa survei yang memanfaatkan pendekatan deskriptif-verifikatif. Teknik analisis data meliputi regresi linier berganda, uji determinasi, serta uji hipotesis yang meliputi uji t dalam rangka mengetahui pengaruh parsial serta uji F untuk pengaruh simultan. Penelitian ini didapatkan hasil yaitu tingkat motivasi berwirausaha dan pengetahuan kewirausahaan berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan minat untuk berwirausaha tergolong tinggi. Berdasarkan uji hipotesis, ditemukan bahwa baik secara parsial ataupun bersama-sama, motivasi berwirausaha dan pengetahuan kewirausahaan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha. Temuan tersebut memperkuat pandangan bahwa tingkat motivasi dan wawasan kewirausahaan mahasiswa yang semakin tinggi, maka semakin besar pula keinginan mereka untuk menjadi pelaku usaha.
References
Anggraeni, B. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. In Juni (Issue 1).
Barba-Sánchez, V., & Atienza-Sahuquillo, C. (2017). Entrepreneurial motivation and self-employment: evidence from expectancy theory. International Entrepreneurship and Management Journal, 13(4), 1097–1115. https://doi.org/10.1007/s11365-017-0441-z
Dinas Koperasi UMKM. (2023). Data Keragaan UMKM Tahun 2023.
Fitrianto, Y., & Slamet, G. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Motivasi Berwirausaha Terhadapa Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Vol 14 no 2. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/4163
Hendrawan, J. S., & Sirene, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri,Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). In AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (Vol. 02, Issue 03).
Isma Maisarah, R., & Wahidah, S. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Rias Wajah Sehari-hari dengan Minat Berwirausaha Siswa Tatat Kecantikan Kulit SMK Negeri 1 Beringin.
Iswandari, A. (2017). Pengaruh Motivasi Interinsik, Pengetahuan Kewirausahaan dan Kepribadian Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMKN 12 Surabaya. Jurnal Ekonomi, Pendidikan dan Kewirausahaan.
Komara, B. D., Cahyo, H., & Setiawan, B. (2020). Inkubator Bisnis Sebagai Pendorong Tumbuhnya Wirausaha Muda: Studi Tentang Suksesi Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Gresik. JRE, 3(1), 33–39. http://journal.umg.ac.id/index.php/jre
Mahani, S. A. E. (2015). TINJAUAN MODEL INKUBATOR BISNIS RINTISAN ( BISNIS START UP ) DI INDONESIA. https://doi.org/10.29313/performa.v0i1.3044
Malvin, H., & Mei, L. (2023). Pengaruh Kreativitas, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Media Sosial Terhadap Keberhasilan Usaha. Jurnal Kewirausahaan, 05(02), 511–518.
Mardiyatmo. (2025). Kewirausahaan. Yudistira.
Shinnar, R. S., Giacomin, O., & Janssen, F. (2012). Entrepreneurial Perceptions and Intentions: The Role of Gender and Culture. Entrepreneurship: Theory and Practice, 36(3), 465–493. https://doi.org/10.1111/j.1540-6520.2012.00509.x
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya (Ed.Rev. cet.5.). Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Widjaja, W. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMA XYZ di Jakarta Barat. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2). https://doi.org/10.32502/jimn.vXiX.XXXX
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.