PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPENSASI SERTA SARANA DAN PRASARANA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI UPT SDN 60 KEPULAUAN SELAYAR

Penulis

  • Tati Sumarti Program Pascasarjana, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • M Said Program Pascasarjana, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/massaro.v5i2.2365

Kata Kunci:

Kata Kunci:    Kepemimpinan, Kompensasi, Sarana dan Prasarana, Kepuasan Kerja Guru

Abstrak

ABSTRAK

Tati Sumarti. 2021. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompensasi Serta Sarana Dan Prasarana Terhadap Kepuasan Kerja Guru di UPT SDN 60 Kepulauan Selayar (dibimbing oleh Mashur Razak,  dan .Muh. Said.)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan, kompensasi, serta sarana dan prasarana secara parsial dan secara simultan terhadap kepuasan kerja guru di UPT SDN 60 Kepulauan Selayar, serta untuk menganalisis variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di UPT SDN 60 Kepulauan Selayar yakni sebanyak 47 orang, sehingga peneliti menggunakan teknik sensus dalam penentuan jumlah sampel. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis melalui uji t dan uji F.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kepemimpinan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru di UPT SDN 60 Kepulauan Selayar. Kompensasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru di UPT SDN 60 Kepulauan Selayar. Sarana dan prasarana secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru di UPT SDN 60 Kepulauan Selayar. Sarana dan Prasarana merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru di UPT SDN 60 Kepulauan Selayar. Kepemimpinan, kompensasi, serta sarana dan prasarana secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru di UPT SDN 60 Kepulauan Selayar.

Kata Kunci:    Kepemimpinan, Kompensasi, Sarana dan Prasarana, Kepuasan Kerja Guru

Referensi

Ahmadiansyah, Reza. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah Saltiga. Inject, Interdisciplinary Journal Of Communication, Vol. 01. No. 02. Jawa Tengah: UKSW
Al Atiyah, R., Isjoni, I., & Sumardi, S. (2017). Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Smp Negeri Negeri Di Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 5(2), 315-323.
Asmani, Jamal Mak'mur. 2010. Panduan Efektif Bimbingan Dan Konseling Di. Sekolah.Jogjakarta: Diva Press.
Arifin, M dan Barnawi. 2012. Manajemen sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmodiwirio, Soebagio. 2003. Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Arda Dizya
Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan. Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara
Damanik, B. E. (2020). Pengaruh Sistem Manajemen Berbasis Sekolah dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Guru. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 1-11.
Damayanti, E., & Ismiyati, I. (2020). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 33-49.
Fauzi, I. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Rotasi Kerja, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru. Vol. 2 No. 3 PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis. Hal 37, 45.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM. SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hasibuan. SP, Malayu. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara
Hulmawiyah, H., Hariani, L. S., & Yudiono, U. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 3(1).
Karsono. 2004. Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Berdasarkan Tingkat Pengalaman dan Status Sekolah (Studi pada Guru SMK Teknologi dan Industri Se Kota Semarang). (Tesis tidak dipublikasikan). Semarang : PPS UNNES Prodi MP.
Karyoto. (2016). Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Kasmawati. 2012. Pengembangan Kinerja Tenaga Kependidikan. Makassar: Alauddin University Press.
Mawaddah, M., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Terhadap Kepuasan Kerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 100-111.
Mulyasa, E. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Impelementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta,
Panggabean, Mutiara Sibarani. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005
Pramana, M. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompensasi Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Kreativitas Kerja Guru-Guru Di Lingkungan Yayasan Marsudirini Perwakilan Jalan Pemuda. Jurnal Bingkai Ekonomi, 2(1), 125-138.
Priansa, D. J. (2016). Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta
Robbins (2015), Perilaku Organisasi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Rustam, R. (2018). Pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana terhadap Kepuasan Kerja Guru di MAN 1 Majene (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media. Komputindo.
Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.
Simamora, Henry. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : STIE YKPN.
Soetjipto. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suciningtyas, S. (2019). Analisis Pengaruh Budaya Kerja, Kompetensi, Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Guru Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi dan Manajemen STIE Assholeh, 8(1), 39-56.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilo, Muhammad Joko. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suyusman, S., Hendro, O., & Asiati, D. I. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Serta Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Manajemen Kompeten, 3(1 Juni), 89-109.
Thamrin, M. F., Semmaila, B., & Aminuddin, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Salo Cabang Pinrang. PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(2), 147-156.
Tjandra & Setiawati (2014). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepemimpinan, Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Food And Beverage “X” Hotel Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.
Wahjosumidjo, 1999. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo. Persada.
Wibowo, 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers
Yusuf, Burhanuddin. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Diterbitkan

2023-08-28

Cara Mengutip

Sumarti, T., & Said, M. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPENSASI SERTA SARANA DAN PRASARANA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI UPT SDN 60 KEPULAUAN SELAYAR. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 5(2), 126–140. https://doi.org/10.37476/massaro.v5i2.2365